Europe's Biggest Graffiti Wall

By 11:33 AM , , ,



Untuk yang mengikuti postingan kami baik itu di blog ini ataupun di Instagram, pasti tahu banget kalau kita berdua suka sama seni grafiti, jika memungkinkan kemanapun kita pergi biasanya disempatkan beberapa jam untuk hunting graffiti ini. 

Sebenarnya sih gak perlu jauh-jauh ke luar negeri juga untuk cari graffiti karena di Belgia pun banyak sekali kota yang khusus memberikan ijin beberapa tembok untuk dijadikan graffiti. 


Biasanya graffiti itu digunakan orang dalam rangka mengutarakan opini dan kritik nya seperti yang banyak terlihat di Athena, Yunani misalnya. Saking gak tahu lagi gimana kawula muda disana menyampaikan apa yang ada di benak mereka karena kemiskinan yang mendera, maka graffiti lah yang jadi sasaran. Ada yang menyebut hal ini sebagian dari vandalisme, apapun namanya untuk saya yang kapasitasnya hanya menikmati seni gambar di dinding ini adalah tetap saja seni. 


Tren graffiti di Belgia tidak seperti di Yunani, di Antwerpen contohnya, graffiti yang banyak terlihat adalah gambar komik lucu di beberapa titik di area kota tua Antwerpen, namanya juga negara komik, kemanapun ikon komik selalu terlihat dan orang Belgia bangga akan budaya komik mereka.


Sedangkan di Brussels terdapat seni graffiti terbesar di Eropa, untuk hal ini pemerintah khusus memberikan budget sebesar €200.000 atau kurang lebih 3 milyar rupiah untuk pembuatan graffiti yang melewati 3 titik stasiun metro ini. Pemerintah mempekerjakan 30 artis graffiti untuk melukis dinding seluas 4500 square meter. 




Durasi pembuatan selama 9 hari ini menghabiskan 6000 botol spray pewarna dan jika tertarik melihat hasilnya, lokasi graffiti ini sangat mudah dijangkau tidak jauh dari ikonik Atomium. Atau cari saja stasiun metro De Wand. 

Penasaran penampakkan graffiti di Brussels ini ? Cekidot :




You Might Also Like

4 comments

  1. Kalo graffitinya bagis gini sih sukak! Itu ngebayangin epanjang jalurnya keren abis Fe. Jadi mbayangin gimana 30 artistsnya kerja bareng deh..

    ReplyDelete
  2. kadang aku lgs berkhayal, kalo ajaaa aku ada bakat menggambar, udah happy to the max kali ya dikasih tembok sgede gitu utk gambar :D.. suka sih ngeliat tembok2 yg digambarin bagus gitu.. senengnya di jkt juga udh ada bbrp tembok yg memang diizinin utk digrafitiin.. tiang2 tol daerah kelapa gading juga tuh, lucu2 lukisannya.. ama tembok deket taman latuharhari.. kadang2 suka takjub juga mbak, hari ini temboknya gbr lain, besok udah berubah.. berarti mereka ngerjainnya kan malam yaa...

    ReplyDelete
  3. Aku pernah tu ke area di brussel yg ada graffiti kayak gambarnya Herge yg bikin tintin itu dimana ya..lupa persisnya

    ReplyDelete
  4. Nuniek FardiantyMay 18, 2016 at 2:21 PM

    Wow.. . 3 milyar untuk buat graffiti yaa.. pantesan seniman diluar negeri kaya2 yaa, gak kayak di negara kita..

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan