Asuransi Perjalanan ke Negara Schengen

By 2:00 AM , , ,



Lahir di negara yang belum melek mengenai pentingnya asuransi diri membuat saya terkadang jadi orang yang cuek dan tidak perdulian perihal asuransi perjalanan, apalagi ya kalau dipikir-pikir hanya digunakan saat traveling itu berlangsung. 

Sampai akhirnya seperti terpaksa membeli asuransi perjalanan untuk memenuhi beberapa kali persyaratan pembuatan visa Schengen tujuan Jerman dan visa Swiss yang saat itu masih harus diurus terpisah di kedutaan Swiss.

Membeli premi asuransi perjalanan artinya mengeluarkan ekstra dana untuk asuransi individual sebesar kurang lebih US$ 30 an melalui salah satu agen asuransi, saat itu mengurus asuransi perjalanan tidak dimudahkan dengan sistem apply online seperti sekarang, melainkan masih sangat manual yaitu menghubungi agen, melakukan pembayaran lalu dikirimkan polis nya. Polis inilah yang nantinya harus diserahkan saat pengurusan visa Schengen atau visa negara lainnya yang mengharuskan applicant menyerahkan polis asuransi perjalanan.


Form Aplikasi Online Pembelian Premi Asuransi untuk Perjalanan ke Negara Schengen

Takdir tidak bisa ditolak ketika suatu hari dalam perjalanan mengunjungi Berlin saya terpaksa mengunjungi dokter karena saya merasakan benjolan pada dada kanan saya, tidak sakit tapi cukup menganggu,  saya pikir tidak ada salahnya saya cek di dokter spesialis mumpung saya ada di Jerman. 
Kunjungan ke dokter spesialis sebanyak 2 kali itu salah satunya adalah pengecekkan darah di laboratorium, mammography screening dan perawatan lainnya, saya tidak diperkenankan meninggalkan Jerman sampai dokter tersebut memperoleh hasil kesehatan saya. 
Total pembayaran dokter spesialis, labo dan perawatan lainnya merogoh kocek saya hampir 15 kali lipat dari premi asuransi yang saya bayarkan ke perusahaan asuransi. Saat itu saya pikir ah sudahlah jika tidak dibayarkan kembali, anggap saja saya berobat demi kepentingan sendiri. 

Ternyata saat dokter menyerahkan hasil kesehatan saya tersebut, ia bertanya apakah saya perlu dibuatkan surat keterangan untuk kepentingan reimburse asuransi saya, menurutnya asuransi perjalanan sedianya membayarkan kembali dalam bentuk reimbursement semua dana yang saya keluarkan tersebut. 

Sepulang ke Jakarta, saya menghubungi agent asuransi tempat saya membeli premi guna menanyakan proses reimbursement asuransi perjalanan dari negara Schengen, ia meminta semua tagihan, surat keterangan dari dokter dan formulir yang harus diisi mengenai kronologis kejadian. 
Lalu 2 hari kemudian ada staff asuransi yang menelpon guna mengkonfirmasikan inquiry saya tersebut, pengalaman ini semuanya sangat dimudahkan karena kurang dari 2 minggu semua pengeluaran saya dikembalikan langsung ke rekening. 

Pengalaman pertama meminta reimbursement asuransi perjalanan yang berjalan lancar ini tentunya membuat saya tidak berpikir dua kali lagi untuk mengasuransikan diri, bukan hanya biaya rumah sakit jika mendadak kita sakit tapi juga banyak keuntungan lainnya seperti jika pesawat kita delay, koper hilang, kecelakaan dan lainnya.


Bagaimana dengan kamu? Ada cerita menarik juga seputaran asuransi perjalanan? apakah menurutmu asuransi perjalanan itu penting?

Selanjutnya sila baca postingan Noni Nyonya Sepatu disini mengenai pengalamannya berobat ke kota Penang.

Dan Aggy dari Dream Explore Wander menuliskan mengenai apa yang harus disiapkan jika mesti melakukan medical trip.
Baca disini ya!

                       
                                                                                 * * *


                                                                        
#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander.

Check our posts every Wednesday!
This week's theme: Medical Trip & Travel Insurance


You Might Also Like

4 comments

  1. Aku ya skrg uda mulai rajin beli asuransi perjalanan, terutama kl perjalanan keluar negeri. Lumayan nih skrg, ada bbrp yg bs beli onlen yak :3

    ReplyDelete
  2. Baru tahu saya ternyata ada asuransi perjalanan ternyata saya jarang baca, biasanya asuransi kesehatan hari tua, jadi iri mau juga jalan jalan ke Amsterdam

    ReplyDelete
  3. Menurut saya sih penting asuransi seperti ini.. Saya sih belum pernah pake, tapi beberapa teman yg suka traveling jauh2...sangat merekomendasikan.. Misal kita kehilangan dompet, tas.. berabe juga kan...

    ReplyDelete
  4. asuransi kesehatan yang saya punya ini, dulunya juga inlcuded menanggung client yang kalo tiba2 ada masalah kesehatan di luar negeri. Tapi sejak kurs dollar makin naik 2tahun belakangan ini. Akhirnya privelege tsb dihilangkan, hmmmm untuk preventif ini penting banget emanya ya *manggut-manggut*

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan