5 Pantai Indah di Indonesia

By 2:00 AM , , ,

5 Pantai Indah di Indonesia


Pantai atau Gunung? Gunung atau Pantai? Entah kenapa 2 tema destinasi ini selalu dipertanyakan sesama pejalan mengenai mana yang lebih mereka favoriti. Masing-masing tentunya memiliki pesona nya masing-masing tidak bisa dibanding-bandingkan. 
Pantai di negara tropis macam Indonesia bisa dibilang berbeda karena nyiur melambai pastinya tidak dimiliki pantai di negara Nordic misalnya, 
Sayangnya masih belum banyak pantai yang saya datangi di Indonesia karena keterbatasan waktu setiap kali mudik ke tanah air, tapi hmmm apa yang tinggal di Indonesia sudah melihat banyak pantai? :-) 

Dari tema #CeritaJalanAsik minggu ini, kami memutuskan mengangkat tema Vitamin Sea atau pembahasan mengenai pantai favorit dari saya, Noni dan Aggy. 
Saya sendiri memilih 5 pantai indah di Indonesia, percayalah, memilih nama dari 5 pantai ini tidak mudah dan di saat yang bersamaan masih banyak juga deretan daftar impian mengunjungi pantai-pantai cantik di seantero Indonesia.



Pantai Ohoidertawun, Kei Kecil, Maluku
Saya masih ingat betul betapa susahnya mencari informasi mengenai pulau Kei di Maluku ketika tahun 2007 kami memutuskan mengunjungi Pulau Kei sebagai salah satu destinasi bulan madu kami. Ada satu akun Flickr milik orang Belanda yang banyak membantu kami memberikan informasi mengenai Pulau Kei ini. 

Pantai Ohoidertawun , Kei Kecil Maluku
  

Pantai Ohoidertawun, Kei Kecil, Maluku


Pantai Ohoidertawun menjadi pantai pertama yang kami jelajahi saat tiba di Pulau Kei Kecil, karena letak akomodasi sederhana yang kami tempati selama disana tepat terletak di depan pantai Ohoidertawun ini. 

Pantai pasir putih yang saat surut akan terlihat seperti gurun pasir saking putih dan luasnya. Disebut-sebut pasir putihnya merupakan pasir terhalus di dunia, seperti bubuk merica yang saking halusnya tidak mengotori kaki. 


Pantai Gunung Payung, Bali Selatan
Bali! Bali! Bali!
Apapun daftar tulisan, jika tema nya adalah pantai sepertinya Bali selalu ada di dalam daftar tersebut. Dari ratusan nama pantai di Bali, saya memilih Pantai Gunung Payung menjadi salah satu pantai indah favorit Jalan2Liburan di Indonesia.

Pantai Gunung Payung, Bali


Terletak di area Uluwatu, sederetan dengan pantai Pandawa yang semakin ramai dengan pendatang, namun karena lokasinya yang terletak di bawah tebing membuat pantai Gunung Payung lebih sepi. Ada ratusan anak tangga yang harus dilewati jika memang niat mengunjungi pantai ini.
Tidak ada tukang jualan, apalagi tukang kepang rambut, pantai idaman yang semoga tidak berubah seperti Pandawa atau Dreamland.


Pantai Tarimbang, Sumba Timur
Tidak tinggal di Indonesia bukan berarti kami tidak berkeinginan menjelajahi Indonesia, sebisa mungkin mengunjungi satu propinsi dan menikmati kekayaan alamnya setiap kali pulang ke Indonesia. 
Salah satu pantai yang meninggalkan kenangan menyenangkan adalah Pantai Tarimbang di Sumba Timur. Pantai ini bisa dibilang tidak sengaja kami kunjungi karena merupakan pantai terdekat dari akomodasi di Sumba Timur yang kami tinggali, bahkan bibir tepi pantai dan tebing di sekelilingnya bisa dilihat langsung dari teras balkoni kamar kami, benar-benar pemandangan seharga 1 juta dollar. 

Selama kami memantai di Pantai Tarimbang, tidak ada turis sama sekali, hanya beberapa nelayan yang sedang memperbaiki kapal mereka.

Bandara terdekat jika ingin mengunjungi Pantai Tarimbang adalah bandara Waingapu.
Pantai Tarimbang, Sumba Timur


Pantai Goa Cina, Malang Selatan
Mendengar nama pantai di Malang Selatan yang terkenal akan keindahannya menyampaikan saya di Pantai Goa Cina di Malang Selatan ini. Agak menyulitkan memilih pantai mana yang harus didatangi dalam keadaan waktu yang terbatas karena Malang Selatan memiliki banyak pantai yang wajib didatangi, sebut saja Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Pantai Sedang Biru. 
Terus terang ketika saya memilih mendatangi Pantai Goa Cina, namanya yang unik yang membuat saya tertarik, dan  benar saja setting Pantai Goa Cina sangat menarik karena ada beberapa gugusan kecil tidak berpenghuni di tengah laut yang bisa dilihat dari tepi pantainya. 

Diberi nama Goa Cina karena di atas salah satu bukit di pinggir pantai terdapat goa yang pernah ditempati oleh seorang petapa keturunan Cina.

Pantai Goa Cina, Malang Selatan

Pantai Goa Cina, Malang Selatan


Pantai Hoga, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Terletak di antara Pulau Kaledupa dan Tomia, maka terdapat Pulau Hoga. Selain bersih dan berpasir putih, Pantai di Pulau Hoga semakin cantik karena ombak di pantainya sangat kecil dan merupakan titip yang tepat jika ingin melakukan snorkeling. 

Di Pulau Hoga saya tinggal di suatu akomodasi sederhana yang saat itu dipenuhi crew TV asal Jerman yang sedang meliput kehidupan suku Bajo. Karena hanya ada 1 akomodasi itu saja di Pulau Hoga, setiap aktifitas dan makan 3 kali sehari disediakan oleh pihak guest house, ikan segar yang baru saja mereka pancing paginya menjadi menu sehari-hari kami, digelar di meja makan seadannya tepat di depan bibir pantai, tentunya menjadi tidak lagi sederhana. Absolutely one of our favourite moment in our travel life.

Pantai Pulau Hoga, Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Masih banyak daftar pantai impian untuk didatangi lainnya, sepanjang saya menulis daftar di atas membuat saya memikirkan banyak pantai lainnya di Indonesia mulai dari Banda Aceh sampai di Papua yang masih harus dikunjungi.


* * *

Pantai favorit kamu di Indonesia apa ? Punya juga pantai favorit? 
Share dong di kolom komen, siapa tahu bisa dijadikan ide destinasi bagi lainnya.

Jangan lupa ya baca juga cerita-cerita pantai lainnya dari rekan saya Aggy yang menuliskan mengenai pantai-pantai di Santorini dan postingan dari Noni mengenaiVitamin Sea versinya :-)


* * *

#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander.

Check our posts every Wednesday! This week's theme: VITAMIN SEA

You Might Also Like

7 comments

  1. kalo menurut saya destinasi wisata apapun baik laut, pantai dan gunung pokoknya wisata alam, pasti daerah Indonesia Timur yg masih keliatan asri dan tetap terawat

    ReplyDelete
  2. dari pantai2 di atas, kayaknya lebih senang datang ke pantai yang tenang dan sepi ya..?
    aku juga akan pilih yg sejenis..

    ReplyDelete
  3. kebanyakan di indonesia timur ya?
    kalo di jawa barat yg menjadi favorit ada pantai pangandaran, ujung genteng dan pelabuhan ratu

    ReplyDelete
  4. Sejujurnya aku memang lh suka gunung dr pantai.. krn ga kuat panasnya itu kalo di pantai :D... tapiiii kalo udh ngliat foto2 pantai yg cakep2 gini, ikutan suka juga mbak :D.. trutama yg pantainya masih sepi yaaa.. kalo udh terlalu rame aku biasanya ga seneng :(.. dulu aku sempet suka banget ama pantai klayar.. tp itu dulu sblm dia jd rame kyk sekarang.. pas aku ksana cuma ada aku dan suami ama sktr 3 org pengunjung lain... ombaknya tinggi, trs ada seperti kolam gitu, yg walo trlihat tenang tp trnyata ga boleh berenang krn ada palungnya kata penduduk sekitar.. yg bikin aku pgn bgt ke klayar dulu krn ada batu berbentuk sphinx dan seruling samudranya :).. sayang klayar udh ruaamee byangeet -__-

    ReplyDelete
  5. aku pernah sekali ke pantai gunung payung bali. banyak banget tangga turun ke bawah. ada banyak tebing di keruk gak tau fungsinya buat apa. tapi aku lebih suka objek wisata perbukitan kayak yang di kabupaten bangli bali.

    ReplyDelete
  6. wah pantainya sama di lampung, kaya di pulau pahawang

    ReplyDelete
  7. Wah makan di pantai enak banget ya :D apa lagi kalo rame-rame sama keluarga :3

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan