Film Locations Around The World

By 2:00 AM , , ,



Suka nonton dan suka traveling, kedua hobi ini sebenarnya bisa menjadi paket kombo yang sangat menarik dan tanpa kita sadari kadang kita memasukkan mengunjungi tempat lokasi shooting film tertentu ke dalam daftar tempat yang harus kita kunjungi, seperti misalnya teman-teman yang jalan-jalan ke London pasti tidak melewatkan mendatangi platform nine and three quarter di King Cross Station, you know tembok yang bisa tembus dan dilewati Harry Potter dan teman-temannya :-) 

Nonton film atau serial TV dengan latar belakang destinasi tertentu seperti kita traveling from the sofa saja kan, kadang malah ide jalan-jalan muncul karena film yang kita tonton, atau yang lebih seru saat nonton film tahu-tahu ada adegan yang sepertinya kita paham sekali dimana lokasi tersebut karena kita sudah  pernah kesana.


Pada #CeritaJalanAsik kali ini, kami menampilkan tema lokasi film favorit di seluruh dunia. Sebenarnya daftar ini bisa sangat panjang sekali, begitupun lokasi impian lainnya, but here it is then : 6 Film Locations Around The World yang pernah didatangi oleh Jalan2Liburan. 



INDIANA JONES & THE LAST CRUSADE  - Petra, Jordania
Salah satu film Hollywood yang selalu memanjakan penontonnya dengan hiburan destinasi keren adalah Indiana Jones pastinya, biasanya yang dipilih sudah pasti lokasi wisata yang eksotis seperti contohnya Timur Tengah. 

Film Indiana Jones and The Last Crusade yang tayang serentak di bioskop kala itu pada tahun 1989 menampilkan salah satu dari 7 keajaiban dunia, Petra, di Jordania. Saat itu Petra belum termasuk dalam daftar 7 keajaiban dunia tersebut, karena anugerah tertinggi wisata dunia tersebut baru diberikan ke Petra pada tahun 2007.

[ Cerita perjalanan kami ke Petra, Jordania, bisa dibaca disini ya ]


OCTOPUSSY ( JAMES BOND ) - Udaipur, India 
Selain Indiana Jones, deretan judul film James Bond pun tidak kalah menariknya untuk diikuti, bukan saja karena soundtrack dan Bond's girl yang ditunggu-tunggu, tetapi lokasi dimana mereka membuat film James Bond tersebut. 

Seperti film Octopussy yang dimainkan oleh Roger Moore dan tayang sejak tahun 1983 itu, lokasi yang diambil adalah kota Udaipur di propinsi Rajasthan, India. Kami tidak ngeh mengenai lokasi film ini sampai ketika kami tiba di Udaipur dan banyak sekali poster film Octopussy yang ditempel dimana-mana, begitu juga dengan ajakkan nonton Octopussy bareng di rooftop cafe yang banyak ditemui di Udaipur. 

Udaipur yang ditampilkan di film Octopussy sejak 33 tahun silam ternyata tidak membuat Udaipur berbeda, apa yang kita tonton di film itu, ya begitu juga wajah Udaipur sebenarnya, pastinya memudahkan para film crew dalam urusan settingan ya.




TWILIGHT SAGA - Forks, USA
Walaupun bukan fans garis keras film Twilight Saga, namun karena saat itu kami melakukan road trip dari Los Angeles ke State of Washington ( bukan Washington DC ya ), akhirnya membuat kami memasukkan lokasi yang menjadi latar belakang buku dan film Twilight karya Stephenie Meyers di dalam itinerary, we thought ah why not?! 
It turned out to be fantastic ! Forks yang adalah desa sepi dan jauh dari radar, berubah menjadi kota wisata para Twihard, sebutan fans berat Twilight Saga. 

Apa yang ditulis di buku dan difilm-kan, seperti rumah Edward Cullens, Bella Swan, sampai ke kantor polisi tempat ayah Bella bekerja, benar-benar ada disana, begitupun cuaca dan suasana alam yang diceritakan, seperti itu pula lah yang kami rasakan selama disana. 

Sepulang dari perjalanan tersebut, saya kembali menonton satu per satu film Twilight ini dan actually it s pretty awesome that we were there!

Welcome in Forks - Twilight Saga Movies

PS I LOVE YOU - Wicklow National Park, Irlandia
Kalau ditanya apa yang terpintas pertama kali ketika orang menyebut nama Irlandia, tidak dipungkiri nama U2 dan The Corrs bisa jadi jawabannya. Dan untuk pencinta film drama, judul PS I Love You tidak mungkin terlewat. 

Sehari sebelum kami berangkat ke Dublin di musim dingin, malamnya kami sempatkan nonton film PS I Love You ini, sebenarnya saya sih yang mau ngasih liat ke suami saya yang belum pernah tahu film ini. 
Kami sepakat untuk tidak melewatkan beberapa lokasi film ini, dimana yang paling banyak mengambil lokasi di Wicklow National Park. Pemandu wisata yang kami ikuti tour nya sepertinya paham sekali banyak turis yang datang ke Dublin dan Wicklow karena salah satu alasannya adalah napak tilas PS I Love You, cinta sampai mati ala Gery & Holly.

Wicklow National Park

Movie poster PS I Love You, in Wicklow National Park - via


SISTERHOOD OF THE TRAVELING PANTS - Santorini, Yunani
Yunani memang punya magnet sendiri, keindahan alam bersatu dengan budaya kental yang masih terasa sampai di abad modern seperti sekarang membuat pembesar Hollywood tidak bosan menampilkan sisi pulau-pulau Yunani, dan Santorini tak lepas dari lokasi film-film yang menyajikan keindahan dan romantisme. 

Sisterhood of The Traveling Pants tentunya tidak asing bagi anak-anak ABG pada masanya, jatuh cinta di pulau cinta dengan pria muda lokal eksotis, ah siapa yang tidak tertarik mengikuti ceritanya kan, hmmm atau rasanya ingin berangkat ke Santorini saat itu juga? Oh I bet you will ! :-)

Santorini Greece

Movie poster - via

IN BRUGES - Bruges, Belgia
Cant leave the list without put Belgium on it dong ya ! Beberapa teman saya yang sempat mengunjungi Belgia mengakui bahwa mereka ingin mengunjungi Bruges karena film yang dibintangi Collin Farrel ini. 
Kota Bruges ditampilkan sebagai kota abad pertengahan yang cantik, ya karena aslinya memang sudah sangat cantik walaupun shooting dilakukan saat musim dingin, kota apapun kalau memang dasarnya cantik pastilah cantik apapun musimnya kan. 

Brugge begitu ucapan orang lokal menyebut nama kota ini, sering disamakan dengan Venesia versi kecil karena kota nya yang dialiri kanal.

Brugge, Belgium

* * *

Bagaimana dengan kamu? Punya cerita mengenai jalan-jalan ke lokasi shooting film tertentu juga kah? Cerita dong di kolom komen. 

Jangan lupa ya baca juga cerita-cerita mengenai destinasi yang berdasarkan film lainnya dari rekan saya Aggy yang menuliskan mengenai tenangnya desa Ubud, Bali dan postingan dari Noni mengenai film yang membuatnya ingin langsung ambil koper dan berangkat traveling :-)

* * *




#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander.

Check our posts every Wednesday! This week's theme: Movie Destinations



You Might Also Like

13 comments

  1. In Brudge aku belon nonton Feb, cari ah

    ReplyDelete
  2. Ah, aku ingat scene yang Octopussy-nya James Bond, tapi baru kopi banget kalo di Udaipur.
    P.S. I Love You yang pastinya pengen banget ke sana. Cakep banget yakss mba. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Udaipur dari tahun jebot sampe terakhir kita kesana ya kek gitu aja gak ada perubahan mencolok kl kek di film ya :)

      Delete
  3. Yang lokasi PS I love you pingin buanget! Eh kita kok sama ya yg travelling pants - pas nonton itu lgsg kesengsem ama Santorini huahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw malah baru inget pas ada yang komen di foto Santorini di IG gw ada yang nyebutin film ini, baru deh oh iya bener juga ya :))

      Delete
  4. Udaipur dan Petra bagus, jadi pingin ke situ juga akhirnya. Inget waktu kita kopdar lewat Café Américain di Amsterdam gw cerita ke kalian pernah lihat Brad Pitt & George Clooney waktu mereka shooting Ocean's Twelve.

    Hmmm, lokasi film di kota-kota yang pernah gw kunjungi:
    Barcelona (Vicky Cristina Barcelona), (Berlin (The life of others, The Bourne Identity), Paris, Roma, London (banyak film yang shooting di sini), Bruges, Marrakech (Gladiator) dan yang minggu lalu gw baru ngeh, Girona. Di tembok tuanya itu lokasi shooting Game of Thrones season 6.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh aku naksir banget sama si hotel itu mbak, tp kata Yvan namanya gengges kan? ha ha ha

      btw GoT itu gila banget ya destinasi2nya, kalau dibikin tour bisa keliling dunia sendiri...

      Delete
  5. justru krn baru baca reviewmu ini makanya jd kepengin ke tempat2 yg disebutmbak :).. Aku ga terlalu suka nonton sbnrnya.. dan kalopun nonton, aku lebih merhatiin jalan ceritanya drpd tempat2 shootingnya.. makanya kdg suka ga ngeh nama2 tempatnya.. baru ngeh ya stlh baca review gini :D.. Pas setahun lalu outing kantor ke belitung aja, kita ke pantai laskar pelangi, dan aku ga inget samasekali kalo itu pantai tempat anak2 laskar pelangi main ;p.. krn tur guidenya ngasih tau aja, makanya ngeh ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film Indonesia juga banyak kan yang sekalian memamerkan destinasinya :)

      Delete
  6. Orang film emang pinter cari lokasi yg asik yah
    Tapi kadang lokasi yg sebenernya ga tlalu istimewa begitu digarap dg angle yg pas jadi luar biasa hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget, desa Forks yang sepi dan biasa aja sekarang jadi tempat favorit banyak orang sedunia :)

      Delete
  7. Ternyata, pose unta yg di Petra, ga beda2 amat pas kemaren ke sana. Emang posisinya selalu di situ ya *dibahas* lols!

    Do u like tv series? If yes, u might want to watch Sense8!

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan