5 Hal Yang Penting Diperhatikan Saat Packing

By 2:00 AM , , , ,



Ritual sebelum traveling yang tidak bisa terelakkan adalah packing time. Antara ngeselin karena prosesnya kadang tidak sesimple itu, tapi juga semangat karena tahu bakalan traveling lagi.

Berikut 5 hal yang menurut saya penting diperhatikan saat packing ketika akan traveling :


Jangan Packing Last Minute
Kalau sudah tahu akan berencana traveling dari jauh-jauh hari, ada baiknya sudah menyiapkan catatan di kertas atau di kepala apa yang ingin dibawa dan siapkan barangnya terpisah. 
Packing yang dicicil dari jauh-jauh hari akan membuat kita jadi lebih bijak mengenai barang apa yang wajib dibawa dan yang direlakan untuk ditinggal. 


Siapkan Dokumen Penting Dalam Folder Terpisah
- Paspor
- Konfirmasi transportasi yang di print ( beberapa bandara di kota seperti New Delhi masih suka menanyakan tiket pesawat & tidak menerima e-ticket, it's no harm to prepare it in advance than regret) 
- Premi Asuransi Perjalanan
- Konfirmasi Pemesanan Hotel
- Itinerary ( because you can never be too prepared )

Siapkan juga versi elektronik dari dokumen-dokumen tersebut dan kirim ke email untuk jaga-jaga, you never know when you get robbed or lost your bag.


Perhatikan Cuaca, Budaya Setempat dan Pakaian
Pelajari prakiraan cuaca mengenai destinasi yang kita tuju, musim panas di Inggris pastinya berbeda dengan musim panas di Jordania misalnya. Dengan mempelajari temperatur cuaca setempat maka kita akan menjadi lebih mengerti dalam memilih pakaian & aksesoris bawaan. 

Selain temperatur cuaca, budaya setempat juga wajib untuk dipelajari, misalnya di Iran para wanita wajib menggunakan kerudung penutup kepala kemanapun kita pergi, sedangkan para pria nya tidak diperkenankan menggunakan celana pendek. 

Lalu jika ingin ke Turki, siapkan juga pakaian yang sopan karena banyak spot wisata yang adalah rumah ibadah. Shawl atau selendang bisa jadi penyelamat.


Siapkan Alas Kaki yang Nyaman
Entah sudah berapa kali saya bertemu dengan turis yang sepertinya tidak nyaman saat traveling karena salah dalam memilih sepatu. Boots dengan hak tinggi model stiletto memang akan kelihatan cantik dan super keren jika dipakai, apalagi sekarang era sos med yang kebanyakkan orang mendadak jadi model Instagram, but really menggunakan sepatu seperti itu hanya akan membuat perjalanan kamu menjadi tidak nyaman dan kadang bisa tidak aman juga seperti jatuh terkilir, dan satu lagi tahukah kamu jika orang lokal suka melihat aneh pada mereka yang salah kostum tidak sesuai dengan musim? So think twice kalau kamu mau pakai boots winter padahal travelingnya di bulan Mei yang adalah musim semi.
Jadi pikir baik-baik ketika memilih alas kaki ketika traveling ya!


Toiletries 
Biasanya saya menyiapkan toiletries dalam satu tas yang isinya sebagai berikut :
Sikat gigi dan pasta gigi
Tas perlengkapan mandi dan isinya
Obat pertolongan pertama seperti band aid, obat sakit kepala, flu

Tampons
Krim tabir surya (walaupun traveling saat musim dingin sekalipun, matahari pada dasarnya tetap bersinar dan menggunakan krim tabir surya sangat disarankan)
Tissue basah & gel antiseptik 

Segala jenis toiletries ini khusus dibawa saat traveling dan tidak digunakan sehari-hari saat di rumah, jadi sudah siap semuanya dalam satu tas dan tinggal angkut saat akan traveling, lebih mudah dan cepat. 


Ada tips lain yang mau kalian share gak? Yuk saya tunggu di kolom komen ya.

Simak juga artikel mengenai 10 barang yang wajib dibawa saat traveling oleh Noni Nyonya Sepatu ketika akan traveling.

dan Aggy Dream Explore Wander mengenai travel essentials yang tidak bisa ditinggal versi dirinya.

                      
                                                                                  

* * *
#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander.

Check our posts every Wednesday!This week's theme: Must Bring Travel Items


You Might Also Like

13 comments

  1. Seperti si mba temenku itu :) inget kan....., ngilu liat hak sepatunya

    ReplyDelete
  2. Aku last minute packing banget. Hiks. Tp biasanya ud dijadiin satu barang barang yg mau dibawa. Natanya di koper atau tas itu yg malessss banget. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nata di koper atau tas itu kek main puzzle ya :)

      Delete
  3. Alas kaki nyaman tuh bener banget. Berapa kali gw beli sepatu/sandal karena gak nyaman...eh ato emang sengaja beli sih huahaha. Klo gw dilemanya pas summer, kadang pake sepatu kets kepanasan tp klo sandal kepanasan kena sengat matahari...huh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya pakai kets keringetan nya gak nyante, pakai sandal jg panas dan lbh ngak nyaman lagi kl dipake jalan, mesti bawa foot spray juga keknya next time kl traveling

      Delete
  4. Jadi ingat Fe minggu lalu pas ke Kinderdijk ada beberapa yg pakai high heel donk jalan menyusuri kincir angin. Kesemuanya Asia. Aku sama temanku senyum2 aja sambil berdoa semoga kaki mereka baik2 saja :D oh iyaa jadi ingat juga pas beberapa kali ke Cathedral, pas naik ke atas, beberapa kali juga ketemu yg naik tangga pakai high heel, dan Asia juga hehe semoga setelah beratus2 anak tangga kaki mereka baik2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeri aja jatuh kesandung atau hak nya masuk ke block2 jalan gitu, kl untuk dinner cantik ok lah, tp kalau dipake saat excursion keknya simply stupid aja sih :p

      Delete
  5. Pernah sekali ngetrip pakai high heel. Oh My God langsung kram

    ReplyDelete
  6. kalo yg packing aku trgntung tujuannya mbak.. biasanya kalo cuma domestik, suka last minute sih :D.. tapi ga kalo keluar negri.. mungkin krn lbh excited :D jd jauh2 haripun udh siap..

    dan kalo bawa anak tuh, aku slalu bawa mainan ato cemilan fav dia supaya anteng selama perjalanan.. apalagi ankku tipe yg aktifnya ampuun deh -__-. kalo udh bosen bisa lari2 kemana dia ntr.

    ReplyDelete
  7. Selama ini seringnya sih packing last minute, sepertinya kebiasaan itu harus segera ditinggalkan, terima kasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  8. Back up Dokumen2 penting, bener banget. Di dalem ato luar negeri, selalu siap copy nya. Aku pernah dijambret satu tas raib dalam sekedipan mata

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan