Itinerary dan Estimasi Biaya Traveling ke Iran

By 2:00 AM , , , , ,



Itinerary dan estimasi biaya traveling ke Iran di bawah ini tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan berapa lama waktu yang Anda punya, demiikian juga dengan kota asal keberangkatan.
 
Durasi waktu 2 minggu traveling ke Iran pastinya kurang sehingga saya harus melewatkan beberapa kota penting di Iran seperti Mashdad, Tabriz, Nishapur dan masih banyak lagi. Basically kota-kota yang saya datangi ini adalah Iran's top tourist destination bagi wisatawan yang baru pertama kali datang kesana.

1. Penginapan Selama di Iran
Menginap dengan orang lokal selama di Iran tentunya menjadi salah satu highlight selama perjalanan saya di Iran, sayangnya Couchsurfing dilarang di Iran walaupun situsnya masih bisa diakses disana dan anggotanya juga lumayan banyak dan aktif. 
Bagaimana saya bisa menginap di Couchsurfing? Sebenarnya bukan menginap gratis juga, kebetulan sebelum berangkat ke Iran saya bertanya di forum Couchsurfing jika ada diantara anggota yang dapat memberikan informasi mengenai jasa sewa mobil dan supirnya, dari forum inilah akhirnya saya mendapatkan informasi tersebut. 
Singkat cerita setelah saya mendapatkan seseorang yang dapat menjadi supir pribadi selama saya di Shiraz dan juga bersedia mengantar ke Yazd dengan biaya tertentu, ternyata saya ditawarkan menginap gratis di rumahnya selama saya di kotanya, tentunya penawaran tersebut saya terima dan tinggal bersama-sama orang lokal di Iran menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Nama-nama akomodasi yang saya tulis di itinerary di bawah ini dapat saya rekomendasikan untuk Anda. Nanti review nya masing-masing akan saya tulis terpisah di postingan lain. 

Tipikal Traditional House di Iran yang dijadikan hotel

2. Transportasi Selama di Iran
Bus umum di Iran yang melayani antar kota benar-benar memuaskan servis nya, harga terjangkau walau jarak yang ditempuh lumayan jauh. Selama di Iran saya menggunakan bus umum selama 2 kali, yaitu dari Yazd ke Isfahan dan dari Kashan ke Tehran. 
Bus umum yang saya pilih adalah business class dimana kita akan mendapatkan nomor kursi, AC/heater, snack dan minum selama perjalanan. 

Sewa mobil dan supirnya juga bisa dijadikan pilihan jika kenyamanan sangat penting untuk Anda dan juga ketika Anda ingin melakukan pemberhentian di beberapa titik sepanjang perjalanan. Selama di Iran saya menggunakan 2 kali jasa sewa mobil dan supirnya. 
Saya dapat merekomendasikan kedua sewa mobil dan supir ini jika Anda memerlukannya, detil nya bisa dibaca di itineray. 
Khusus untuk Shiraz, bisa langsung email saya di : flawalata@me.com jika memerlukan informasi lebih lanjut.

3. Perihal Pesawat Domestik di Iran
Karena masih dalam pengaruh embargo, melakukan reservasi pesawat domestik di Iran dari luar negeri Iran masih belum bisa dilakukan. 
Saya memesan tiket pesawat domestik dari Tehran ke Shiraz melalui travel agency di Shiraz yang mempercayai saya untuk melakukan pembayaran sesampainya di Shiraz dan tentunya saya tidak bisa melupakan kebaikan staf travel agency ini. 
Setibanya saya di Shiraz saya temui staf ini di kantornya di pusat kota Shiraz, kantor travel ini ternyata cukup besar dan qualified.

Sebagai rekomendasi untuk pemesanan tiket domestik di Iran, penginapan di Iran dan  excursion selama di Iran, Anda bisa menghubungi travel ini : http://en.key2persia.com/home

4. Siapkan Itinerary & Reservasi Penginapan
Jika Anda telah membaca bagaimana proses Visa on Arrival Iran bagi pemegang paspor Indonesia ( klik disini ),  saya tuliskan bahwa konfirmasi  penginapan hendaknya dibawa karena ada pertanyaan di formulir mengenai hal tersebut. 
Staf imigrasi juga menanyakan akan kemana saja kita selama di Iran dan menginap dimana, maka dengan memiliki itinerary tentunya akan membantu mempermudah Anda.

5.Estimasi Biaya Penginapan di Iran
Seperti yang bisa dilihat di itinerary di bawah ini, biaya penginapan yang saya pilih telah saya tuliskan disana. 
Untuk jenis kamar dormitory, kisaran per orang adalah US$ 10.
Untuk kamar double standard di traditional hotel, kisaran per kamar adalah US$ 50 per kamar. 

Sedangkan kamar hotel di Tehran kisarannya sedikit lebih mahal daripada kota lain di Iran. Karena penerbangan di Tehran biasanya subuh, begitu juga dengan jam ketibaan, mungkin bisa dipilih International chain hotel seperti Ibis Hotel Tehran dan Novotel Hotel Tehran yang lokasinya berhadap-hadapan dengan bandara Imam Khomeini.

[ Travel tips : Dari bandara Imam Khomeini menuju pusat kota Tehran tidak ada kendaraan umum dan hanya taxi dengan biaya sekitar US$ 20 one way ]



Postingan ini akan saya update setiap saat jika ada informasi yang terlewatkan dan jika dirasa perlu untuk ditambahkan.

Klik image dibawah ini untuk memperbesar!


Itinerary dan Estimasi Biaya Traveling ke Iran
Itinerary dan Estimasi Biaya Traveling ke Iran
Itinerary dan Estimasi Biaya Traveling ke Iran

You Might Also Like

12 comments

  1. Terima kasih Kak, postingannya. This is what I need. Pengen ke Iran tapi suami belum mau. Rencananya aku mau bikin proposal budget dan itinerary dan tentu kasih lihat foto2 cakep dari sini. *Love*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses persiapannya dan suami kasih lampu ijo ya :)

      Delete
  2. bookmark!! walo blm tau sih kapan bisa ke Iran, tapi negara ini jelas masuk dlm bucket listku.. sayang nya sampe skr juga ga ada paket umroh yg sekalian ke IRan :(.. pdhl kalo ada, aku bakal ambil itu utk umroh thn dpn mbak.. mungkin krn embargo itu juga kali ya, makanya travel umroh di sii ga ada yg nyediain paket sekalian ke iran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya mungkin susah juga ya antara umroh dan sekalian ke Iran, latar belakang religi nya bukannya ada sedikit perbedaan? cmiiw !

      Delete
  3. Detail banget blog-nya! Cool!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
  4. terimakasih banyak kak Fe atas informasinya bisa jadi dicontek :D

    ReplyDelete
  5. Duh duh, makin menggoda ini infonya. Dan aku rasa bakal menyenangkan kalau bisa menginap di rumah orang lokal, jadi bisa melihat keseharian mereka langsung. Pantesan aku cari-cari di CS susah, ternyata di sana CS dilarang. Bookmarked ah postingannya.

    Makasih sudah berbagi kak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi di CS byk yg masih mau nampung tp emang gak terang2an, kl beruntung bisa ketemu sama yang mau Bart!

      Delete
  6. Aku udah beli tiket ke Iran buat tahun depan lhooo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. somseeee hahaha asli pengen balik lagi nih !

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan