Ladang Bunga Lavender di Prancis Selatan

By 2:00 AM , , , ,

I enjoy autumn, winter, spring and summer equally much. Still, there is something special about summertime. Seperti yang udah gw rencanain dari akhir tahun lalu pengen ngapain aja saat spring/summer ini, rencanain jauh-jauh hari udah jd kebiasaan sih, jadi tahu mesti ngapain aja selama kita ada di destinasi tersebut, dan juga bisa tahu mesti saving berapa kalau kesana.

Untuk yang follow gw di Instagram @Jalan2Liburan , selain ke Iran kita melanjutkan perjalanan ke Prancis Selatan, rute favorit orang sini karena ya negara tetangga ya, dan juga jaminan mutu krn summer disana biasanya lebih ok dengan curahan sinar matahari dan air pantai yang sudah menghangat.
Durasi perjalanan kurang lebih 800 km - 1000 km, tapi bedanya luar biasa sama di Benelux yang sering hujan atau berawan khususnya summer tahun ini yang cenderung lebih basah, so no wonder entah berapa puluh mobil plat BE lalu lalang sepanjang kita 2 minggu road trip disana karena bertepatan juga dengan liburan anak sekolah. Liburan anak sekolah di Belgia mulai dari tanggal 1 Juli - 31 Agustus dan periode libur ini serentak, biasanya di negara lain kan dibagi-bagi periode nya per wilayah bagian, karena serentak inilah bandara jadi super ramai sampai disediain free shuttle segala lho, ditambah lagi kan Brussels Airport pasca bom April lalu masih bertahap direnovasi.

Untuk yang road trip ya begitu juga, tanggal 30 Juni malam biasanya jalanan udah ramai aja, penuh sama karavan, atau mobil dengan sepeda di atas mobil, seru lah semua orang  mau jalan-jalan ke luar negeri intinya, u know the perks of living in Europe, beberapa kilometer aja sudah ke luar negeri kan :)

Biasanya kita gak ikutan liburan di periode ini karena ya peak season, tempat penginapan jadi gak ok banget rate nya, kamar ala ala masa rate nya kayak bintang 5 sih, itu baru urusan hotel ya, belum lagi sightseeing spot yang bakalan ngantri parah. Mungkin terakhir gw jalan-jalan pas bulan Juli Agustus itu pas kakak gw datang dari Indonesia dan kita ke Roma dan Venice bareng, aduh mau nangis deh, kek cendol aja dimana-mana gitu, kanal di Venice yang kalau kata orang itu bau, ya beneran bau parah. Hiks. Dan semua orang jadi berkeringat, lalu ya cerita selanjutnya gw ga perlu tulis lagi :)

Tahun ini lagi-lagi gw mengulang kesalahan yang sama yaitu traveling saat musim liburan, tapi beneran kalau kali ini gak ada pilihan lain karena tempat itu harus didatangi di bulan Juli-Agustus. Yup, salah satu impian gw ngelihat ladang bunga lavender di Prancis Selatan dimana bakal mekar-mekarnya di bulan Juli sebelum akhirnya dipanen sekitar awal Agustus.

Jauh sebelum keberangkatan gw udah mulai ceki-ceki di kota apa di Prancis Selatan ladang lavender ini akan banyak terlihat, gw jg yang bikin itinerary nya berdasarkan berapa ratus kilometer per hari kita akan nyetir. Suami gw yang kasih tau beberapa kota yang mesti banget gw lihat and memastikan gw mesti masukkin ke itinerarynya, jadilah gw browsing around juga ngecek nama-nama kota itu, secara dalam hal ini gw kan pendatang baru dan banyak kota baru yang masih harus gw lihat. He knows me the best karena dia juga nunjukkin kota-kota di Prancis Selatan yang memiliki peninggalan Romawi Kuno as I love it.

To make a long story short, hari ketiga road trip akhirnya tibalah kita di kota Monasque, kota terdekat dengan Valensole yang adalah spot paling terkenal di Prancis Selatan kalau mau lihat ladang lavender. Di Monasque nya sendiri gak ada ladang nya tapi pabrik dan headquarter L'Occitane ada kota ini, sekitar 3 km dari hotel kita inapi, niatnya emang gw mesti banget ke L'Occitane and indeed I visited it and did a tour in the factory✔ Seru banget karena akhirnya gw bisa lihat tempat darimana produk-produk yang banyak gw pakai untuk perawatan kulit sehari-hari berasal.



Valensole saat kita datangi sekitar jam 7 malam ( sunset jam 10 malam ) udah padat turis, bukit-bukit dipenuhi warna ungu bikin hati deg-degan kek mau ketemu gebetan, seriusan deh bukan lebay, tapi gimana ya gw suka banget sama ladang-ladang bunga apapun bunganya and this is what I imagine what heaven will be like, plus sama anjing gold retriever yang lari-lari kalau kata suami gw :-)
Harum bunga lavender kayak sebotol besar essence oil wangi Lavender yang tumpah ke baju lu, ya begitulah wanginya, sampai beberapa hari keknya masih nempel aja di hidung gw tuh wanginya.
Namun saat itu gw agak kecewa karena gumpalan awan tebal, why oh why, kenapa mesti hari ini sih berawannya, lah kemarin-kemarin setitik awan pun ga ada lho, mau ngajak berantem banget ga sih nih awan!?
'Yuk kita cari ladang lain sambil nunggu awannya pindah arah!' kata suami gw yang gw tahu banget dia sedikit paham dengan cuaca plus dibantu aplikasi cuaca juga. Eh bener lho, ladang lavender sepi kita temuin dan tanpa awan di langit. Benar-benar kosong ladang ini dan berasa milik sendiri, mau foto macam apa juga gak bother orang lain. 
 




Gak kebayang deh betapa happy nya gw saat itu :-) Entah berapa lama kita disana walaupun ngeri digigit lebah yang pasukannya banyak banget, antara suara angin, suara lebah plus wangi lavender, kombo nya kek gitulah kurang lebih.

Jalur antara deretan bunga nya lumayan besar untuk dilewati jadi bisa dipastikan gak ada bunga lavender yang keinjek. Nanti deh di postingan-postingan berikutnya gw tulis details perjalanan mencari ladang si ungu unyu ini, siapa tahu yang punya rencana untuk kesana juga musim panas tahun depan.

So tell me, apakah lavender bunga favoritmu juga? :)
 

You Might Also Like

6 comments

  1. Jadi ingeeet rumah di Surabaya ada tanaman Lavendernya, tapi beda jenis kek di gambar ini deh Kak. Dan pindah ke Malang, malah belum nanem lagi, liat ini jadi pengen cus ke toko bunga.

    Selain ngerawatnya mudah, dia juga gk baper kalo kita lupa nyiram hahaha.
    Btw Prancis emang selalu menjanjikan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget lavender itu banyak jenisnya dan wanginya, yg aku lihat di Valensole ini bukan yang dipakai di kebanyakkan parfum wangi lavender, beda lagi jenisnya untuk itu, ini kata staff di Loccitane :)

      Delete
  2. suka bgt ama lavender.. krn wrnanya ungu :D.. aku drdulu penasaran pgn cium langsung wangi aslinya sbnrnya mbak.. belum kesampaian aja bisa ngeliat ladangnya langsung :)..

    eh jd Venice itu bau yaa mbak.. aku kebayang film yg dulu prnh aku tonton, lupa judul tapi, itu ada adegan di venice, orgnya nyebur dan berenang gitu.. :D.. ga prnh kebayang klo airnya bau jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kanal Venice agak bau tidak sedap kalau pas musim panas gitu, aku pernah juga di awal musim semi kesana dan biasa aja ;)

      Delete
  3. Suka bunga lavendernyaaa...ntah kenapa liat lavender kok selalu pengen photo yaa :) Pics nya bagus bagus mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes ya lavender itu, plus banyak lebah juga sebagai prep nya :)
      thanks Wi !

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan