Meriahnya Festival Musim Panas

By 10:59 AM , , , ,

Tomorrowland via


Musim panas biasanya saya jarang ngerencanain keluar dari Belgia, kalaupun iya paling ke negara tetangga saja secara musim panas itu tiap hari banyak banget acara keriaan dimana-mana, biasanya dimulai dari bulan Juni sampai dengan awal September, rain or shine the parties are literally everywhere.
Sekarang lagi musimnya yang memanfaatkan area apapun jadi tempat party, gudang atau hanggar di pelabuhan aja bisa disulap jadi area salsa tiap malam, terus yang namanya studio radio pun bisa pindah ke pinggir pantai selama musim panas, asli lah seru banget.

Cerita Jalan Asik kali ini ngebahas Concert and Festival, so jangan lewatkan cerita Nyonya Sepatu mengenai keseruan konser dan teater yang pernah ia datangi.
dan Dream Explore Wander mengenai pengalamannya memanfaatkan waktu luang sebagai mahasiswa yang ingin juga having fun dengan budget mahasiswanya.


Pesta Kampung

Di Belgia itu rata-rata tiap kampung punya pestanya sendiri, penonton yang datang dari pelosok mana saja bahkan dari luar negara, ya namanya pesta kampung sih tapi tetap lho bintang tamunya gak main-main, sekelasnya STING dan Deep Purple bisa banget jadi bintang tamunya, pokoknya gokil lah.

Karena namanya pesta di kampung ya diadainnya juga biasanya di tengah-tengah alun-alun kota, dan pesta ini biasanya berjalan selama 3 hari minimal dan ada juga yang sampai 2 mingguan. Coba bayangin tiap malam selama 2 minggu ada party di kampung kamu tinggal, saya sih berasa seru banget.

Suikerrock di kota Tienen- ini penampakkan alun-alun yang dipakai jadi area festival


Tahun ini saya datang ke 2 pesta kampung yang namanya Lokerse Feesten dan Suikerrock. 
Sesuai namanya Lokerse Feesten adanya di kota Lokeren  dan Suikerrock adanya di kota Tienen yang adalah kota penghasil gula, jadilah nama pestanya juga ada suiker nya alias gula.
Lokerse Feesten ini diadakan selama 2 minggu, dan di antara pengisi acara yang saya ingat ada Limp Bizkit, Faithless dan beberapa musisi Belgia yang lagi ngetop di dunia juga seperti Selah Sue dan Lost Frequencies.
Sedangkan di Suikerrock saya kepengen banget nonton The Corrs dan ada juga Deep Purple, Roxette, David Gilmour nya Pink Floyd dan masih banyak lagi.

Untuk festival musik di atas tiketnya masih bisa terbilang murah sekitar €45 per hari, dan bakal lebih murah kalau belinya combo gitu.

The Corrs at Lokerse Feesten

Waiting for Faithless at Lokerse Feesten


Tahun-tahun sebelumnya kita juga rajin nonton festival musik Rock Werchter, nah ini salah satu festival musik musim panas yang paling ngetop juga di Eropa, diadainnya di kota Werchter selama 4 hari berturut-turut, karena festival ini lumayan ngetop, tiketnya jadi agak mahalan dikit yaitu sekitar €100 per orang , tapi tetap reasonable price sih karena musisi yang bakal manggung dalam sehari itu sekitar 20 musisi di beberapa panggung yang berbeda.

Untuk tahun ini ada Paul Mc Cartney, Ellie Goulding, Years & Years, Kaiser Chief, The Offspring, Red Hot Chili Peppers, Editors, Florece + The Machine, Macklemore & Ryan Lewis, and many more ! Gimana udah pusing kan baca line up nya. That s it ! I love to stay in Belgium during summer really :)

Dance Festivals

Selain festival musik yang di kota-kota di Belgia seperti yang saya tulis di atas, pastinya summer gak lengkap tanpa dance festivals, emang deh Europe itu pro banget kalau urusan pesta, no wonder ya DJ - DJ ngetop dunia lahirnya dari Eropa semua ( Saat ini DJ nomor 1 dunia Dimitri Vegas & Like Mike berasal dari Belgia,  ) dan dance music itu seperti layaknya bagian dari kultur bangsa.

Dimitri Vegas & Like Mike on Tomorrowland 2016 via


Kalau nyebut dance festival pasti deh ya para partygoers tahu dance festival paling hits di abad ini adalah Tomorrowland, ngomongin Tomorrowland ini seru banget karena lokasinya kan deket banget sama rumah kita tinggal, 1 kilometer nyampe deh di pintu masuknya. Diadakan selama 3 hari berturut-turut atau extra 1 hari sebelum acara untuk mereka yang datang dari belahan dunia lain. Ini serius banget, paket Tomorrowland ini dibeli banyak orang mulai dari Australia, Brazil bahkan ya Indonesia dong ya. Dan untuk yang datang dari Spanyol itu karena banyak banget juga kadang mereka menguasai satu pesawat untuk mereka sendiri, jadilah pesta sudah dimulai sejak di atas pesawat, kita berdua karena suka sama dance music jadi suka nonton dan update dengan video-video ini.

https://press.brusselsairlines.com/brussels-airlines-flies-the-world-to-tomorrowland#
via


Tomorrowland sendiri sudah 3 atau 4 kali saya dan suami saya datengin, dan memang sih serunya kebangetan, mulai dari dekorasi, lighting, dan tentunya performance dari DJ-DJ yang mengisi panggung benar-benar top notch semua. Pokoknya Tomorrowland tuh berasa Disneyland untuk partygoers deh.

Di Belgia sendiri Tomorrowland bukan satu-satunya dance festival, masih banyak banget juga dengan skala yang sama besarnya seperti Tomorrowland, seperti Laundry Day, Pukkelpop dan masih banyak lagi.



Live on TV & Fun for Everyone

Beneran deh kurang gokil apa kalau festival-festival ini disiarin di TV lokal selama berlangsung, so you can dance from your sofa at home. Yang paling seru sih waktu Tomorrowland dan kita nonton juga dari TV, dan pas ada fireworks kita bisa lihat fireworks dari teras belakang dan musiknya dari TV, kek beneran ada di lapangan aja kan.

Pesta disini beneran secara harafiah ajang untung having fun, jadi jangan heran kalau lihat anak-anak kecil  beredar di lokasi festival lengkap dengan penutup telinga supaya aman untuk telinga mereka. Fun things memang untuk semua orang, kecil atau besar.

Begitupun untuk mereka dengan keterbatasannya seperti mereka yang duduk di kursi roda atau sedang sakit, ada area khusus dekat panggung yang disediakan untuk mereka ini.  


Pukkelpop via


Kalau ditanya summer festival apa yang ingin saya datangi sepertinya Coachella di California asyik juga ! :-)




* * *

#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander. Check out our posts every Wednesday!

This week’s theme: Concert and Festival

You Might Also Like

4 comments

  1. Waaaah ada the Corrs
    pasti seru banget ya mbak bisa nonton the cors secara live gitu.. terus pulang2 main ke pantai.. beuuuuh

    ReplyDelete
  2. nah itu yang bikin sirik, pesta kampung yang datang Sting :)

    ReplyDelete
  3. Wow banget ya.
    acara ini di-adakan rutin atau tidak tentu ya?
    salam kenal.
    habis dari blognya mbak swastika nohara, mampir dulu ke sini deh :)

    ReplyDelete
  4. wiiih, the offspring, roxette, rhcp ^o^... aku jg pasti betah kalo pesta kampungnya gini mbaak ;)..

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan