Akhirnya Tiba di Kastil Drakula di Romania

By 2:00 AM , , , , , , ,

Bran Castle or known as Dracula Castle, Romania

Tema keriaan Halloween sudah terasa banget ya, banyak iklan acara seru-seruan yang bakal mengadopsi tema Halloween ini. Aku sih gak ngefans banget sama Halloween apalagi ribet mesti pakai kostum segala, sebatas nonton aja lah palingan. 

Menyambut Halloween aku mau cerita dikit mengenai kunjungan kita ke Romania beberapa minggu lalu dimana salah satu itinerary nya adalah mengunjungi kastil Drakula disana.
Bisa dibilang kalau Bran Castle atau yang lebih banyak dikenal orang dengan kastil drakula adalah kastil di dunia yang wajib didatangi kalau kamu adalah pencinta kastil, ditambah lagi kesannya misterius banget bawa-bawa nama Drakula. 

Sama seperti kebanyakkan orang, saya juga agak ngeri-ngeri gimana gitu pas mau ke kastil ini, mohon maklum abisnya besar di lingkungan yang sedikit-sedikit diceritainnya tuyul dan mbak Yul atau sundel bolong, jadilah bukannya curious yang ada malah parnoan, dikit-dikit takut aja terus.  

Bagaimana Cara Mengunjungi Kastil Drakula

Bran Castle ini letaknya sekitar kurang lebih 180 kilometer dari ibukota Romania, Bucharest, lumayan jauh juga kan ya makanya kita lebih memilih untuk tinggal di kota Brasov dan dari Brasov sekitar 30 kilometer saja menuju kastil Bran. 
Mengikuti advis dari Aggy, teman yang sudah pernah ke Romania, dia menyarankan untuk tinggal di Brasov karena kota ini sungguh cantik dan banyak yang bisa di explore, kebalikkan dengan ibukota nya, ya kecuali jika kamu banyak memiliki waktu selama di Romania, tentunya tidak masalah memilih ingin tinggal dimana kan ya. 

Dari Brasov kita gabung dengan excursion tour yang dikelola orang lokal, harganya sekitar €19 per orang dan di agendanya kita akan diajak ke Rasnov Fort dan Bran Castle, menurut saya good bargain banget harga segitu karena sudah termasuk pemandu wisata, supir yang handal, air minum botolan, payung dan jaket hujan jika diperlukan. 
Nama tour organizer nya adalah : FLIP FLOP ini ya website nya : http://flip-flop.ro/attractions/bran
Pemandu wisata dan sekaligus pemilik usaha ini adalah orang Brasov asli, dari dialah kita banyak terima informasi mengenai kebiasaan lokal dan restoran yang direkomendasikan. Sebelum memiliki usaha ini, ia adalah pekerja di kapal pesiar, bahkan sudah sampai ke Indonesia segala lho, sama-sama nostalgia jadinya karena dia nunjukkin banyak foto cantik dari Krakatau sampai ke Flores. Bangga deh ngeliat orang jauh dari Romania suka sama tanah air nun jauh disana.

Jika Indonesia negara tropis berkepulauan, Romania sendiri terkenal dengan hutan dan musim hujan atau dingin yang berkepanjangan, membuat hutan-hutan belantara di Romania memang sangat liar, katanya beruang coklat yang adalah penghuni hutan bisa banget sampai di tengah kota saat tengah malam lho. 
Letak Bran Castle ini pun ada di bukit dikelilingi hutan, dan pas banget hari itu hujan keras dan langit gelap, kalau ada yang tanya apakah kastilnya menyeramkan, semoga deskripsi ini membantu menjawabnya. Baru sampai area plataran, dari depan kaca mobil aku sudah bisa melihat kastil berbentuk Gothic dengan menara lancip dan lengkungan tajam.

Architecture - Bran Castle

Ternyata horor cerita Drakula tidak sehoror kenyataan ketika penjaga pagar di pintu masuk kastil memberikan informasi bahwa per tanggal di hari itu jam buka dan tutup kastil ada perubahan, dimana artinya kita telat 16 menit. Omg asli lah ini horor banget aku dengernya, jauh-jauh ke kastil Drakula tapi cuman melongok dari luar? hu hu hu! Segala macam alasan kita sampaikan tapi si bapak penguasa pagar itu sama sekali gak perduli, orang Romania kalau ada kuasa memang susah diajak untuk sedikit flexible.
Seperti luluh lantah deh menyadari kalau kastil Drakula gak bisa kita kunjungi sampai dalam, di saat kita balik badan menuju parkir mobil, tahu-tahu ada mbak-mbak dari balik loket yang dibuka, dia teriak-teriak pakai bahasa Romania ditujukan ke Floris si pemandu wisata kita ini, kita lihat ada tanda-tanda kalau Floris mengeluarkan uang dari dompet dan mbak dari loket memberikan 3 tiket masuk kastil. Hurraaaaayyyy! Akhirnya impian masuk ke dalam kastil Drakula jadi kenyataan.

Namanya blessing in disguise lah ya karena di dalam kastil sepi dan hanya ada beberapa pelayan yang membersihkan kastil dan mencat dinding yang kotor karena jamahan tangan pengunjung, hampir tidak ada pengunjung sama sekali karena jam pengunjung yang memang telah tutup.


Siapa Pemilik Bran Castle Ini ? 

Lantai demi lantai dan ruangan demi ruangan kami menyusuri kastil yang ternyata setelah tiba di dalamnya sama sekali tidak menyeramkan, justru sebaliknya sangat cozy, interior klasik dengan nuansa feminin terlihat di beberapa ruangan seperti ruangan kamar tidur dan living room, iya namanya aja kastil, sebenarnya dalamnya ya seperti fungsi rumah saja. Sisi feminin sepertinya karena kastil selama puluhan tahun dihuni oleh seorang ratu bernama Queen Maria of Romania, mulai dari tahun 1920-1938, lalu ketika ratu meninggal, kepemilikkannya dilanjutkan oleh putri kesayangannya yang bernama Princess Ileana yang menikahi Archduke Anton dari Austria.
Masa kejayaan kerajaan-kerajaan di Romania hilang karena kekuasaan komunis yang menduduki negara Romania, sehingga Princess Ileana pun kabur dari kastil ini, melewati Swiss hingga tiba di negara baru yang lebih aman menurutnya, Amerika Serikat.



Bran Castle's Surrounding


Selama tidak memiliki penghuni, Bran Castle dijadikan museum oleh pemerintah komunis di Romania tentunya dengan tidak ada perawatan sama sekali menjadikan kastil ini menderita kerusakkan.
Pada musim dingin menjelang natal, Desember 1989, rakyat Romania melakukan revolusi dengan menggulingkan diktator Nicolae Ceausescu dan istrinya, mereka di eksekusi tepat di hari Natal tanggal 25 Desember 1989. Pasca kejadian ini, Princess Ilena kembali mengunjungi Bran Castle pada tahun 1990 dan bersedih melihat kondisi kastil yang rusak. Setahun kemudian Princess Ilena meninggal di Amerika, Ilena disemayamkan di peristirahatannya yang terakhir di Pennsylvania, bersama sebuah kotak kecil berisi tanah yang dibawanya dari Bran Castle, Ilena pun terkubur selamanya bersama kenangannya akan kastil cantik ini.

Ini dia video penampakkan jalan-jalan ke Brasov, Rasnov dan Bran Castle yang telah tayang di 
NET TV :



Apakah Benar Ada Drakula di Kastil Bran?

Semuanya pastinya sepakat jika drakula adalah ikon imajinasi dari seorang Bram Stoker, penulis asal Irlandia yang menulis novel berjudul Dracula, terbit pada tahun 1897 dan menjadi legenda cerita horor sampai kapanpun.
Pada saat menulis novel ini Bram Stoker belum pernah sama sekali ke Transylvania, apalagi ke Bran Castle, inilah hebatnya otak Bram Stoker. Dari buku-buku yang dibacanya di perpustakaan, ia mendapati sosok penguasa Transylvania bernama Vlad Tepes, disebut juga Vlad Dracula, anak dari Vlad Dracul penguasa Wallachia di tahun 1436.

ada satu ruangan di dalam kastil yang menjelaskan hubungan antara kastil ini dan drakula



Vlad Tepes ini tipe penguasa berdarah dingin, selama hidupnya berjuang melawan Ottoman yang saat itu menguasai Romania. Vlad membunuh musuh-musuhnya dengan cara tusuk sate, sadis. Vlad pun sering disebut Vlad The Impaler, sang pembantai. Dari sosok Vlad inilah Bram Stoker menceritakan sosok Dracula penghisap darah yang kita tahu dari buku dan film.
Rakyat Romania sendiri mengelu-elukan Vlad sebagai pahlawan.

Jadi apakah saya bertemu Drakula selama disana? Tentunya tidak, namun suasana Transylvania yang dipenuhi hutan belantara, beruang coklat dan gunung Carpathia yang menjulang, juga hujan yang sering hadir sepanjang hari memang membuat Transylvania sangat misterius, seperti ada mistis yang entah apa.
 



You Might Also Like

6 comments

  1. Great minds think alike :D pas banget mikirnya Halloween gw jg nls ttg Bran. Kastil dan pemandangannya bedaaaa banget ya pas Autumn ama Winter! Klo ke sana dua musim berbeda gak rugi deh

    ReplyDelete
  2. ada juga kastil seperti ini, serem juga kalau tau sejarahnya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tp seru kok, ga menakutkan sama sekali.

      Delete
  3. suami ku pas ke kastil dracula ini, breng ama temennya.. dia sendiri ga bisa masuk mbak, nth krn telat ato memang mereka ga pgn, cuma mw liat depannya aja.. kalo aku mah udh aku tarik masuk kalo memang masih buka :D. aku memangpgn bgt bisa kesana nanti, krn ini villa ada disebut2 di buku the historian, ttg pangeran dracula.. Disebut2 dia juga sampe ke rilla monastery di bulgaria. Aku baru datangin yg rilla itu doang mbak.. makanya penasaran ama yg di rumania ini..

    ReplyDelete
  4. Itu Kelihatan horor banget posternya,, KTrus kok ada logo batman XD hahaha

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan