Tips Agar Tetap Sehat Saat Traveling

By 2:00 AM , , ,

Tips Agar Tetap Sehat Saat Traveling ⏐ via


Kalau ada salah satu hal berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang sudah pasti jawabannya adalah kesehatan, apalah artinya kenangan akan perjalanan jika kita sakit-sakit, betul gak? Kadang saking semangatnya jalan-jalan atau saking pengen hematnya, kita cenderung acuh dengan kesehatan diri sendiri.

1. Menjaga Kualitas Makanan

Hemat memang sih pangkal kaya tapi jangan lupakan juga asupan gizi, berlebihan mengkonsumsi makanan cepat saji tentunya tidak baik ( juga tidak murah, fast food di Eropa biasanya lebih mahal dibandingkan di Amerika dan Asia ) , dan jika mau hemat juga sehat sebenarnya jenis makanan bersayur atau buah-buahan lebih tepat untuk dipilih. 
Jika traveling ke Eropa, supermarket dimana orang lokal  belanja atau jika berkesempatan datang ke pasar tradisional banyak sekali petani yang menjual hasil panen dari ladang mereka, sudah pasti lebih segar dan murah. 

Siapkan biskuit gandum atau power bar selalu di dalam tas sehari-hari, jika kesusahan menemukan restoran yang tepat, perut yang lapar bisa diganjal dulu dengan snack bawaan, sakit maag sangat rentan terjadi jika telat makan.

[ Baca juga disini : Pilihan Makanan Halal di Eropa ]

2. Stay Hydrated 

Minum yang banyak ketika traveling wajib dilakukan no matter how fun your trip is, sediakan botol minum yang dapat dibawa kemana-mana, sehingga tidak kesulitan mencari-cari tukang jualan air jika diperlukan. 
Bukan saja traveling saat musim panas dimana kita harus terus konsisten minum air putih, tapi demikian juga ketika traveling saat musim dingin, seperti halnya kulit yang juga perlu krim tabir surya walaupun kita traveling ke destinasi yang sedang mengalami musim dingin. 


Stay Hydrated When Traveling ⏐ via

3. Pakaian Sesuai Cuaca

Perhatikan prakiraan cuaca sebelum keberangkatan, pakaian yang salah dibawa saat traveling bisa menimbulkan petaka, bayangkan saja cuaca dingin tapi pakaian yang kita bawa bukan pakaian untuk cuaca dingin, please dont be an ignorant traveler karena bahaya penyakit sebenarnya sedang mengintai. 
Bukan saja rentan terkena radang tenggorokan dan influenza, tapi tahukah kamu kalau serangan jantung bisa terjadi jika kita kedinginan parah? Serangan hawa dingin meningkatkan tekanan darah dan menambah beban lebih pada jantung, dimana jantung menjadi bekerja lebih keras untuk mempertahankan panas tubuh saat kedinginan. 

[ Baca disini juga : Pilihan Jaket Musim Dingin Andalan ]


Pakaian hangat atau jaket tebal untuk musim dingin memang tidak murah tapi menurut saya ini adalah bagian dari investasi, tidak usah kuatir dengan jaket yang itu-itu saja saat tampil di foto, yang penting adalah kenyamanan dan tentunya kesehatan tubuh. 
Jika biaya bukan kendala, berbelanja pakaian musim dingin di negara yang memang sedang mengalami musim tersebut biasanya lebih murah dibandingkan dibeli di negara asal kita yang adalah tropis. 

4. Kualitas Tidur

Traveling bukan tanpa stress, antrian menuju loket imigrasi saja sudah bikin deg-degan, belum lagi saat pesawat oleng di udara, untuk menyeimbangkan hal tersebut pastikan tubuh selalu fit dengan istirahat berkualitas. 
Jadwalkan waktu tidur dan disiplin melakukannya, tidak ada yang melarang keluar sampai larut malam namun hendaknya juga memperhatikan kualitas tidur per harinya. 

Read the related posts from DEW & Nyonya Sepatu :
 ➨ Keep Fit While Travelling: 5 Adventures You Can Do http://wp.me/p3L2CT-QI

➨ 7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling http://wp.me/p2Et3Y-3dp

5. Cuci Tangan Sesering Mungkin 

Sentuhan melalui tangan merupakan bahaya laten terkena virus penyakit flu dan batuk, demikian juga saat menekan tombol di elevator atau mesin ATM, memegang gagang pintu, bersalaman dengan orang lain yang sedang sakit. Siapkan selalu hand sanitizer di dalam tas bawaan setiap dirasa perlu untuk mencuci tangan dan tidak ada air di sekeliling. 
Bersihkan juga tampan makan saat berada di pesawat atau remote TV di kamar hotel, konon remote TV adalah benda yang memiliki kuman terbanyak, lebih banyak daripada toilet. 

Cuci tangan sesering mungkin, niscaya dijauhkn dari bakteri yang berkeliaran ⏐ via

But the most of it : Milikilah hati yang bahagia dan pikiran yang positif saat traveling karena hati yang gembira adalah obat. 
Happy traveling and keep healthy!

* * *

#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. 
Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : How To Keep Healthy During Traveling

You Might Also Like

6 comments

  1. Minum air, makan buah dan sayur biasanya yang selalu jadi andalan kalau pas lagi jalan2 gini. Fe, baca kalimat penutupnya jadi langsung ingat judul bukunya Sophie Navita yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan Den, kl makan sehat tapi hati dan otak suntuk, ya sakit jg jiwa nya :)

      Delete
  2. bener bangat mba.. pemngalamanku traveling, sekali aku sempet sakit pas jalan2.. itu di phnompenh.. tp muali sakit udh berasa sjk di siamrep.. bisa jd bnk ku ga kuat krn 2 kota itu memang berdebu parah banget... dan april trnyata puncaknya panas.. udh deh, panas menyengat, debu, kurang minum, sukses kena radan tenggorokan parah.. hadeuuuh itu sekali2nya aku ngerasain sakit di negara orang.. kapok jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang minum emang bisa fatal banget ya...

      Delete
  3. ini susaaaaaaaahhhh. apalagi yang kualitas makanan :(
    jaga makanan sehari-hari aja susah apalagi buat traveling. maklum anak kos :(

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan