6 Aplikasi Andalan Ketika Traveling

By 2:00 AM , ,

Aplikasi Andalan Ketika Traveling

Menjelang berangkat traveling biasanya saya sudah mulai lagi merapikan koleksi aplikasi di smartphone, biasanya destinasi menentukan aplikasi apa yang mesti saya download dan menghapus yang tidak perlu. 
Namanya juga hidup di era teknologi dimana semuanya dapat dilakukan melalui genggaman tangan dan dari sekian banyak aplikasi yang ada di iOS, berikut aplikasi untuk travel yang biasa saya gunakan. 

XE

Waktu saya tiba di Romania kemarin ini dan langsung menuju ATM, ada turis Italia yang bertanya berapa sih rate Leu jika ditukar dari Euro. Karena saya punya aplikasi XE ini, jadi tinggal masukkin deh jumlah Euro dan langsung ketahuan berapa jumlah dalam Leu yang adalah mata uang Romania ini. 
Sudah lama saya memiliki aplikasi penghitung mata uang ini, benar-benar sangat membantu ketika traveling ke negara yang mata uangnya berbeda dari negara tempat kita tinggal. 

KAYAK

Sama seperti XE, Kayak juga teman perjalanan saya sejak lama, mulai dari mencari penerbangan yang cocok, simulasi harga berdasarkan tanggal keberangkatan dan dengan Kayak kita dapat menerima pemberitahuan melalui email ketika harga tiket yang kita cari mengalami perubahan harga. 
Kayak juga bukan sekedar mesin pencari harga tiket tapi juga pencarian hotel. 

 { Baca disini juga ya tulisan +Noni khairani mengenai 10 Travel Apps yang Wajib Dimili Ketika Traveling }

 

GasBuddy

Nah ini aplikasi yang ok banget ketika road trip, aplikasi ini akan membantu mencarikan pom bensin yang memberikan harga terbaik, you know kan kadang pom bensin yang satu lebih mahal daripada yang lain, nah kalau punya aplikasi GasBuddy ini jadi sedikit terbantu. 

Instagram

Aplikasi ini sih yang pasti tidak pernah saya hapus dan selalu ada di iPhone. Selain untuk mendokumentasikan perjalanan melalui foto, hasil upload annya juga bisa langsung dilihat orang melalui social media yang lain seperti Facebook dan Twitter jika kita mengautorisasikannya. Dan Instagram ini lebih banyak bisa diakses di negara-negara yang melarang Facebook dan Twitter seperti di Cina dan Iran. 
Seperti saat saya ke Iran pertengahan lalu yang lalu, Instagram ini sangat membantu untuk saya bisa update sedang berada dimana untuk keluarga, karena Facebook dan Twitter ditutup aksesnya di Iran kecuali menggunakan VPN.  

Cerita Perjalanan ke Iran, bisa dibaca disini ya



LoungeBuddy

Aplikasi LoungeBuddy ini sesuai namanya merajuk kepada lounge di bandara, berguna sekali kalau kita tahu bakalan lama transit di bandara. Lounge Buddy memiliki 500 daftar rekanan lounge di bandara dunia dimana dapat memberikan akses ke penumpang pesawat kelas economy untuk menggunakan lounge yang biasanya aksesnya terbatas hanya untuk penumpang kelas business class saja atau pemegang kartu kredit gold atau platinum ( We are traveling with a debet card and no credit card , if you are wondering ). 
Masih tetap bayar sih, average harganya sekitar €40 per orang, menurut saya lumayanlah harga ini, karena kita bisa menggunakan lounge yang nyaman, hidangan premium food, snacks, shower, wifi, dan working space jika dibutuhkan. 
Coba bandingkan dengan harga paket burger fast food di bandara yang juga tidak murah, rasanya beda tipis ya, juga kalau mau pesan kamar di hotel di dalam bandara, pastinya lebih mahal lagi, itupun tidak termasuk makan. 

Weather

Untuk aplikasi cuaca, saya mengandalkan weather apps bawaan dari iPhone saja yang saya rasa cukup mengakomodasi. Tinggal sesuaikan kota yang dipilih dan aplikasi tersebut akan menampilkan prakiraan cuaca tiap jam nya. Ini penting banget juga untuk menyesuaikan jadwal excursion atau pakaian apa yang harus kita pakai. 

 
Aplikasi lainnya biasanya sih untuk killing time seperti Spotify untuk mendengar musik, Netflix untuk nonton film. 

Bagaimana dengan kamu, aplikasi apa yang wajib ada di smartphonemu ketika traveling?

 

You Might Also Like

12 comments

  1. Lounge Buddy ini kayaknya mesti di download ya, penting juga buat nunggu waktu transit. TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan bgt lho, daripada luntang lantung di bandara, makanannya jg udah mahal mending ke lounge

      Delete
  2. weather perlu banget solanya waktu ke seoul pernah salah kostum pake koas kutung pas summer dan ternyata summer disana ga sepanas yang dikira :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaaaa itu parah bgt ya, pastinya jalan2 jd ga nyaman kl saltum gitu, terus gimana? beli jaket dong? :)

      Delete
  3. tku infonya sist.. mampir ke tempat kami ya kalau lagi di sanur ;)

    ReplyDelete
  4. Whoaaa, traveling with a no credit card. KEREN!
    Emang prefer gitu ya Kak, drpd begitu pulang traveling ogah2an liat tagihan credit card hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank sini kebetulan ada ATM card yang juga bs dipakai MasterCard, jadi CC emang ga perlu sih :)

      Delete
  5. Instagram itu emang wajib yah mbak karena harus banget bisa langsung upload foto buat segera sharing perjalanan,hehehe

    ReplyDelete
  6. Huhuhuww, coba waktu itu aku tau ada loungebuddy

    4 bulan lalu transit di Qatar 17 jam :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. adaauuu lama banget, napa ga keluar jalan-jalan ke Doha nya aja?

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan