Rekomendasi Penginapan di Kota-Kota Besar di Iran

By 1:00 AM , , ,



Berdasarkan beberapa pertanyaan yang masuk dari teman-teman yang ingin mengunjungi Iran, rata-rata pertanyaan yang paling banyak saya terima adalah menginap dimana selama di Iran. Saya bisa mengerti kesulitan mencari rekomendasi penginapan tersebut karena saya pun juga merasakan susahnya mencari informasi ini apalagi untuk melakukan reservasi.
Situs booking online hanya mungkin ada 3-5 penginapan di Tehran yang ada di booking.com, AirBnb malah tidak ada sama sekali karena masih belum diijinkan beroperasi di Iran, Couchsurfing pun secara legal dilarang, mau menghubungi travel agency lokal sayangnya pembayaran masih manual melalui transfer ke bank mereka di Uni Emirates atau Turki. 

Jika perjalanan ke Iran dilakukan saat low season seperti musim panas atau bulan Puasa, rasanya akomodasi tidak menjadi persoalan karena jarang turis dan pengunjung bisa saja langsung go show.

Untuk membantu mereka yang sedang mengatur perjalanan ke Iran, berikut saya sampaikan rekomendasi penginapan yang telah kami inapi selama di Iran.


Ini kota-kota di Iran yang kita lewati


TEHRAN : Novotel Hotel 

(atau bisa juga memilih Ibis Hotel karena sebelah-sebelahan hotelnya) Kedua hotel ini hotel yang baru buka pasca dicabutnya embargo, jadi satu-satunya International chain hotel di Iran.
Pemesanan kedua hotel ini bisa dilakukan melalui www.booking.com 
Untuk lokasi, kedua hotel ini terletak berhadapan dengan terminal kedatangan dan keberangkatan bandara Imam Khomeini.
Sampai saat ini dari bandara ke pusat kota tidak transportasi umum dan karena kami tidak ingin menghabiskan waktu di Tehran, ditambah lagi waktu ketibaan dan keberangkatan pesawat selalu pagi buta, maka untuk alasan tersebut kami memilih hotel ini.

View from my room at Novotel Tehran, Iran

Winning location

Lobby of Novotel Hotel Tehran, Iran



{ Rekomendasi menginap dimana di Shiraz, telah saya tuliskan review nya : klik disini }

YAZD : Fazeli Hotel

Kami menghabiskan 3 malam di kota Yazd karena rekomendasi teman yang baru saja menyelesaikan trip nya ke Iran,  dan referensinya mengenai kota Yazd sangat tepat karena ternyata memang kota ini penuh ambiance yang sangat authentic.
Melalui forum di internet saya menemukan Fazeli Hotel, hotel ini baru dengan model ala traditional guest house khas Persia.

Untuk lokasi Fazeli Hotel ini terletak sangat strategis di daerah kota tua Yazd, hanya 2 menit jalan kaki ke Jāmeh Mosque yang terkenal di Yazd itu.
Menurut saya lokasi kota tua ini sangat menarik, berbentuk labirin yang menyesatkan tapi seru.
Staff di Fazeli Hotel yang kami temui semuanya sangat ramah, sopan dan selalu siap membantu ketika diperlukan. Mereka juga bergerak cepat ketika kami membutuhkan tiket bus dengan tujuan kota berikutnya, tiket tersebut bahkan tidak ada extra charge nya.

Bisa diliat foto-fotonya di Instagram : Fazeli_Hotel
Reservasi bisa melalui email  : fazelihotel@yahoo.com 
Rate: US$ 55 per malam termasuk sarapan pagi buffet dengan pilihan menu yang lumayan banyak.


our room at Fazeli Hotel, Yazd Iran

Fazeli Hotel and Courtyard

Breakfast Situation at the Fazeli Hotel in Yazd, Iran

ISFAHAN : Amir Kabir Hostel

Ini hostel sederhana tapi ngetop banget di Isfahan, kamarnya banyak dan saya suka courtyard mereka yang dipakai seperti tempat ngumpul-ngumpul tamu lain, sekalian jadi tempat breakfast juga dan breakfast nya termasuk di harga kamar.
Rate per kamar nya kalau untuk 2 orang : USD 40 shared bathroom tapi bersih dan memadai.
Untuk dormitory, per orang nya USD 10
Semua staf nya juga sangat membantu sekali dan ramah. Kami sempat berjumpa dengan pemiliknya juga saat check out, Pak Amir Kabir, such a sweet old man yang sudah memiliki hostel ini puluhan tahun.

Dari terminal bus ke hostel ini udah pada tahu lah supir taksi, tapi hati-hati ya supir taksi di terminal Isfahan suka scamming, ga semua sih tapi kebetulan kita dapat supir taksi yang nyoba untuk scam kita.

Sedikit informasi tambahan :
Jika perlu supir dan sewa mobil ke Kashan atau excursion lainnya selama di Isfahan, ada supir yang sering dipakai tamu-hostel hostel untuk sightseeing.
Kita pakai orang ini, ex beach guard di Dubai dan sekarang dia kerja di Iran sebagai tour guide. Orangnya baik banget dan recommended.
Kita pakai dia untuk nyupirin dari Isfahan ke Kashan, dan berhenti di Abyaneh Village dan Nathan.
Namanya Zandi Tours ( zanditour@gmail.com ) Whatsapp : +98 913 2051 561

KASHAN : Doost House

Selain Yazd, Kashan juga menjadi kota favorit kami selama di Iran pada trip perdana kali ini. Rasanya kota tua di Iran itu memang sangat menarik jika kita mau melihat budaya arif setempat, jauh dari hingar bingar kota besar Tehran atau Shiraz.

Karena kami traveling ke Iran saat musim panas dan puasa, maka pada saat membuat itinerary memang telah menyediakan waktu untuk bersantai dan hibernasi, seperti hal nya di Yazd kami tinggal di kota tersebut selama 3 malam, demikian juga di Kashan.

Di Kashan saya memilih traditional house juga, awalnya ingin menginap di Nogli House yang sangat terkenal di Kashan, sayangnya bertepatan dengan renovasi sehingga kami dialihkan untuk menginap di sister property milik Nogli House yang namanya Doost House.
Awalnya kami kecewa karena review orang-orang mengenai Nogli House sangat bagus, namun kekecewaan tersebut berubah menjadi sangat senang karena Doost House ini malah lebih bagus dan letaknya lagi-lagi di tengah labirin kota tua, justru lokasi Nogli House pas kami lewati kurang begitu ok karena berada di depan jalan raya.

Doost Hotel , traditional guest house in Kashan, Iran

Our favourite staff at the hotel and the breakfast situation at Doost House, Kashan, Iran

Doose House in Kashan Iran has also a dormitory room if you like, around USD 15 per person included breakfast

Doost House : Recommended place to stay in Kashan, Iran
Untuk reservasi  Doost House, bisa melalui Noghli House, nanti bilang saja mau nginepnya di Doost House.
Website : http://www.noghlihouse.com/en/
Email : info@noghlihouse.com
Rate : USD 43/ night termasuk sarapan tradisional & buffet


Click here to see all of the related posts about Iran: visa, itinerary, sightseeing spots & tips

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan