Aktifitas Menarik Ketika Berlibur Saat Musim Dingin

By 10:54 PM , , ,



Saat saya menulis ini cuaca sedang minus 3, lumayan banget bikin muka kenceng, padahal hitungannya masih musim gugur lho ( ini scheduled post yang ditulis bulan November, but in fact hari ini kalau sesuai rencana saya sedang berlibur di Sydney yang panas :-)

Sebenarnya saya malas banget ngebayangin musim dingin itu, maklum deh badan tropis gini kan ya tapi ya nggak ada pilihan juga selain menikmatinya karena kalau nggak ada musim dingin bakal nggak ada juga musim kesukaan saya sepanjang masa, musim semi dan musim panas :)
Beberapa teman saya dari Indonesia malah memilih berlibur ketika musim dingin, menurut mereka ya kapan lagi ngerasain cuaca ekstrem yang berbeda banget sama di Indonesia, bonusnya ya ngareup salju lah ya.
Musim dingin itu walaupun nggak seramai kegiatan dan keriaan di musim panas, tapi tetap selalu ada aktifitas juga sih yang mengakomodasi orang supaya tetap menikmati musim ini, jadi bukannya seperti kota mati juga, well itu mungkin kalau tinggal di Siberia kali ya, tapi di negara yang saya tinggalin sih tetap aja ramai dengan program-program seru selama musim dingin. 



Winter Sports

Ketika musim dingin sekolah-sekolah punya jadwal winter holiday, orang-orang kantor pun menikmati cuti mereka di musim ini, biasanya saat bulan Januari atau Februari dimana di beberapa area pegunungan ( biasanya Pegunungan Alpen karena yang terdekat dan dipastikan ada salju ) dan melakukan berbagai olahraga musim dingin, seperti ice skating, ice sledding, skiing, atau sekedar membuat snowman.
Negara seperti Swiss dan Austria biasanya ramai dikunjungi, dan jangan heran jika bisa macet parah ketika memasuki perbatasan negara Swiss.



Chrismas Market

Namanya aja pasar Natal tapi aktifitas ini lumayan ditunggu-tunggu oleh banyak orang tanpa mengenal latar belakang agama atau ras, semua orang ngumpul di area pasar Natal yang biasanya diadakan di kota-kota besar. Banyaknya kedai makanan dan minuman, kedai penjual mainan, kerajinan tangan, sampai pergelaran musik hidup dan juga lighting show. Christmas Market hadir mulai sebulan sebelum Natal dan selesai sampai sekitar akhir pekan pertama di bulan Januari.
Jadi kalau berkeinginan melakukan perjalanan saat bulan November sampai awal Januari, pastikan destinasi yang kamu tuju ada pasar Natalnya, karena ini merupakan bagian kultur dan budaya setempat.



Hopping On Off Coffee Shops

Biasanya kalau musim dingin gitu, orang lebih senang melakukan akftitas di dalam ruangan, kalau musim panas baru deh ramai-ramai piknik, tapi kalau cuaca dingin ya orang biasanya lebih memilih ngobrol atau hang out di dalam ruangan dan biasanya kedai kopi bisa ramai banget nih.
Mengetahui bahwa budaya ngopi-ngopi semakin lama semakin ngetrend banget, para penggiat usaha cafe pun menyadari untuk lebih menjual suasana, tema cafe semakin beragam dan jadi asyik untuk didatangi. Mulai cafe shop dengan tema interior urban jungle, Nordic yang simplicity, Bohemian, perpustakaan, salon, wah macam-macam deh tema yang ada, so why not do the hopping on off around coffee shops sambil menghangatkan badan menikmati minuman hangat khas musim dingin yang banyak divariasi dengan kayu manis dan cengkeh itu.

Dog Sledding

Jika ada aktifitas yang saya ingin lakukan banget saat musim dingin dan belum kesampaian sampai sekarang adalah melakukan petualangan dog sledding di Nordic atau Russia.
Apa sih dog sledding? Itu tuh kereta yang ditarik oleh segerombolan anjing husky, naik turun bukit bersalju tebal selama sejam atau lebih. Pastinya menjadi kegiatan yang tidak akan dilupakan.

Dog Sleeding via

Staycation di dalam Iglo

Staycation di iglo bisa banget juga menjadi pilihan ketika musim dingin tiba, arahkan destinasi liburan kamu ke Finlandia karena disana ada iglo hotel dari kaca, pastinya ok banget staycation di properti seperti ini. Karena letaknya sudah sangat ke utara, dari dalam iglo kita juga bisa menikmati aurora borealis menari-nari di langit jika beruntung.

Igloos Hotel in Finland via


Setelah memikirkan aktifitas seru di musim dingin ini, saya pikir-pikir musim dingin itu bisa juga menjadi sangat menyenangkan ya :-)




You Might Also Like

14 comments

  1. Gw kalau skiing kok masih takut yah huahaha ice skating aja kacau XD
    Oh ya pernah tobogganing gak kak? Keknya seru yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah di Swiss, lebih aman dan seru :))

      Delete
  2. Asyik banget yuh staycation iglonya.. mupeng bangeett. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Aaaah, aktifitasnya menarik semua. Ngeliat Christmas market tu kalo di Indo mgkn mirip dengan pasar Ramadhan kali ya Kak. Yg rutin ada tiap tahunnya, dan pastinya seru banget.

    Staycation di Iglo sambil menikmati aurora borealis, what a life!

    ReplyDelete
  4. Baca ini langsung berandai-andai kapan ya aku main ke negara bersalju Kak. Pengen ngerasain main ski dan juga terbang paralayang dari alps <3

    ReplyDelete
  5. Aku sih tiap liburan k negara 4 musim pasti slalu saat winter mbak :p. Pertama murah, kedua ga panas. Ga kuat bgt ama panas bdnku :D. Makanya pas libur feb besok k jepang aku milihnya pas lg puncaknya winter di shirakawa :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. winter emang low season tp bisa jadi high season jg di bbrp destinasi yang rame winter sport nya :)

      Delete
  6. Sayang nya di Indonesia tak ada salju..

    ReplyDelete
  7. Gw prempuan tropis bgt, ngga terlalu gimana banget sama salju malah cenderung jiper traveling winter, to the bone bgt dinginnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. muka kenceng bo dan emang bikin jiper kalau liat udah minus Celsius :(

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan