Review and VLOG : Naik Kereta dari Sydney ke Melbourne

By 1:00 AM , , , , , , , ,

 Review and VLOG : Naik Kereta dari Sydney ke Melbourne
Para wisatawan yang bepergian ke Australia biasanya memasukkan Sydney dan Melbourne dalam agenda wisatanya. Jarak sekitar 876 kilometer ini dapat ditempuh dengan beberapa cara yaitu dengan pesawat terbang, bus, kereta api dan menyewa kendaraan sendiri. Tentunya alternatif pilihan transportasi dapat dipilih sesuai kebutuhan dan budget. 
Sebelum keberangkatan saya sudah melakukan reservasi pemesanan tiket kereta api melalui situs resmi kereta nasional Australia karena memang disarankan untuk memesan kursi tiket jauh-jauh hari supaya mendapatkan tiket dengan harga termurah, saya agak bingung dengan sistem seperti ini karena biasa di Belgia dan Belanda jika naik kereta tujuan  masih dalam negeri, para calon penumpang bisa langsung saja go show ke loket tiket dan membeli tiket dengan harga yang sama dengan mereka yang membeli tiket jauh-jauh hari, mungkin karena tujuan Sydney ke Melbourne yang lebih jauh sehingga setiap penumpang wajib memiliki nomor kursi? Bisa jadi sih, tapi mengapa ada perbedaan harga padahal kelas nya ekonomi juga. 
Well anyway, saya sarankan jika ingin naik kereta api belilah tiket jauh-jauh hari di situs ini karena ternyata kereta bisa fully booked. 
Related posts : 


Kami memutuskan untuk memilih sarana transportasi kereta api dalam perjalanan dari Sydney ke Melbourne dengan alasan:

Punya Banyak Waktu

Mengetahui apakah kamu memiliki banyak waktu dalam trip ini sangat penting dalam memutuskan ingin naik kereta atau terbang dengan pesawat karena perbedaan waktu yang signifikan. Dengan kereta jarak tempuhnya adalah selama 10 jam sedangkan dengan pesawat hanya 2 jam. Jika memilih pesawat maka pengalaman di bawah ini selanjutnya otomatis tidak dapat kamu rasakan.

Ingin Melihat Panorama Sepanjang Perjalanan dari Sydney ke Melbourne 

Karena hanya 2 kota yang masuk dalam itinerary dalam perjalanan ke Australia kali membuat rasa penasaran seperti apa sih daerah pinggiran di antara kota Sydney dan Melbourne ini, dengan naik kereta api kita jadi ada sedikit bayangan dan jadi tahu ada kota yang namanya Waga Waga, The Rock, Wangaratta, Cootamundra dan tentunya melihat panorama alam ijo royo-royo sepanjang perjalanan dari kaca jendela kereta.

Sepanjang perjalanan dari kaca jendela kereta

Lucu-lucu banget nama kota yang kita lalui

Kualitas Kereta Api di Australia 

Pro : 
1. ) Tidak ada biaya tambahan jika membawa barang bawaan maksimal 20 kilo per penumpang. Dan disediakan loket khusus jika ingin menyimpan koper di dalam bagasi kereta, dengan catatan harus tiba 30 menit sebelum kereta berangkat, pelayanan ini gratis dan cukup membutuhkan. 
Saya melihat para pekerja di bagian ini adalah orang tua berusia pensiun namun masih mampu bekerja dengan cekatan dan teliti. Salut!
2. ) Tepat waktu
3. ) Toilet relatif bersih
4. ) Petugas yang sangat ramah dan siap membantu
5. ) Tersedia penjualan makanan hangat dan minuman sepanjang perjalanan dengan  harga yang reasonable
6. ) Reclining Seats

Cons :
1. ) Tidak ada wifi , colokkan listrik dan tidak ada signal dalam kereta


Stasiun Kereta

Stasiun kereta di tiap kota di dunia rasanya selalu memberikan esensi tambahan ketika kita traveling,  ada stasiun yang paling spektakuler, stasiun tua nan kuno, stasiun kereta tersibuk sampai ke stasiun kereta dengan arsitektur terbaik. Ketika bepergian kami selalu menyempatkan diri mendatangi stasiun dimana saat itu kami berada karena selalu saja ada hal unik di dalam stasiun kereta walaupun saat itu kami tidak perlu naik kereta api. Biasanya arsitektur lobi utama, kubah dan facade bangunan stasiun yang selalu mencuri perhatian.
Sydney Railway Station

Perbedaan Harga

Last but not least tentunya bicara mengenai harga, banyaknya penerbangan dengan low cost airlines JetStar yang menghubungkan Sydney ke Melbourne beberapa kali dalam sehari,  jika dibeli jauh-jauh hari kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat sekitar AUS 56 ditambah AUS 50 jika ingin membeli bagasi tambahan. Total dengan JetStar dari Sydney ke Melbourne adalah AUS 106.

Harga tiket kereta api kelas ekonomi promo adalah AUS 45 sudah termasuk fasilitas bagasi. 
Ada teman saya yang memilih naik kereta malam dari Sydney dan tiba di Melbourne pagi harinya sehingga hemat harga 1 malam penginapan. Tentunya semua tergantung gaya berlibur dan kebutuhan traveling mu.
 

* * *

#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme :  Rail Based Travel





You Might Also Like

8 comments

  1. Unik juga yaa mbak kebiasaannya untuk datengin stasiun kereta di riap tempat yang dikunjungin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stasiun kereta, pasar, kantor pos biasanya gak kelewatan didatangi sih mbak, biasanya bangunannya cantik juga sejarahnya, yaa part of the DNA of the city lah ya :)

      Delete
  2. Keren nih, saya rencana sih mau ke aussie pertengahan tahun ini, mau nyoba hal baru seperti naik kereta ini. Setelah baca plus minusnya jd agak bingung nih, kan sayang banget ya selama 10 jam gaada internet? Saya kan anak generasi milenial, yg internet adalah kebutuhan pokok haha
    Sekalian nanya dong, apa kereta ini ada di seluruh kota2 besar di aussie? Rencana sih mau nyoba dari Adelaide ke Perth..

    ReplyDelete
  3. Mbak aku check train nya kok jdi aus 130 ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya fluktuasi tergantung ketersediaan kursi, harus pesen jauh2 hari untuk dpt harga yang saya tulis di atas itu...

      Delete
  4. Mbak..masih ada lagi link buat mesen kereta API ga?? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah di atas udah di hyperlink pake font warna merah..klik aja..

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan