Let' Talk About Belgian Desserts and Get Ready to Drool

By 1:00 AM , , ,


Hallo teman blogger yang mungkin kelewatan informasi kalau saya dan +nyonya sepatu sedang mengadakan Giveaway dengan hadiah menginap 2 malam gratis di Alila Hotel Jakarta dan juga uang tunai. Lihat di link ini ya : http://www.jalan2liburan.com/2017/02/giveaway-voucher-menginap-gratis-di-Alila-Hotel-jakarta-dan-uang-tunai.html
Masih ditunggu sampai akhir bulan Februari 2017!

Rasanya hampir semua lidah orang Belgia suka akan rasa manis, beragam penganan diciptakan menggunakan resep ratusan tahun dengan bahan dasar yang memiliki kualitas tinggi. Berikut 5 pilihan tipikal jajanan manis khas Belgia yang pastinya akan menggugah selera :

 

1. COKELAT

Jika ada pertanyaan apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar nama negara Belgia, bisa dipastikan banyak yang akan menjawab cokelat. Seperti hal nya minuman beer, cokelat Belgia memang sulit terbandingi. Walaupun bukan negara penghasil tanaman cokelat, namun karena proses pembuatannya yang didukung oleh teknologi tinggi membuat cokelat yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.
Sampai saat ini buah cokelat mesti diimport dari beberapa negara penghasil cokelat di  benua Afrika bahkan Indonesia. 



Jenis cokelat yang menjadi favorit di Belgia adalah Praline, pertama kali diperkenalkan sejak tahun 1912 oleh Jean Neuhaus II, anak dari Jean Neuhaus salah satu pengusaha cokelat dengan merek Neuhaus yang memulai bisnisnya sejak 1857 di Belgia.  Cokelat praline adalah olahan cokelat yang diberi filling atau isian berbagai rasa, sejak diperkenalkan Pralines menjadi pilihan utama keluarga bangsawan dalam memberikan hadiah kepada orang-orang yang mereka anggap penting bagi hidup mereka, Praline pun sampai saat ini termasuk dalam jenis cokelat premium dan eksklusif karena harganya yang tidak murah.

2. WAFFLE

Banyak negara seperti Belanda, Skandinavia dan Jerman yang mengadopsi budaya makan waffle, bahan adonan pembuatan pada dasarnya adalah sama, hanya yang membedakan adalah penyajiannya. Di Belgia sendiri tiap propinsi memiliki jenis waffle nya masing-masing, diantara yang paling terkenal adalah Brussels Waffle dan Liège waffle.
Keduanya berbeda pada bentuk cetakkannya, Brussels waffle memiliki bentuk persegi panjang dan terasa renyah, sedangkan versi Liège berbentuk sedikit lebih lonjong. Alat panggang waffle bermotif kotak-kotak menggunakan dua pelat logam yang dihubungkan dengan engsel.




Tradisi makan waffle dalam keluarga Belgia sampai turun temurun masih dilakukan, biasanya tiap keluarga memiliki ritualnya masing-masing, berkumpul bersama pada waktu yang telah disepakati sambil memanggang waffle dan menikmatinya.
Pada penyajiannya orang Belgia biasanya memakan waffle tanpa topping, kelezatan waffle telah terasa pada cita rasa dan tekstur adonannya yang terasa renyah di luar namun lembut di dalam, namun karena alasan atraksi wisatawan, banyak juga penjual waffle  yang menawarkan waffle dengan ragam topping, mulai dari roam, buah-buahan atau saus cokelat.


3. SPECULOOS [speky’lo:s]

Speculoos bisa dibilang kue kering paling populer di Belgia. Jika Anda memesan minuman panas seperti teh panas atau secangkir kopi di kedai, kemungkinan Anda akan mendapatkan speculoos di samping cangkirnya.
Pada awal mula tradisi Belgia, speculoos diberikan dan dimakan oleh anak-anak ketika St Nicholas membawa hadiah pada setiap tanggal 6 Desember, tradisi tinggal tradisi karena saat ini speculoos dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja. 

Pada setiap gigitan speculoos yang renyah Anda akan merasakan rasa rempah karena memang adonan speculoos menghadirkan kayumanis, cengkeh, pala, jahe, lada dan kapulaga. 
Nama speculoos sendiri hadir dari bahasa Latin “spekulum” yang berarti cermin, hal ini menjelaskan bagaimana kue kering ini dibuat. Speculoos dibuat di atas cetakkan dari pahatan kayu dengan motif gambar seperti gambar burung dara atau rumah tradisional Belgia, sampai mengikuti hari besar yang terjadi di Belgia seperti gambar sepeda ketika turnamen sepeda Tour de Flanders diselenggarakan.


4. KOFFIEKOEKEN

Secara harafiah berarti kue teman minum kopi, Koffiekoeken dapat dibeli di seantero toko roti di Belgia, mulai dari toko roti langganan dekat rumah sampai toko roti yang ada di stasiun kereta. Rasanya tidak lengkap menikmati secangkir kopi atau minuman hangat lainnya tanpa ditemani ragam koffiekoeken.
Koffiekoeken yang paling banyak terlihat pada display di toko roti adalah Boterkoek ( butter cookies ), Appelflap ( apple turnover ), Boule de Berlin ( Berliner doughnut ), Chocoladebroodje ( chocolate bread ) dan masih banyak lagi.





Jika berada di toko roti khas Belgia, bukan saja Koffiekoeken yang dapat Anda pilih dan nikmati karena pilihan ragam tart ( lemon meringue taart, apricot tart, eclair, profiteroles, dan lain-lain ) juga adalah sebagai ritual teman minum kopi.
Tampilan tart yang dibuat dengan sangat cantik dan menggemaskan, Anda pasti akan kesulitan memulai potongan pertamanya. 

5. CUBERDONS

Permen kenyal berbentuk kerucut yang hadir dalam tampilan warna warni tidak bisa dipisahkan dari deretan daftar jajanan manis khas Belgia. Disebut juga dengan sebutan permen hidung karena sepintas memang seperti hidung, Cuberdons  yang berasal dari kata cul de bourdon dikreasikan sejak 150 tahun yang lalu.



Di dalam permen Cuberdons yang asli berwarna ungu terdapat sirup manis dengan rasa rasperry, kemudian dikreasikan dalam berbagai warna dan rasa, misalnya warna kuning dengan sirup rasa jeruk.
Sampai sekarang resep dan pembuatan 'permen hidung' ini masih dirahasiakan dan hanya beberapa ahli yang tahu yang memproduksinya.


Bagaimana? Kira-kira kamu bakalan suka sama penganan manis khas Belgia yang mana nih? :-)

Note : 
Tulisan ini telah ditayangkan sebelumnya di portal milik Wego ( link )

You Might Also Like

13 comments

  1. Penasaran sama cuberdons mak, kayak jelly goewy gitu ya?

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuun semuanya menggoda banget. Terutama Koffiekoeken. Eh, apalagi aku orang Sunda yang suka manis-manis. Kayaknya cocok nih sama makanannya kalau traveling ke Belgia. Haha. Amiin deh, semoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi iya orang sini suka banget pastries2 gitu, pasti ada di hampir tiap rumah :)

      Delete
  3. Huaaaaa pingin ke Belgia demi dessertsnyaaaa! Praline itu favoritku banget, enakkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. anehnya ya gw disini malah ga nyari2 coklat lho, di rumah ga gw senggol, giliran traveling kemana gitu baru kepengen, jadinya kalau packing selalu nyelipin coklat juga :-)

      Delete
  4. Cuberdons sepertinya menarik untuk dicoba...

    ReplyDelete
  5. wahhhhh mantab jaya nih ....
    jadi pengen ke belgia demi desserts nya .. wkwkwk

    ReplyDelete
  6. OMG, aku harus nyiapin budget lebih kalo ke sana berarti ;p.. hanya utk kuliner :D..aku sempet nyobain Belgian waffle pas di Kyoto.. ntah otentik ama rasa aslinya di belgia sana ato ga tp yg di kyoto ini enaaaak! aku sampe beli banyak utk cemilan di kereta menuju osaka :D

    ReplyDelete
  7. bagiku cokelat selalu juaraaaa....... hahaaa

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan