Objek Wisata Menyedihkan Ini Wajib Dikunjungi

By 1:00 AM , ,


Ada dua hal yang membuat suatu obyek wisata menjadi sangat menyedihkan, yang pertama adalah karena latar belakang sejarah yang tragis dan yang kedua adalah yang menjadi tragis karena ulah manusia, seperti timbunan sampah. Apapun penyebabnya membuktikan kalau traveling tidak melulu mengenai keindahan dan tidak selalu instagram-able.

Tanggal 27 Januari yang lalu dunia baru saja memperingati Holocaust Day, hari yang dikhususkan untuk mengenang korban Holocaust, sekaligus mengingatkan bahwa ada peristiwa kelam dalam sejarah manusia. Dipilih tanggal 27 Januari karena tepat di tanggal tersebut di tahun 1945, kamp konsentrasi terbesar di dunia yang ada di Auschwitz-Birkenau dibebaskan oleh tentara Uni Soviet.

Related Posts :

Peringatan ini tentunya mengingatkan kita yang sekarang masih hidup di generasi ini untuk menghargai perdamaian dan kemanusiaan. Slogan yang mestinya tidak bosan-bosan untuk disuarakan di tengah-tengah gundahnya dunia saat ini.

 'Work Will Set You Free' at the main gate of the Auschwitz


Auschwitz-Birkenau di Polandia saat ini hanya tinggal saksi bisu pembantaian jutaan manusia tidak berdosa, seadainya jam berhenti di situ. Sayangnya pada setiap helaan nafas kita, mungkin ada satu manusia di belahan dunia lain yang menghembuskan nafas terakhirnya akibat perang. Sudan, Syria, Somalia, Afghanistan, Central African Republic, Yemen, Iraq, Palestina dan masih banyak negara lainnya. Kalau mengikuti pemberitaan ini, kita mestinya lebih menghargai sesama walaupun beda pilihan calon gubernur.

Museum Genosida di Vilnius, Lithuania

Ketika berada di Vilnius, satu tempat yang ada di agenda perjalanan saya adalah mengunjungi museum ini. Terletak di bekas bangunan KGB asli, terdiri dari 2 lantai tempat para staff KGB bekerja alias stalking para pembangkang negeri, lalu di luar ada area eksekusi tembak mati, dan kemudian yang paling gelap adalah di bawah tanah.

Di bawah tanah ini para tahanan disiksa, ditempatkan di ruangan sempit tanpa penerangan, dinding-dindingnya kedap suara sehingga teriakan dari sisi manapun tidak akan terdengar. Headquarter KGB di Lithuania ini ditinggalkan Uni Soviet tahun 1991 ketika akhirnya Lithuania mendeklarasikan kemerdekaannya.

Sarajevo, Bosnia

Awal tahun 90 an bukan saja tahun perpisahan negara raksasa Uni Soviet, namun juga Yugoslavia. Perang saudara di Yugoslavia disebut-sebut sebagai perang paling mematikan di Eropa setelah Perang Dunia II.
Berada di seantero kota Bosnia masih terlihat peninggalannya, tidak perlu masuk ke museum karena dari dinding bangunan apartemen saja masih penuh lubang bekas tembakkan, generasi tua disana pun masih irit senyum seakan-akan trauma masih ada.

Bosnia, Sarajevo


Bali Bombing Memorial, Bali

Serangan bom di Bali tahun 2002 dan 2005 menorehkan kisah kelabu bagai negara Indonesia, Bali yang dianggap paradise on earth berubah citranya, sumber utama pariwisata negara pun lumpuh, dan perlu waktu sampai akhirnya Bali kembali bangkit mengkembalikan image nya di mata dunia. 

Bali Bombing Memorial


Anne Frank House, Amsterdam

Terletak di depan sebuah kanal di Amsterdam, bangunan rumah Anne Frank seperti rumah biasa saja. Rumah ini menjadi saksi bisu tempat persembunyian Anne, kakak Anne dan orang tua mereka dari kejaran tentara NAZI dalam usaha mereka menghabiskan ras Yahudi. Rumah yang awalnya ada tempat tinggal mereka, menjadi tempat persembunyian sampai akhirnya tentara NAZI mengetahui keberadaan mereka dan menangkap dan membawa mereka ke kamp konsentrasi di Bergen Belsen, Jerman. Anne Frank, Margot kakak Anne dan ibu mereka tewas mengenaskan karena kelaparan dan sakit typus selama di kamp konsentrasi.

Selama dalam persembunyiannya di dalam rumah di Amsterdam itu, Anne Frank menulis kisah sehari-harinya dalam buku diary. Pada tahun 1947 buku hariannya  diterbitkan pertama kali pada tahun 1947, dan diberi judul The Diary of a Young Girl.

Anne Frank


Menulis daftar kecil obyek wisata menyedihkan ini membuat saya teringat akan video yang lumayan viral beberapa hari ini, yang intinya adalah dimanapun kita berada untuk tidak acuh dengan sejarah setempat, bagaimana mungkin bisa punya hati untuk pose bak model di tempat dimana jutaan orang merenggut nyawa? Think twice and wise before you do so !





#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : The Saddest Tourist Destination

You Might Also Like

1 comments

  1. Wew...baru tau ada video viral ini. Di dalam negeri sendiri juga pernah lihat ada org menunggah foto selfie di area pemakaman, yang kemudian mengundang komentar kontra. Sangat disayangkan sekali :(

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan