5 Kota Eropa Tidak Mainstream Ini Wajib Masuk Itinerary

By 1:00 AM , , , , , , , ,



Untuk para pelancong yang baru ke Eropa pertama kali biasanya akan memilih kota-kota besar yang sudah terkenal seperti Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin kota-kota di Eropa Timur seperti Praha dan Budapest. Tidak ada yang salah dengan pilihan itu kok, kota tersebut menjadi sangat terkenal karena memang memiliki pesona yang disukai banyak orang dari berbagai penjuru dunia. 

Jika berencana ingin kembali lagi ke Eropa dan ingin melihat kota-kota lainnya yang mungkin out or radar di pemberitaan di Indonesia, berikut saya sampaikan ide kota-kota lainnya di Eropa yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk kunjungan berikutnya. 

Rovijn 

Sejak Kroasia masuk ke dalam Uni Eropa dan memperbolehkan pemegang visa Schengen yang masih berlaku untuk berkunjung ke Kroasia dengan visa tersebut membuat Kroasia semakin banyak peminatnya. Rata-rata wisatawan dari Indonesia datang ke Kroasia untuk melihat kota Dubrovnik, salah satu lokasi shooting serial Game of Thrones. Sedangkan para wisatawan asal Eropa telah lama menempatkan Propinsi Istria sebagai destinasi musim panas favorit. 
Salah satu kota di Istria yang sangat memukau adalah Rovijn yang kota tua nya nampak berdiri di atas batu karang raksasa. Kontur jalan yang naik turun dan dikelilingi oleh birunya laut Mediterania, rasanya tidak akan lelah jika harus berjalan kaki disini. Sepintas sempat terbersit di pikiran saya jika Rovijn ini bisa sekali menyaingi Santorini di Yunani, namun dalam versi tidak banyak turis.

The Magnifique Rovijn, Croatia from Katarina Island


Dijon

Pencinta kuliner pasti familiar dengan Mustard Dijon. Dan Dijon yang saya maksud disini adalah kota penghasil mustard tersebut. Terletak di Prancis bagian Timur ( sekitar 300 km dari Paris ) dan pernah menjadi ibukota Burgundy, Dijon juga dianugerahi sebagai kota gastronomi nya Prancis dan dunia. Wah kebayang kan, kota di Prancis lainnya saja sudah menawarkan kuliner dengan cita rasa tinggi, apalagi di kota semacam Dijon yang mengantongi anugerah seperti ini. 

Di seantero kota tua Dijon banyak sekali bangunan gereja berusia tua dan masih terawat, salah satunya adalah Notre Dame de Dijon yang telah ada sejak abad ke 13 dengan arsitektur Gothic.

Dijon, France

Chill lifestyle in France



Tongeren

Tongeren adalah kota tertua di Belgia dan dinyatakan sebagai kota tertua karena banyaknya artifak peninggalan Romawi Kuno yang ditemukan di seantero kota. Pada masanya Tongeren merupakan kota administratif kerajaan Romawi. Bayangkan dari Roma sampai ke kota di Belgia, betapa megahnya kerajaan Romawi ini pada masanya. 


Jika ingin mempelajari sejarah kuno tersebut, ada Museum Gallo Roman yang menyimpan barang-barang peninggalan Romawi dengan apik. 

Di sekeliling kota tua Tongeren, di beberapa sisinya masih ada tembok penjaga kota yang lazim dibangun oleh para tentara Romawi di setiap kota yang mereka duduki. Tembok Romawi di Tongeren ini tercatat dibangun sejak abad ke 2.  

Tongeren, the oldest city in Belgium


Timisoara

Kalau mendengar nama negara Romania mungkin tidak terbersit untuk mengenal kota Timisoara. Mungkin Brasov atau Kastil Drakula lebih terkenal di Romania dibandingkan Timisoara. Timisoara sering dibandingkan sebagai Little Vienna, bisa dimengerti karena sama-sama merupakan Austro-Hungarian Empire pada masanya, menjadikan wajah Timisoara serupa dengan Vienna. 
Yang uniknya di Timisoara bukan saja seperti Vienna, tapi juga pengaruh Soviet yang sangat kental seperti hadirnya gereja Orthodox Rusia di depan taman kota. 

Tahun 2008 Timisoara menjadi European Cultural Capital, ajang tahunan dari Uni Eropa yang menampilkan kota-kota 'kurang terkenal' padahal menyimpan banyak kekayaan budaya. 

Timisoara, Romania


Trier

Jika Tongeren adalah kota tertua di Belgia, maka Trier adalah kota tertua di Jerman. Kerajaan Romawi Kuno pernah hadir di kota ini dan meninggalkan amphitheater yang bisa diisi 20 ribu orang penonton, gerbang penjaga kota, pemandian ala Romawi kuno ( Roman Bath ), Roman Bridge dan Column. Selain peninggalan Romawi, kota Trier juga memiliki gereja Katedral tertua di Jerman. 
Trier memiliki 9 Situs Warisan Dunia yang dianugerahi oleh UNESCO, untuk kota yang namanya nyaris terdengar di kalangan wisatawan Indonesia, tentunya reputasi pariwisata kota ini tidak main-main ya.

Trier, the oldest city of Germany

Kalau dari daftar kota tersebut di atas, kira-kira ada yang menjadi favoritmu? Dan mengapa ingin sekali kesana?





You Might Also Like

17 comments

  1. aku mau semuaa kesanaaaa....duh semoga tahun ini bisa ke Eropa lagi deh

    ReplyDelete
  2. Wuaaa, bookmark dulu nih mba Feb, makasih sharingnya. Berhubung baru dengar Dubrovnik jadi baru pengen ke sana,otomatis karna lokasi shooting Game of Thrones. Tapi kalo visa approved, mau ke semua itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dubrovnik lumayan ngetop banget Nit, dan skarang Kroasia udah bisa pake visa Schengen kan, jadi mayanan ya...

      Delete
  3. Tongeren yang masuk list nomor satuku...
    karena .. apalagi kalau bukan mau lihat sisa2 Romawi

    ReplyDelete
  4. Bagaimana pun, Eropa tetap menarik untuk di jelajahi !

    ReplyDelete
  5. Tongeren! Karna banyak sejarah romawinya.. Aku paling suka kota dengan latar sejarah begitu.. Apalagi kalo museumnya lengkap, duuh berasa bisa byangin masuk ke masa lalu.. Thn ini ga mungkin k eropa, thn dpn udh fix hrs umroh.. Jd after 2018 dunk baru bisa bikin plan kesana jiahahaha :D

    ReplyDelete
  6. Oke...mau ke Rovijn ah... Kroasia selalu di hati.
    Awalnya ku kira Pamplona masuk di daftar itu :D

    ReplyDelete
  7. Wahh info baru nihh.. mau ke semaunya... bakal jd daftar kota yg akan aku kunjungi tahun ini... thanks mbak Feb..

    ReplyDelete
  8. saya mau ke trier, karena jerman hahaa.. kapan yah bisa kesana...

    ReplyDelete
  9. bookmark, Makin semangat nabunggb buat eropa terip, tapi masih jauhhhhh ;)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan