Dari Maroko ke Prancis dan dari Costa Rica ke Indonesia, Inilah Sarapan Selama Traveling

By 1:00 AM



Sarapan pagi untuk banyak orang sangatlah penting untuk dilakukan, bagaikan isi bensin sebelum beraktifitas seharian penuh, apalagi saat traveling dimana energi sudah pasti diperlukan. Sayangnya tidak semua destinasi kaya akan kuliner termasuk variasi sarapannya, atau malah kadang tidak cocok dengan ritme sarapan pagi kita sehari-hari, ah namanya juga traveling, cherish the moment aja kali ya and have a breakie like the locals do. 
Related posts : 

Sarapan di Maroko

Ritual sarapan di Maroko sangat menyenangkan, apalagi kalau menginap di Riad, para tamu akan dimanjakan dengan ragam sarapan yang membahagiakan, bahkan dari piring dan gelas yang digunakan sudah cantik-cantik sekali. 
Ragam nya dimulai dari teh mint, jus jeruk manis, potongan buah, roti dan selai, madu, buah olive, pilihan telur, lalu kue manis khas Maroko. 
Setiap hari kurang lebih sama seperti itu jenisnya, yang berubah misalnya buah yang diberikan, sisanya kurang lebih sama. 

Sarapan di Finlandia

Ikan Herring dan lingonberries dan sisa menu lainnya kurang lebih sama seperti menu sarapan continental breakfast lainnya. 
Lingonberries ini adalah sejenis buah berries yang banyak ditemukan di dalam hutan di Swedia dan negara Nordic lainnya. Lingoberries ini buah yang kaya akan zat kimia yang bisa menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih sehat, dijadikan selai untuk makanan apapun, kadang di atas kentang atau kadang dijadikan selai. 

Sarapan di Jawa

Wah ini suami saya bakal pusing kalau berhari-hari traveling di Jawa karena biasanya ragam sarapan disana lumayan berat ya, bahkan untuk saya yang tidak terbiasa makan berat saat pagi juga bisa kewalahan, untungnya masih ada bubur seperti bubur kacang ijo atau bubur ayam to the rescue. Sisanya biasanya nasi lengkap dengan lauk pauknya, untung-untung kalau tinggal di hotel yang agak modern, biasanya ada pilihan roti dan paling tidak bisa pesan sunny side up eggs. 

Sarapan di Costa Rica

Sama seperti turis bule yang ke Indonesia dan melihat sarapan mayoritas orang Indonesia yang makan nasi lengkap untuk sarapan, kurang lebih seperti itulah ketika saya berada di Costa Rica. Menu sarapan disana juga hampir tidak ubahnya menu makan malam, di piring akan terlihat nasi, kacang merah, ayam goreng, pisang goreng dan salad, semua dalam satu piring. 
Lalu makan siangnya berkisar di menu yang sama lagi, mungkin yang berubah jenis buah nya, jika biasanya menggunakan pisang goreng, diganti dengan alpukat atau mangga, ayam nya berubah juga menjadi ikan goreng. 
Bingung ya lihat pisang goreng dimakan bersamaan dengan nasi? Iya betul sekali pisang goreng disana dimakan bersamaan dengan nasi, unik ya. 

Sarapan di Australia

Tipikal kuliner di Australia itu berasal dari a little bit of here and there, jadi hampir tidak ada menu yang asli dari sana. Dan untuk sarapan rasanya mereka lebih suka grab a coffee and go, dan brunch menjadi favorit. 
Brunch di Aussie itu sangat menyenangkan karena kayanya ragam makanan yang saya tadi tulis di atas, kadang saya makan French crepes, lalu di hari berikutnya corn fritters with avocado salsa dan besoknya memesan eggs benedict dengan toast. Ah pokoknya asyik lah brunch di Aussie, selain gampang nemuin tempat makan yang dasar menu nya adalah brunch, juga ragam pilihannya, mungkin salah satu keuntungan jadi turis di negara yang tidak memiliki kuliner asli ya, jadi gak bersalah memesan brunch dengan menu seperti itu. 

Sarapan di Iran

Selama di Iran selain menginap di hotel yang berbasis international chain, juga di penginapan ala guest house dan juga menginap di rumah penduduk. Karena menginap di tempat yang berbeda seperti ini saya jadi merasakan ragamnya sarapan tergantung menginap dimana. Kalau di international hotel chain ya biasalah ya standard makanan buffet dengan menu international. 
Kalau menginap di rumah penduduk, makanan sarapan mereka lebih sederhana, hampir tidak ada daging, hanya roti, selai yang biasanya dibuat sendiri berbahan buah yang sedang musim, lalu paling mewah ada telur rebus, sisanya sebisa mungkin sayuran dan porsi roti yang banyak. 
Sedangkan di penginapan ala guest house, menu nya di antara kedua jenis penginapan sebelumnya, roti dan telur rebus sudah pasti, buah olive, feta cheese, kentang rebus dan butter dingin. 

Sarapan di Prancis

Konon orang lokal di Prancis sendiri kalau breakfast ya hanya ke bakery lalu pesan croissant dan kopi, lalu di weekend barulah mereka menikmati sarapan lengkap walaupun tidak dalam menu besar, yang pasti ada keju, ragam roti karena Prancis benar-benar negara roti, lalu pastries seperti Pain au chocolat alias roti isi coklat, pain aux raisins, chausson aux pommes yang adalah semacam pastry berisi applesauce, rata-rata bisa ditemukan di toko roti di seantero Prancis.



Bagaimana dengan kamu? Sarapan saat liburan yang menjadi favoritmu yang seperti apa? Share dong di kolom komen.



You Might Also Like

5 comments

  1. sepertinya paling enak sarapan di prancis, pilihannya roti semua tapi banyak macamnya,, dan gambarnya bikin ngiler banget mbak.. kl lg jalan2 nginep di hotel yang paling aku suka telor omlet-nya, krn dirumah gak bisa bikin telor omlet seenak di hotel.hahaha

    ReplyDelete
  2. Sarapan di Iran keknya sehat banget yaah. Duh klo Prancis mah, cusss ke bakery aja terus kalap sendiri hahaha

    ReplyDelete
  3. aku sendiri kalo sarapan jg udh terbiasa yg simple, kyk panini ama tuna, bubur ayam, ato waffle.. tp ga nutup kemungkinan aku bisa kalap kalo lg ke medan misalnya ;p.. tau sendirikan mba, makanan di sana kalorinya seperti apa :D.. lontong medan, soto medan, nasi gurih, duuuh laper...

    itu makanan d atas kok juga unik yaa... aku penasaran pisang goreng ama nasi rasanya gmn yaa ;p.. kalo di kampungku, sibolga, pisang goreng makannya pake ketan... mirip nasi, tp kan beda yaa rasanya :D ..ketan mah lbh gurih krn dimsk ama santan

    ReplyDelete
  4. Hai mbak..suka baca tulisannya :) unik2 ya ternyata sarapan dari banyak belahan dunia. Yg di Costa Rica makan nasi dgn pisgor mirip kayak ttgaku di kampung halaman. Dia makannya kdg gt juga hehe.

    Waktu liburan di Karimun Jawa suka banget sarapannya karena menunya ikan enak banget. Kalau disekitaran Eropa,sy plg suka sarapan di Ibiza karena bnyk sekali variasinya. English breakfast sendiri juga enak (blackpuddingnya diganti salmon) tp sekali saja soalnya eneg. Hehe. Salam kenal..ya mbak..

    ReplyDelete
  5. belakangan ini aku lagi coba sarapan makan buah aja hehee

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan