Itinerary Jalan-Jalan Sendiri ke Eropa Timur Tanpa Tour

By 1:00 AM , , , , , ,



Seperti namanya Eropa Timur pastinya berada di benua Eropa bagian Timur. Belakangan saya perhatikan pamor traveling ke destinasi di Eropa Timur mulai mendapat tempat di hati para wisatawan Indonesia. Perpaduan antara sejarah bekas komunis, korban Perang Dunia, dan ditambah dengan situs budaya peninggalan Ottoman, membuat Eropa Timur menjadi sangat unik dan berbeda dengan bagian Eropa lainnya. 
Untuk biaya hidup sehari-hari bisa dipastikan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup di Eropa Barat, tentunya menjadi sangat good bargain ya liburan kesana.

Related Posts :
 

 A Quick Foodie Guide to Singapore
by Dream Explore Wander

Berikut saya sampaikan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum keberangkatan ke Eropa Timur :
 
→ Tiket Penerbangan
Pemilihan kota tujuan seperti kota besar di Jerman bisa dijadikan pilihan jika akan berangkat dari tanah air menuju Eropa. Dari Jerman banyak transportasi yang dapat menghubungkan Anda dengan kota di Eropa Timur. 
Sila melakukan simulasi harga tiket penerbangan melalui aplikasi seperti kayak.com atau situs pencari tiket andalan Anda lainnya. Biasanya kota di Jerman atau Belanda sedikit lebih murah jika diakali berangkat dari Kuala Lumpur atau Singapura. Simulasikan saja tanggal keberangkatan yang diingini dan destinasi awal dan tujuan pada aplikasi tersebut.

→ Visa
Untuk pemegang paspor Indonesia yang memiliki visa Schengen yang masih valid, bisa masuk ke dalam negara di Eropa Timur di bawah ini dengan menggunakan visa Schengen tersebut. 
Beberapa negara seperti Bosnia, Serbia, Bulgaria, Macedonia, Kosovo, Albania bukan termasuk dalam daftar negara Schengen namun ada pengecualiannya yaitu visa Schengen yang masih valid bisa digunakan masuk ke dalam negara-negara tersebut.

Transportasi Antar Kota
Untuk penerbangan murah antar kota di Eropa Timur, terdapat maskapai Ryan Air dan Wizz Air yang menghubungkan banyak kota dari Eropa Barat ke Eropa Timur. 

Bus umum antar kota di Eropa Timur juga sangat memadai, tiket bisa dibeli online atau sehari sebelum keberangkatan selama bukan musim liburan langsung di terminal bus.
Tipikal terminal bus di Eropa Timur biasanya terletak tidak jauh dari stasiun kereta, dan di dalam terminal tidak sembarang kendaraan bisa masuk ke area platarannya, khusus bus yang memang telah memiliki jadwal yang bisa masuk ke area terminal tersebut. Para calon penumpang diwajibkan menunggu di platform yang telah ditentukan, lalu kemudian barang bawaan harus diberi nomor dan diletakkan di dalam bagasi. 
Pembelian tiket bus di kota-kota di Eropa Timur dapat dibeli di loket resminya. 

Untuk negara Balkan, bisa dilakukan pembeliannya secara online melalui situs ini : https://www.balkanviator.com ,  saya mengandalkan situs ini waktu berangkat ke Eropa Timur ( Itinerary 2 di bawah ini ), sebagai acuan timetable dan berapa harga tiketnya.



Untuk memudahkan perjalanan, pilihan 4 itinerary di bawah ini semoga bisa dijadikan acuan ya. Itinerary ini dibuat menurut letak geografisnya sehingga memudahkan juga transportasinya. Untuk berapa hari yang ingin dihabiskan di masing-masing kota tentunya disesuaikan dengan berapa jumlah hari liburan yang Anda punya, ya minimum 2 malam di tiap kota jika ingin terburu-buru dan bisa lebih lama jika gaya liburan Anda adalah yang santai.

Itinerary 1
Krakow - Praha 
Praha - Bratislava 
Bratislava - Budapest

Itinerary 2
Sarajevo - Dubrovnik 
Dubrovnik - Kotor
Kotor - Belgrade

Itinerary 3
Sofia - Skopje 
Skopje - Kosovo 
Kosovo - Albania ( Tirana )

Itinerary 4
Vilnius - Riga
Riga - Tallinn 
Tallinn - Helsinki 

Nah kan sebenarnya mudah saja membuat itinerary ke Eropa Timur ini, jika telah tiba di kota tersebut, bisa gabung dengan Free Walking Tour yang diprakarsai oleh orang lokal, biasanya berkumpul di tempat yang telah diinformasikan sebelumnya dan tour ini berdurasi selama 2-3 jam. 
Free walking tour andalan yang biasa saya gunakan adalah : Sandeman New Europe dan Free Walking Tour.
Walaupun namanya gratisan, di akhir tour sediakan tips sukarela dan berikan untuk pemandu wisata.

Sewaktu-waktu postingan ini akan saya update dengan pilihan itinerary lainnya, untuk sementara jika ingin yang ada ditanyakan mengenai perjalanan ke Eropa Timur secara general, bisa ditulis di kolom komen di bawah ini !

You Might Also Like

4 comments

  1. Aku baru pernahnya yg itinerari 1 aja..hukss

    ReplyDelete
  2. Aku pribadi pgn yg nomor 1ato 4. Nomor dua krn udh pernah ke belgrade. Nomor 3 krn udh prnh ke sofia :D. Tapi td nanya suami, dia pgnnya k nomor 4 krn mau nostalgia pas msh tinggal di Helsinki. Gpp jg sih, toh aku blm pernah kesana :D.

    Duh, baca beginian aku bener2 semangat bikin planning jadinya mba. Moga bisa after umroh 2018 deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. No 2 ga mau karena udah pernah ke Belgrade, tp udah pernah ke Sarajevo dan Dubrovnik belum? Belgrade sih kota mati menurutku xixixi

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan