Sightseeing Spots in Macau For Your Next Hideaway

By 7:57 AM , , , ,

Sightseeing Spots in Macau for Your Next Hideaway - photo courtesy Filipe Mendes
Bulan Juni itu selalu identik dengan bulan liburan, ditambah lagi hari raya Idul Fitri juga jatuhnya di bulan Juni. Tulis dong di kolom komen kalian bakalan liburan kemana saja kali ini? :)

Yang belum sempat ngurusin printilan liburan karena masih sibuk ngantor, worry not, karena banyak destinasi di luar Indonesia yang bisa kapan saja kamu kesana tanpa perlu visa, so ya last minute preparation masih ok untuk dilakukan, misalnya tujuan negara-negara ASEAN dan kalau mau jauhan dikit supaya biar kerasa lagi liburan, bisa banget lho planning ke Hongkong dan Macau.
Personally aku sih lebih suka Macau kalau untuk hideaway, sentuhan peninggalan koloni Portugis itu soalnya terasa banget disana tanpa harus jauh-jauh ke Portugal, ya namanya juga hideaway yang kadang waktu liburan kita juga gak banyak ya. 

Aerial View of Macau - photo courtesy Filipe Mendes

Sunset over Macau - photo courtesy Filipe Mendes

Macau - photo courtesy Filipe Mendes
 

Memang Ada Apa Aja di Macau ?
Macau itu didatangi kurang lebih sekitar 26 juta wisatawan setiap tahunnya, untuk area yang memiliki luas 29,5 km persegi menerima segitu banyak wisatawan, pastinya karena destinasi tersebut memiliki sejuta pesona dan hidden gems yang siap untuk dieksplorasi, ya kan?!
Yang paling terkenal di Macau adalah peninggalan zaman koloni Portugis nya. Sedikit bicara mengenai sejarah Macau, Macau sempat diduduki Portugis pada tahun 1550, meninggalkan banyak bangunan khas Portugis di seantero Macau. Salah satunya adalah Ruins of St Paul.

Ruins of St Paul, Macau ⎟ via

Sesuai namanya yang adalah ruins atau reruntuhan, gereja St Paul ini memang tinggal facade atau bangunan muka nya saja, lengkap dengan plataran bertangga yang menjadi spot paling Instagram-able. Aku saranin untuk datang saat matahari terbenam untuk hasil foto yang keren karena warna batu di bangunan ini somehow lebih keren dengan bantuan sinar matahari 'golden hour' yang natural , yakin deh “ likes and loves “ langsung banyak jika di posting di sosial media kamu :)

Iya! Kamu bisa langsung foto hasil jalan-jalan kamu ke sosial media kamu saat liburan nanti lho, karena untuk pelanggan XL dan non-XL yang berencana pergi ke luar negeri bisa menikmati fasitlitas XL Easy Roaming. Cari mengaktifkannya gampang banget, bisa melalui myXL apps atau aktivasi di *123*747# sebelum atau sesudah di luar negeri.
Kalau udah diaktivasi bisa langsung digunakan di negara tujuan, tanpa harus mampir ke toko hp, tanpa harus ganti nomor dan kartu. Jaringan juga terpercaya karena XL bermitra dengan operator di 39 negara tujuan.

Selain itu XL juga punya XL Pass yang dapat digunakan untuk paket : Hotrod dan Xtra Combo
Dengan XL Pass kamu dapat menikmati nikmati paket Xtra Combo dengan “Youtube Tanpa Kuota” di luar negeri, semudah di dalam negeri.
Bayangin kamu liburan ke luar negeri dan masih tetap bisa mengakses youtube di luar negeri tanpa kuota, super cool hah ! Buruan aktifin deh sebelum kamu berangkat liburan, bisa melalui *123*747# dan myXL Apps.

Kalau bisa dibuat mudah gini kenapa juga dibikin ribet, paling enak liburan tanpa rempong lah ya! Dan saat kamu tiba di Hongkong atau Macau pun bisa langsung komunikasi dengan keluarga dan menyampaikan kalau kamu sudah tiba di tempat tujuan, bisa langsung akses internet, posting foto di Instagram, FB atau Path, bisa tetap eksis deh.
As easy as that tanpa bikin kantong bolong karena apabila kuota masih ada setelah dipakai di luar negeri, kuota masih bisa digunakan kembali sepulangnya ke Indonesia. Ya elah udah paling bener!

Senado Square
Satu lagi spot yang eropah banget di Macau adalah Senado Square atau Largo do Senado dalam bahasa Portugisnya, semacam alun-alun kota gitu lah. Senado Square ini masuk dalam daftar UNESCO's World Heritage dan di sekelilingnya banyak sekali tempat asyik untuk kongkow-kongkow, bisa belanja juga karena banyak banget toko-toko mulai dari toko suvenir sampai toko pakaian. 

Senado Square ⎟ via
Sebenarnya di Macau sendiri gak cuman ada alun-alun Senado Square ini saja, masih ada 4 alun-alun lainnya seperti : Praça do Centro Cultural, Praça do Lago Sai Van, dan Praça do Tap Seac. 
 
Fisherman’s Wharf
Fisherman's Wharf ini adalah taman hiburan pertama yang dibangun di Macau, bukan saja yang pertama tapi juga yang terbesar. Lokasinya dekat banget sama pelabuhan dan terminal ferry, Hong Kong-Macau Ferry Pier. 
 
Fisherman’s Wharf ini buka 24 Jam setiap hari dan gratis tanpa tiket masuk. Disini kita bisa lihat banyak replika spot terkenal di dunia dan temanya beragam dari dunia barat dan timur, seperti replika Colloseum yang mewakili dunia barat misalnya.

Old Taipa Village
Macau yang gemerlapan dipenuhi casino dan hotel berbintang kadang membuat kita lupa kalau di Macau kita masih bisa menemukan sisi autentik dan budaya Cina dan Portugis. Old Taipa Village ini membuat semua sisi tersebut seperti seimbang, terletak di belakang bangunan bling-bling The Venetian, kampung tradisional Taipa ini menawarkan banyak makanan tradisional di gang-gang nya yang sempit nan cozy dan arsitektur bangunan seperti kuil kuno, asyik banget buat watching people.

Traditional Alley in Macau ⎟ via

Portuguese Egg Tart
Tiada kesan ke Macau tanpa mencari Portuguese Egg Tart dan menikmatinya. Di Portugal sendiri biasanya tiada hari juga aku makan egg tart ini, di Macau pun salah satu kuliner yang wajib dicari ya si egg tart ini. Banyak kedai roti dan cafe yang menyajikan egg tart, tapi yang terkenal di antara orang lokal itu adalah di Lord Stow's yang konon kedai pertama di Macau yang menjual Portuguese Egg Tart. Berlokasi di 1 Rua Tassara, Coloane Town Square, Macau, disitu kita bisa lihat para pegawainya yang membuat adonan egg tart, sampai proses penyajian. Paling nikmat kalau dimakan di tempat saat egg tart nya masih hangat.
Harga satuannya MOP 8 atau sekitar Rp 13.000,-an

Mata Uang
Di Macau mata uang yang biasa dipakai adalah Macau Pataca ( MOP ), Dollar Hongkong dan Chinese Yuan ( CNY ). Pada setiap transaksi ketiga mata uang ini dianggap memiliki nilai tukar yang sama, tips dari saya lebih baik gunakan MOP karena nilai tukar ke Rupiah yang lebih rendah dibandingkan CNY.
1 MOP = Rp. 1.655 ⎟ 1 HK$ = Rp. 1.705 ⎟ 1 CNY = Rp. 1.952

Gimana? Udah siap pack and go to Macau ?!
Happy holiday, people, jangan lupa share foto-foto seru mu ya !

You Might Also Like

1 comments

  1. January tgl 4 thn depan aku ke macau dan HK mba.. Tp tujuan utamaku ke macau cm 1 sih, bungy jumping di macau tower :D. Itu impianku dr dulu. Bungy dr tempat tertinghi sedunia :D., gilak iih, bayanginnya aja udh ga sabar banget. Hrgnya memang mahal sih sekali terjun, 6 jt rp, tp sensasinya ga tergantikan ama banyaknya biaya :D.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan