How To Apply Electronic Visa For Your Trip To Azerbaijan

By 1:00 AM , , , ,



Tahun lalu saya sempat menuliskan tahap - tahap pembuatan visa Azerbaijan bagi pemegang paspor Indonesia, tapi sejak Januari 2017 telah ada perubahan prosesnya nih guys, menurut saya sih lebih mudah karena bisa langsung dibuat melalui website https://evisa.gov.az/en/  tanpa harus melalui travel agency lagi. Proses pembuatannya akan saya share di bawah ini, saya sendiri sejak apply hanya menunggu 1 hari saja, lalu kemudian e-visa nya disetujui dan dikirim melalui email. 

Proses e-visa Azerbaijan yang sekarang mengingatkan saya akan proses pembuatan visa Turki, mirip banget tampilannya. Bisa dibaca disini ya kalau mau tahu proses pembuatan e-visa Turki

Sebelum memulai tahapannya, ada baiknya menyimpan copy paspor kamu dalam bentuk scan dan juga detil akomodasi karena nanti akan pertanyaan tersebut.
Untuk penginapan saya sih pakai situs booking.com aja, situs ini salah satu andalan saya karena kita bisa milih properti yang bisa kita bayar belakangan, juga bisa kita cancel kalau seandainya visa gak disetujui. Serius deh ini bukan iklan berbayar :-)
Belum pernah pakai booking.com ? Cusss, register ya! 


1. Masuk ke official website ini  :  https://evisa.gov.az/en/




2. Akan muncul formulir aplikasi yang wajib diisi seperti di bawah ini.

3. Selanjutnya adalah pertanyaan tujuan kunjungan ke Azerbaijan untuk apa, karena saya turis, saya pilih tourism, berikut tanggal kedatangan. 
Tanggal ini dicocokkan dengan tiket kedatangan ya, jangan sampai salah tanggal.

 


 4. Selanjutnya adalah mengisi formulir yang berisi pertanyaan seputar biodata kamu. Pertanyaannya standard saja, kalau ada yang tidak dimengerti, di sebelah pertanyaan ada kolom penjelasannya. 

Seperti yang saya tuliskan diatas, sebelum memulai mengajukan e-visa Azerbaijan, pastikan memiliki copy paspor yang telah di scanned, dan juga akomodasi menginap di Azerbaijan, akomodasinya bisa dipilih salah satu saja dulu kalau seandainya kamu bakal pindah-pindah kota. Ini untuk memudahkan kamu mengisi formulir di bawah ini, lihat kan kalau ada pertanyaan bakal nginap dimana di Azerbaijan dan juga mereka minta scanned dari paspor kamu.





5. Dari tanggal kedatangan akan dihitung 90 hari, lalu akan muncul biaya yang harus dibayarkan. 

Sistem pembayarannya hanya dengan kartu kredit Visa dan MasterCard, terserah mau pakai kartu kredit siapa sih, gak ditanyain juga, yang penting dengan kartu kredit, selain kartu kredit pokoknya gak bisa ya !


 
 



6. Setelah pembayaran dan ada notifikasi kalau pembayaran kamu telah sukses selanjutnya tinggal menunggu saja. Kalau di websitenya disebutkan prosesnya memakan waktu 3 hari, untuk kasus saja kurang dari 24 jam telah diterima di email.
Lampiran electronic visanya lalu dicetak dan dibawa saat berangkat ke Azerbaijan ya, karena biasanya saat proses check in penerbangan akan ditanyakan e-visa tersebut oleh staff dari maskapai penerbangan. Dan begitu juga saat tiba di imigrasi. 

Simpan baik-baik ya E-Visa Azerbaijan ini karena saat kepulangan nanti, lagi-lagi staf imigrasi di bandara akan minta kita untuk memperlihatkan visa tersebut.




7. Last but not least, satu hal yang paling penting dan sering terlewatkan adalah meminta registrasi jika kamu berada di Azerbaijan lebih dari 10 hari. Hal ini memang tidak diinformasikan dimanapun, tidak ada tertulis di website pengajuan visa, tidak ada ucapan dari staf imigrasi saat kedatangan, pokoknya gak ada. Boleh dicek di travel blog tetangga, banyak banget yang terkecoh dengan informasi yang missing ini dan berakhir mereka harus membayar denda  sekitar Rp. 3.000.000,- per orang atau deportasi dan ga bakal diijinkan lagi masuk ke Azerbaijan selama 3 tahun.

Nah ini yang bikin kita hampir apes, saya bilang hampir karena thanks God kita gak sampai kena denda ini, karena ada hotel yang membantu membuatkan surat registrasi di hari terakhir kita di Azerbaijan.

Gimana sih bikin surat registrasinya ? Sebenarnya ini kewajiban hotel/hostel/penginapan yang kita inapi saat di Azerbaijan, tapi sepertinya gak semua staf penginapan ini aware akan kewajibannya mendaftarkan tamu mereka, jadinya kita sebagai turis harus pro aktif meminta atau bisa juga mendaftarkan sendiri melalui website ini http://en.e.migration.gov.az/  secara online. 
Saat check in di penginapan memang sih mereka minta copy paspor kita, tapi gak berarti mereka membuat register atas nama kita. 

 Any questions, feel free to write it in the comment box below !


Our travel journey in Social Media
FACEBOOK INSTAGRAM TWITTER YOUTUBE

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan