Volubilis, Situs Peninggalan Romawi Kuno di Maroko

By 1:00 AM , ,



Maroko tidak melulu mengenai Gurun Sahara ataupun sekolah madrasah, pada abad 1 bangsa Romawi Kuno pernah menguasai area yang kita kenal sekarang sebagai Maroko dan memperluas kerajaannya sampai Afrika Utara. Adanya situs Volubilis menguatkan fakta mengenai hal tersebut dan membuat Maroko semakin unik untuk dikunjungi.

Terletak sekitar 23 kilometer dari kota Meknes, situs arkeologis Volubilis dapat ditempuh kurang dari 30 menit dengan berkendara, sepanjang perjalanan kita dapat melihat hektaran ladang pertanian zaitun dan gandum yang subur, salah satu alasan mengapa bangsa Romawi menduduki area ini dan menjadikan Volubilis sebagai pusat pertanian dan mengekspor hasil tani nya ke Roma. 




Volubilis mengalami jaman keemasan di abad 2 hingga 3 masehi dan kemudian kota ini jatuh ke tangan suku lokal pada tahun 285, namun tidak pernah direbut kembali oleh Romawi karena jaraknya yang jauh.






Dengan harga tiket sebesar 10 Dirham atau sekitar Rp. 13.000,- per orangnya, kita dapat melihat reruntuhan Volubilis yang masih utuh dan siaplah terkesima melihat kemampuan manusia pada jaman itu membuat mozaik yang cantik dan pilar-pilar kokoh di kuil nya.

You Might Also Like

2 comments

  1. baru tau ada peninggalan Romawi di Maroko, masih cukup banyak juga sia bangunan yang tertinggal

    ternyata tak hanya di Libya ada peninggalan Romawi (apa kabarnya sekarang ya.., setelah jatuhnya rezim Khadafi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Monda aku pun pas nyampe ke Fes dan baru baca2 mengenai sightseeing spot, dan ternyata ada Volubilis ini, ga deket sih dari Fes tapi masih bisa dilakukan dengan one day excursion :)

      iya di Libya juga ada Mon, malah lengkap bgt bukan hanya Romawi tapi juga Mesir, Yunani, Byzantines sampai Turki. Sayang ya gak kelar2 perang disana sampe skarang dan kali juga byk yg udah dihancurin jaman ISIS gini

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan