5 Destinasi Pilihan Berlibur di Indonesia Tahun 2018

By 10:29 AM , ,

Walaupun masih awal tahun, tidak ada salahnya mulai memikirkan dan merencanakan akan traveling kemana saja di tahun ini, bukan? Kalau untuk saya sih ya, merencanakan perjalananan itu sebisa mungkin memang dari jauh-jauh hari, the earlier the better.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapat dengan mengurus dari jauh-jauh hari, seperti misalnya kita bisa memesan penginapan dengan “early bird rate” , mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo, dan tentunya setiap hari kita jadi semangat menyongsong hari menuju hari liburan kan.

Masih bingung mau kemana liburan tahun ini, berikut 5 destinasi di Indonesia yang bisa dijadikan destinasi berlibur kamu selanjutnya :


☀ SUMBA
Pantai dengan pasir putih yang sepi, bukit yang ijo royo-royo, budaya yang kental,adalah sedikitnya alasan mengapa Sumba wajib didatangi. Ada 2 bandara yang mengakomodasi perjalanan kalian, bisa pilih mendarat di Sumba Barat atau Sumba Timur, dan terbangnya juga bisa dari Jakarta atau Denpasar, tinggal pilih.

Festival Pasola adalah salah satu festival budaya yang dimiliki oleh tanah Sumba, festival ini menampilkan adu ketangkasan antar kampung dengan menunggang kuda sambil melempar lembing ke lawan sampai lawan berdarah. Festival ini biasanya diadakan di bulan Februari – Maret, nah masih cukup waktu nih kalau berminat untuk melihatnya.

But anyway Sumba selalu menawan walaupun tanpa festival, saya biasa menghabiskan waktu dari pagi sampai matahari terbenam dengan menyusuri pantai-pantai sepi yang ada disana, atau belanja kain ikat khas Sumba langsung di kampung-kampungnya.




☀ GUNUNG BROMO
Sampai kapanpun Gunung Bromo tidak akan pernah kehabisan pesona, setiap subuh para pencari matahari terbit tidak bosan-bosannya menghabiskan waktu menunggu datangnya sang surya. Malu ah kalau belum pernah ngerasain matahari terbit di depan Gunung Bromo kebangggaan tanah air kita itu.





☀ KEPULAUAN KEI
Besok pagi kalau kamu bangun pagi, kamu akan melihat gurun pasir di depan cottage “ , saya ingat betul kalimat yang disampaikan oleh tamu di sebelah kamar dimana kami menginap di salah satu cottage di pulau Kei, tepat 10 tahun yang lalu. Saat itu kami sedang merayakan bulan madu kami dan salah satu destinasi yang kami pilih adalah kepulauan Kei di Maluku.

Benar sekali apa yang dikatakan oleh tamu asal Italia itu, pantai berpasir halus yang konon terhalus di dunia itu bagaikan gurun pasir. Pantai Ohoidertawun di Kei Kecil memang unik, kalau sedang surut, kita bisa berjalan berkilo meter.




Sesekali rombongan anak sekolah dasar yang berjalan menuju ke sekolah mereka melewati penginapan kami, serempak dengan senyuman mereka berucap 'Selamat Pagi'. Rasanya hati menghangat dengan kesederhanaan-kesederhanaan yang membuat pengalaman traveling ke Kei menjadi sangat menyenangkan.

Bagaimana, tertarik mengalami hal-hal kecil yang bikin tersenyum itu juga?


☀ NUSA LEMBONGAN
Ketika Bali sudah rutin didatangi, mengapa tidak melirik pulau sebelahnya, Nusa Lembongan. Hanya sekitar 40 menit sampai 1 jam perjalanan dengan kapal dari Sanur, Tanjung Benoa dan Padang Bai menuju Nusa Lembongan.
Sightseeing spot di Nusa Lembongan juga gak kalah kece dan instagramable banget lho!




☀ BUKIT LAWANG
Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama anak-anak, bisa memilih Bukit Lawang sebagai destinasi yang mendidik. Berjalan di tengah hutan mencari sosok orang utan yang dibangga-banggakan seluruh penjuru dunia sebagai hewan langka yang sangat unik, kenapa gak? Cinta alam Indonesia gak melulu harus ke pantai dan gunung kan, hutan pun bisa dilirik untuk didatangi.

Selamat bingung ya milih destinasi yang mana karena sesungguhnya memang kita perlu lahir dua kali untuk menikmati Indonesia sampai keseluruhan, but if you do it right, once is enough :)

🚩 So now lets we talk about some tips about the things you need to do / know before leaving for a holiday , ini sebenarnya hal remeh temeh tapi sangat penting untuk diingat dan dilakukan demi kelancaran liburanmu :

1. Untuk kamu yang bekerja kantoran sebaiknya atur pekerjaan supaya menjelang liburan tidak dikejar-kejar dateline, make sure you get the holiday approval before purchase the flight tickets

2. Atas nama profesionalisme, jangan lupa nyalakan ' out of office ' di akun email kantor kamu selama durasi cuti


3. Bayar tagihan bulanan supaya tidak menganggu liburan

4. Siapkan dokumen seperti KTP dan Paspor, dan cek tanggal pada dokumen tersebut apakah masih berlaku. Perhatian nih guys, untuk paspor harus ada lembar kosong di dalamnya dan masa berlaku paling tidak 6 bulan ya, kurang dari itu bisa beresiko membuat kamu tidak bisa terbang

5. Menjelang keberangkatan, paling tidak 24 jam sebelumnya kamu lakukan check-in online. Manfaatkan fitur Check-in Online di Traveloka jika kamu sebelumnya booking tiket di aplikasi tersebut. Hal ini memudahkan kamu untuk tidak lagi antre di loket check-in di bandara dan bisa pilih tempat duduk lebih cepat.

6. Pada hari H jangan lupa matikan listrik di rumah supaya tidak terjadi pemborosan & juga lebih aman


Sudah siap berangkat liburan sekarang? Jangan lupa untuk berbagi foto dan cerita-cerita seru selama berlibur yah! Safe travels !

You Might Also Like

4 comments

  1. Pengen semuaaa, eh kecuali lembongan dengn udah pernah pas kemarin honeymoon hehehehe :)))

    ReplyDelete
  2. Wah kebetulan, kemarin sore baru ngobrol sama pak suami untuk nyoba liburan di indonesia aja tahun ini. Main ke Kei keliatannya enak banget pantainya

    Btw bukit lawang-nya kok nggak dikasih gambar mbak? :D

    ReplyDelete
  3. rekomended banget nih kak hehehe

    ReplyDelete
  4. Nusa Lembongan warna air lautnya biru banget enak dipandang mata,
    cocok nih buat destinasi wisata selanjutnya

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan