Itinerary Perjalanan ke Azerbaijan ( Tidak Hanya Baku ) dan Hal-Hal Yang Patut Diketahui Sebelum Berangkat

By 2:00 AM , , , , , ,



Perjalanan ke Azerbaijan sudah dipastikan akan sayang sekali jika hanya melihat ibukota dan sekitarnya saja karena pesona Azerbaijan justru ada di luar Baku. Permasalahan muncul jika jatah hari yang Anda miliki terbatas sedangkan transportasi ke beberapa daerah di Azerbaijan memang tidak begitu mudah aksesnya.

( Dont forget to subscribe to our Youtube Channel )

Karena trip ke Azerbaijan ini kami menghabiskan waktu lebih dari dua minggu, maklum slow traveling, jadi di itinerary ini saya tidak akan menuliskan hari per hari harus kemana dan ngapain, tapi lebih ke rute yang bisa dijadikan pilihan jika ingin berkeliling Azerbaijan.

🚩 BAKU
Ibukota Azerbaijan ini kami jadikan gerbang masuk kami ke Azerbaijan, banyak pelancong yang masuk dari perbatasan dengan Georgia melalui jalan darat, namun karena kami sudah pernah mengunjungi Georgia dan Armenia, pilihan yang paling tepat adalah naik pesawat ke Baku. 
Sampai saat ini perbatasan darat dengan Armenia tutup karena konflik antara kedua negara yang masih berlangsung sampai sekarang.

Kami menginap di penginapan di tengah-tengah kota tua Baku, hanya semalam, karena perjalanan selanjutnya ke destinasi berikutnya rencananya akan langsung kami lakukan keesokkan harinya. Di akhir trip kami akan kembali ke Baku dan menghabiskan waktu lebih lama.

Baku sebagai ibukota tentunya selain memiliki bandar udara Internasional, juga memiliki stasiun kereta dan terminal bus, dan menjadikan kota ini sebagai titik jika ingin melanjutkan perjalanan ke kota lainnya di Azerbaijan.

🏡  Dimana menginap di Baku : 
Penginapan kami dapat dari situs booking.com, namanya Old Town Guest House


🚩 QUBA & XINALIQ
Bisa dilihat di peta di bawah ini dimana Quba dan dimana Xinaliq. Xinaliq adalah desa tertinggi di Azerbaijan yang digadang-gadang jika saja Azerbaijan masuk dalam geografis Eropa, sudah pasti Xinaliq ini adalah desa tertinggi di Eropa juga.


Xinaliq adalah highlight perjalanan kami ke Azerbaijan, entah karena aksesnya yang terbatas, atau karena panorama alamnya yang bikin gemetar saking cantiknya, pastinya saya terpaksa harus menitikkan air mata saat berpisah dengan Xinaliq.

Menuju Xinaliq dengan aksesnya yang terbatas itu sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang, persoalan paling dasar adalah perbedaan bahasa. Untungnya kami dipertemukan dengan pemilik guest house di Baku yang fasih bahasa Inggris dan cekatan membantu. Saya sudah memiliki nama dan nomor telepon penginapan di Xinaliq, dan pemilik penginapan di Baku membantu menghubungkan kami dengan yang tinggal di Xinaliq.



Zaour our host in Xinaliq - and his house

4 x 4 car from Quba to Xinaliq

Xinaliq Azerbaijan

Quba sendiri adalah kota kuno yang terletak tepat di bawah kaki pegunungan Caucasus, menjadikan Quba kota yang tepat untuk menghubungkan Baku dan Xinaliq, dan tentunya bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin bermalam di kota ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Xinaliq, atau bisa juga sebagai tempat stop over untuk makan siang.

🚕  Biaya transportasi dari Baku – Quba – Xinaliq
Dari kota tua Baku menggunakan taksi menuju terminal bus di Baku : 7 Manat
Dari terminal bus Baku menggunakan shared taxi ke terminal Quba : 13 Manat
Dari Quba menggunakan kendaraan jeep yang telah disiapkan oleh pemilik penginapan di Xinaliq : 13 Manat

Untuk kembali dari Xinaliq ke Baku juga demikian, rute yang bisa dilalui hanya : Xinaliq – Quba – Baku. Literally kemanapun tujuannya, harus lewat Baku.

🏡  Mengenai Penginapan di Xinaliq : 
Rumah Zaur Lalayev ( mobile: +994-51830-9720 ) biasa menerima pelancong, sayangnya ia tidak bisa bahasa Inggris. Untuk membantu Anda melakukan booking, bisa minta tolong penginapan Anda di Baku untuk bicara dengan Zaur, sampaikan waktu dan tanggal kapan Anda akan menginap di rumahnya. Zaur juga biasanya mengatur kendaraan 4 x 4 untuk tamunya yang datang dari Quba ke Xinaliq.

Biaya per malam per orang adalah 30 Manat, termasuk makan 3 kali sehari dan teh nonstop. 



🚩 SHEKI
Setelah kami mengunjungi Xinaliq, tujuan berikutnya adalah kota Sheki, jika dilihat peta di bawah ini, Sheki hanya terletak di balik gunung dan semestinya bisa dilewati, iya bisa dilewati kalau gunungnya ada di Swiss, sayangnya ini di Azerbaijan dengan infrastruktur yang masih kuno walaupun negaranya ga kalah kaya sama Swiss.

Terpaksa tidak ada pilihan lain dengan kembali lagi ke Baku, demi melanjutkan perjalanan kembali ke Sheki. Kamipun kembali menginap semalam di penginapan kami di Baku.


from Xinaliq - Baku - Sheki

Dari awal sebelum berangkat ke Azerbaijan dan membaca beberapa catatan perjalanan beberapa orang, rasanya saya mengambil kesan kalau Sheki adalah kota yang tepat untuk hibernasi. Kota kecil yang nyaman dan masih sangat kental ambiance tradisional khas Azerbaijan. 

Walaupun kecil namun kota ini telah eksis selama 3000 tahun dan juga menjadi rute jalan sutra, menghubungi para pedagang pada masanya yang berjalan dari Asia menuju Rusia. 



Winter Palace in Sheki

Di Sheki kami bertemu hanya sekitar 8 orang turis Eropa dan rata-rata mereka menghabiskan waktu paling lama di Sheki dibanding di kota lain di Azerbaijan.

🚕  Menuju Sheki hampir sama halnya dengan ke Xinaliq, kami menggunakan taksi dari kota tua Baku menuju terminal bis di Sheki dan dilanjutkan dengan angkot menuju Sheki.
Jarak Baku – Sheki adalah sekitar dengan jarak tempuh hampir 5 jam.
Biaya taksi dari kota tua Baku ke terminal bis Baku : 
Angkot dari terminal bis Baku ke Sheki : 

🏡  Dimana menginap di Sheki :
Dari awal saya ingin menginap di Karvansaray, ini adalah tipikal penginapan yang telah ada sejak jaman Silk Route dimana saat ini karvansaray dijadikan penginapan ala hotel dan merupakan salah satu sightseeing spot paling ngetop di Azerbaijan.


Where to stay in Sheki : Karvansaray

Karvansraray


Sayangnya melakukan reservasi di karavansaray tidak bisa online dan saya tidak mau gambling apakah nanti kami akan mendapatkan kamar atau tidak. Untuk mengatisipasi hal tersebut saya sengaja memesan kamar di penginapan melalui online untuk 2 malam, lalu di saat ketibaan kami di Sheki kami mendatangi karavansaray untuk reservasi di hari-hari berikutnya di Sheki.

Sheki Karvansaray Hotel
Mirzə Fətəli Axundzade küçəsi 185
Sheki, Şəki, Azerbaijan
+994 55 755 55 70



🚩  KISH
Terletak hanya 10 kilometer dari Sheki, bisa dilakukan dengan half day trip menggunakan taksi. Panorama Kish yang terletak di lembah membuat rute Sheki – Kish ini rute favorit untuk mereka yang hobi tracking.

Bangunan paling ikonis di Kish adalah sebuah gereja Albania, yang dibangun oleh orang-orang Albania Kaukasia ( tidak ada kaitannya dengan negara Albania ), klan ini misterius dan mereka adalah penganut agama kristen dan pernah tinggal di bagian utara Azerbaijan.


Armenian Church in Sheki



🚩 SHEKI to GEORGIA or SHEKI back to BAKU
Hampir rata-rata turis yang kami temui memang akan melanjutkan perjalanan darat ke Georgia, sedangkan kami kembali ke Baku.

🚫Baca disini perjalanan kami ke Georgia
🚫 Baca disini cara mengurus visa Georgia untuk pemegang paspor Indonesia


🚩  BAKU dan SEKITARNYA
Baku adalah kota dengan perpaduan modern dan tua, konon sih katanya the next Dubai tapi rasanya masih jauh sekali untuk bersanding dengan Dubai walaupun saat ini pun terlihat Baku yang terus-terusan mempercantik diri disana sini.
Untuk turis Indonesia yang mungkin sudah bosen dengan kelap kelip Jakarta, bisa jadi Baku biasa saja di mata kalian, walaupun ada banyak bangunan di Baku yang bisa bikin panik para arsitektur saking futuristiknya.

Kami lebih prefer menikmati Baku dari sisi mengapa Azerbaijan disebut The Land of Fire, oleh karena itu untuk membuktikan kalau negeri ini memang kaya akan api dan gas, kami pun bergabung dengan excursion tour. Tur ini dibandrol dengan harga USD 31 atau sekitar hampir Rp. 400.000,- per orangnya lengkap dengan pemandu wisata dan luxurious van.

Tur yang saya pilih ini dimulai dari jam 10 pagi sampai sekitar jam 7 malam, dimulai dengan mengujungi volcano muds, Gobustan yang adalah UNESCO Heritage Site, Fire temple Ateshgah , Yanar Dag, dan melewati penambangan oil pertama Azerbaijan saat masih bergabung dengan Uni Soviet.

Gobustan  National Park

Mud Volcano 

Mud Volcano

Mud Volcano


Tur seperti ini banyak dijual di kota tua di Baku, bukan hanya tur seputar Baku, tapi juga excursion sehari menuju Sheki atau Xinaliq, kalau Anda tipe pelancong yang ingin melihat semuanya dalam waktu singkat dan tidak perduli harganya, tur seperti ini tentunya bisa dijadikan pilihan.



🏁 Hal - hal yang patut diketahui sebelum berangkat ke Azerbaijan : 

1. Untuk pengurusan visa electronik Azerbaijan dan bagaimana cara prosesnya

2. Untuk Anda yang telah pernah berada di Nagorno Karabach, dilarang masuk ke Azerbaijan.


3. Jika Anda akan menghabiskan lebih dari 10 hari di Azerbaijan, wajib melakukan registrasi. Registrasi bisa dilakukan online atau bisa minta karyawan hotel tempat Anda menginap untuk meregistrasikan paspor Anda. Jika tidak melakukan registrasi, akan dikenakan denda sebesar €200 atau sekitar Rp. 3.000.000,- dan deportasi.

4. Dilarang melakukan dokumentasi dalam bentuk foto ketika Anda berada di stasiun, terminal bis, bandar udara dan kantor pemerintahan lainnya.

5. Tidak semua orang Azerbaijan senang membicarakan politik negara mereka, terutama kasus antara Azerbaijan dan Armenia.


6 Rekomendasi perusahaan tour agency di Baku : 
TES Baku Travel Agency  https://www.testour.az


Our travel journey in Social Media






You Might Also Like

15 comments

  1. Nggak pernah kepikiran menjadikan Azerbaijan dalam whistlist. Lihat artikel ini jadi tergoda. Lagi baca baca travel overland dari Gorgia atau Armenia.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 3 negara itu lumayan gampang overland nya, armenia jg e-visa lho :)

      Delete
  2. Penginapan yang Karvansaray cantik penampilan luarnya. Nggak ada foto di dalamnya, mbak?
    Btw, ini kedua kalinya baca tulisan 'Azerbaijan'. Literally, nol banget pengetahuan tentang negara ini. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya belum semua ditulis nih mengenai azerbaijan...

      Delete
  3. Armenian Church-nya keren sekali. Mirip kastil di cerita-cerita dongeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl mau lihat armenian church yg plg ok di Armenia, heheh ya iyalah ya hahaha

      Delete
  4. Waaaaaa Azerbaijaaannn! Aku juga pengen bisa eksplor negara-negara anti-mainstream kayak gini, kak. Alamnya emang cakep banget yak, tapi buat pecinta wisata urban kayak aku, walking around Baku tetap menjadi keharusan. Sheki sama Kinaliq cukuplah jadi pelengkap itinerary.

    Itu Sheki cakep bangeeettt. Kayak di lokasi syuting film-film kolosal Eropa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh bebas, itinerary bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing2 pejalan :-)

      Delete
  5. Prnh baca blog traveler gitu, yg dia akhirnya memilih utk dtg ke nagarno karabach, dan hrs ikhlas ga bisa masuk azerbaizan lagi :p. Tp baca ceritanya kyk menarik juga sih mba nagarno itu.. Unik aja.. Hahahaha jd galau kalo hrs milih

    Duta besar indonesia utk azerbaizan ini sbnrnya temen papa.. Kita prnh ditawarin kesana, mumpung mereka msh tugas, tp kok ya planningnya mlah ke tempat2 lain mulu :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. area yang lagi bertikai sebaiknya memang dihindari, kalau pun nekat ya resiko ditanggung sendiri, apalagi disana gak ada kedutaan, susee kl ada apa2 :)

      Delete
  6. Duh aku udah lama banget nggak berkunjung ke blog Febi. Kangen.

    Btw itu Azerbaijan konturnya luar biasa banget. Indah, pas banget buat yang hobby trekking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Lin, ada beberapa bule expat yang tracking pas di pegunungan Xinaliq

      Delete
  7. semua blog travel jalan2 jauh banget, jadi kepengen.
    tp ga pernah sempat.
    btw bagus kak ulasannya.

    ReplyDelete
  8. Pengen banget pergi ke Azerbaijan , terutama xudat tapi gak tau untuk biyaya perjalanan berapa kira-kira Yang harus di siapkan ?

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan