Cantiknya Desa Giethoorn, Mesti Mampir Kalau ke Belanda Ya !

By 2:00 AM , ,




Belanda di mata wisatawan mancanegara memiliki 1001 pesona, bukan saja kota-kotanya yang metropolis dan bangunan kuno yang masih terawat sangat baik tapi juga Belanda memilik banyak desa unik yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah desa Giethoorn yang berlokasi sekitar 2 jam berkendara dari Amsterdam

Keunikkan dari desa Giethoorn adalah desa ini bebas dari asap polusi kendaraan bermotor karena di desa ini memang tidak memiliki akses jalanan untuk kendaraan, yang tersedia hanyalah kapal karena desa ini dikelilingi kanal-kanal dan 176 jembatan yang menjadi jalur pejalan kaki dan sepeda.
Jika pengunjung tiba dengan kendaraan bermotor maka sedianya kendaraan tersebut dapat di parkir di luar area desa untuk selanjutnya dapat menyewa kapal, berjalan kaki atau naik sepeda. Udah bisa dibayangin kan damainya desa ini, beda banget sama hiruk pikuknya Amsterdam. 












Biaya sewa kapal untuk 2 jam adalah 30 Euro atau setara dengan Rp.500.000,- , kapalnya sangat mudah dioperasikan tanpa pemandu kok alias kita bisa nyetir santai sendiri. Kapal-kapal yang disewakan di Giethoorn memiliki mesin yang nyaris tidak bersuara sehingga disebut dengan julukan whisper boats atau kapal yang berbisik. Hal ini untuk menjaga supaya tidak ada polusi suara di area desa Giethoorn yang sampai sekarang masih ditinggali orang lokal, tidak heran jika suara angsa dan burung sangat merdu terdengar dengan jelas, suasana yang sangat cocok untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati arsitektur rumah kayu tradisional khas Belanda di desa yang telah ada sejak tahun 1230 ini.



Kalau masih belum PD untuk sewa dan nyetir kapal sendiri, worry not, karena ada juga tersedia semacam public boat dengan pemandunya, untuk kapal jenis ini biayanya €7 untuk per orang, kalau saat low season sepertinya tiket akan selalu tersedia, sedangkan saat high season dan weekend bisa di reservasi tiketnya secara online, bisa di cek disini ya : http://www.smitgiethoorn.nl/english/ , kebetulan saya awalnya mau pakai yang public boat ini dengan perusahaan tersebut tapi keknya lebih seru kalau bisa explore dan nyetir kapal sendiri.
Untuk yang datang dengan kendaraan, mobil kalian bisa diparkir juga kok di plataran parkir dari restoran Smit ini , plus toiletnya juga banyak dan baru di dalam restoran. Sebelum jalan-jalan dengan kapal atau sesudahnya, bisa juga makan siang di restoran ini.



Di Giethoorn tidak ada hotel berbintang, melainkan beberapa penginapan bed and breakfast yang sederhana namun nyaman, dilengkapi juga dengan restoran, kedai kopi, toko penjual suvenir dan 2 museum yaitu museum Het Olde Maat Uus dimana pengunjung melihat bagaimana rumah pertanian khas di Giethoorn pada seabad yang lalu, dan museum de Oude Aarde yang menampilkan koleksi batu permata dan mineral.


You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan