Alternatif Berlibur di Turki Yang Dekat Dengan Istanbul, Ke Kota Bursa Aja !

By 2:00 AM , , ,


Trip to Bursa, Turkey
Karena secara geografis Turki yang berada di antara Eropa dan Asia, kerap kali menjadi destinasi transit kalau kita traveling, seringnya transit kalau kita ke Jakarta atau mau traveling di Asia Tengah. Bandara Istanbul juga jadi hub paling ramai karena banyak maskapai yang melewati Istanbul. Inilah salah satu alasan beberapa kali kita datang ke Turki, sebelumnya memang pernah traveling lama banget di Turki, sampai ke perbatasan Syria sana, dan traveling-traveling singkat seputaran Turki.

Terakhir kami traveling ke Azerbaijan, lagi-lagi saya mencari tiket pesawat yang transit di Istanbul, transit disini artinya extend beberapa hari supaya kami bisa menjelajahi Turki lainnya yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya.

the view all the way from Istanbul to Bursa

First glance of Bursa

Alternatif berlibur di Turki yang dekat dengan Istanbul, ya ke Bursa Aja

Setelah melihat dan mengecek jarak antar kota di Turki, pilihan kunjungan kali ini adalah mengunjungi kota Bursa. Bursa terletak sekitar 150 kilometer dari Istanbul dan dapat dengan mudah ditempuh dengan bus umum atau kapal feri, jadinya destinasi yang tepat kalau kamu hanya punya waktu singkat di Turki tapi ingin melihat kota lain.

Menit pertama berada di Bursa, saya bisa merasakan kalau kota ini lebih terasa tradisional dan tidak segemerlap Istanbul. Justru seru banget ya karena ambiancenya berbeda.
Bursa adalah kota dengan populasi terbesar keempat di Turki dan sejarah kota ini telah ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi.
Bursa sebelumnya dinamakan Prusa yang berasal dari nama raja Perseus, setelah kekaisaran Ottoman mengambil alih, berubah nama menjadi Bursa dan merupakan ibukota pertama Kesultanan Ottoman.

✅Tour The Mosques

Pernah menyandang predikat sebagai ibukota Turki Usmani, pesona kota Bursa tentunya sangat memikat dengan hadirnya banyak monumen bersejarah. Salah satu monumen yang terpenting dan jadi sightseeing paling ngetop di Bursa adalah Ulu Camii. 
‘Ulu' berarti tinggi / agung, sedangkan 'Camii’ adalah Masjid, maka Ulu Camii berarti Masjid Agung.
Sangat mudah menemukan masjid seluas 2215 meter persegi ini karena tepat berada di jantung kota Bursa, Atatürk Bulevard yang ramai dikunjungi orang lokal karena berdekatan dengan bazaar Koza Han yang menjual ragam sutra.

Masjid Agung Bursa adalah masjid terbesar di Bursa yang sangat kental akan seni arsitektur khas Seljuk, dibangun atas perintah Sultan Yildirim Bayezid antara tahun 1396 sampai 1399. Sang Sultan pernah bernazar jika ia memenangkan perang Nicopolis maka ia akan membangun 20 masjid, setelah kemenangan dicapai, para penasihat Sultan menyarankan untuk membangun masjid dengan 20 kubah dengan ukuran sama besar dan diapit dengan 2 menara. Ari Neccar mendesain dan membangun masjid ini mulai tahun 1396. Selesai sekitar pada tahun 1399.


Green Mosque in Bursa, Turkey


Memasuki ruangan utama Ulu Camii, akan terlihat sebuah kolam dengan air mancur yang berfungsi sebagai tempat berwudhu dan ketika musim panas dijadikan pendingin udara, dalam bahasa lokal disebut 'sadirvan', letaknya tepat setelah melewati pintu utama di bawah kubah kaca yang menjadi sumber cahaya matahari yang menerangi seantero ruang masjid.

Di dalamnya Masjid Agung Bursa memiliki 192 kaligrafi yang dibuat tangan oleh 41 ahli penulis kaligrafi ternama saat itu, ditulis di bagian dinding masjid dan pilar-pilarnya, sedangkan pintu dan mimbar dibuat oleh ahli pemahat dari jenis kayu pilihan.

Tidak jauh dari Ulu Camii, terdapat juga masjid dengan ukuran yang lebih kecil namun tetap mempesona, Karaşeyh Camii. Dibangun sejak abad ke 15 dari salah satu donatur yang tidak diketahui namanya. Pada tahun 1950 sempat digunakan sebagai perpustakaan dan masjid ini selesai direnovasi pada tahun 2000.

✅Belanja Sutra di Koza Han

Jalan-jalan di Turki yang paling terasa adalah selain banyaknya masjid dimana-mana, bazaar atau area perbelanjaannya juga banyak banget, malah jadi atraksi wisata juga. Nah kalau di kota Bursa, wisata belanja paling populer adalah Koza Han
Terletak di antara Masjid Agung dan Masjid Orhan, Koza Han ini dibangun oleh arsitek besar Abdul Ula Bin Pulat Sah sebagai landasan untuk karya-karya bersejarah di Istanbul atas perintah Sultan Ottoman Sultan Bayezid II yang selesai dibangun pada tahun 1491.

Walau telah berusia lebih dari 500 tahun, Koza Han tetap berdiri sempurna dengan desain arsitektur yang menawan, lengkungan pilar dan halaman di lantai dasar yang dihiasi air mancur dan dipenuhi para pengunjung yang duduk-duduk santai menikmati secangkir Çay hangat dan penganan manis khas Turki, Baklava.

Koza Han Bursa Turkey

Koza Han Silk Centre in Bursa Turkey

Shopping Bazaar at Bursa, Turkey


Awal fungsi dari Koza Han adalah sebagai penginapan dengan jumlah 95 kamar dan sekaligus pasar penjualan sutra. Namun sekarang Koza Han dikhususkan untuk menjual produk ragam sutra berkualitas, mulai dari kain sutra untuk kerudung, jilbab, syal dan lainnya. Bukan saja produk sutra dari Turki yang dijual disini tapi juga dari Cina dan Iran.

Koza Han buka pada setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 19:30. Walaupun harga sutra yang dijual di Koza Han cenderung lebih murah dibanding toko lain, tetap siapkan ketrampilan menawar karena seringkali penjual memberi diskon tambahan, selain itu mesti jago juga sih ya melihat kain sutra yang asli yang mana.  


🍖🍗Kuliner di Bursa, Turki

Tiada kesan jalan-jalan ke Turki jika tidak menikmati kuliner asli Turki. Iya, apalagi kalau bukan kebab. Banyak jenis kebab yang bisa Anda temukan di Turki, seperti misalnya jika Anda berada di kota Bursa, Turki, maka yang lazim ditemukan adalah Iskender Kebab.
Nama kebabnya seperti nama orang ya?! Betul sekali, karena penemu kebab ini adalah seorang pria bernama Iskender Efendi, seorang tukang daging yang pada tahun 1867 menemukan cara membuat kebab dengan versi lain.

Iskendar memilih daging domba yang di pelihara di uludag, sebuah kawasan dataran tinggi yang menghampar di sebelah selatan Bursa, lalu daging pilihan tersebut dipanggang di atas di atas pemanggang vertikal dan setelah matang, daging tersebut diiris tipis untuk siap disajikan.
Pada saat disajikan daging kebab diberi saus tomat, mentega cair, dan yoghurt.

Karena resep temuannya tersebut, nama iskander pun jadi terkenal kota Bursa bahkan seantero dunia. Bermunculan lah restoran-restoran sejenis yang menyajikan menu serupa.

Dimanapun di kota Bursa kita dapat menemukan restoran yang menyajikan iskender kebab seperti aslinya, bahkan kita bisa menengok cara pembuatannya karena biasanya dapur di restoran Turki adalah dapur jenis terbuka dimana pengunjung bisa melihat aksi koki di dapur.

Selain Iskender kebab, kuliner yang khas di Bursa justru adalah sarapan paginya. Bukan orang Inggris saja yang tahu istilah English breakfast, orang Turki juga lho, merekapun bangga dengan sajian menu sarapan yang biasa mereka nikmati tiap hari.
Orang Turki memberi sebutan sarapan dengan istilah “'Kahvalti”, yang berarti '”sebelum kopi“ , jadi pada saat makan pagi mereka lebih memilih segelas teh Turki dibandingkan kopi sebagai teman makan.

Banyak kedai kopi dan hotel di kota Bursa yang menawarkan sarapan pagi seperti ini, tradisi sarapan sehat memang telah ada sejak turun temurun, orang Turki cenderung memilih menyantap sarapan bersama keluarga karena disaat itulah mereka saling berbincang sebelum memulai hari.

Yang menyenangkan dengan sajian sarapan di Turki adalah ragam makanan yang disajikan beragam dalam porsi sedang, produk yang dipilihpun segar.
Adapun sajiannya berupa potongan tomat, ketimun, buah zaitun, keju putih, paprika, gulungan daun anggur, roti yang fresh, telur goreng, dan untuk rasa yang manis biasanya hadir melalui madu, selai buah dan buah kering.
Dan jangan lupa, roti adalah menu wajib di setiap makanan orang Turki.

Tampilan makanan pagi yang cantik, dan pastinya bergizi karena di setiap produk mengandung nutrisi dan asupan serat yang diperlukan tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak.


You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan