Bodrum, Pesona Pinggir Laut Turki Favorit Wisatawan

By 2:00 AM , , , , ,



Cuaca yang menyenangkan, kuliner yang khas, laut berwarna biru dan peninggalan sejarah yang terjaga baik adalah sedikitnya deretan alasan yang membuat kota tepi pantai Bodrum di Turki ini menghipnotis banyak wisatawan yang datang berlibur.

Berdasarkan sejarah Bodrum yang awalnya memiliki nama kuno Halikarnassus ini didirikan oleh bangsa Dorian pada 484 SM, regio ini sempat berada dibawah pemerintahan bangsa Persia, Roman, Byzantium dan Ottoman dimana Halikarnassus pun berubah nama menjadi "Bodrum" seperti yang kita kenal sekarang.


Bodrum sendiri mulai ngetop di kalangan turis Eropa sejak tahun 1960, kala itu Bodrum hanyalah desa nelayan, satu persatu wisatawan datang karena buku berjudul 'The Fisherman of Hallikarnassus' yang ditulis oleh penulis dan sejarawan asal Turki bernama Cevat Sekir, yang dengan piawainya memainkan kata menceritakan indahnya kota Bodrum, buku ini menjadi tolak ukur lahirnya pariwisata di kota Bodrum.






Karena kayanya sejarah, di Bodrum kita dapat melihat banyak atraksi wisata yang memperkuat bukti tersebut, diantaranya adalah :

1. Bodrum Kalesi atau Kastil St.Peter yang telah ada sejak tahun 1402, kastil ini menjadi ikon Bodrum yang paling terkenal, dan bisa dilihat dari berbagai arah di Bodrum. Benteng ini saat ini berfungsi sebagai Museum Arkeologi Bawah Air.



2. Selain Bodrum Kalesi, salah satu bukti bahwa Bodrum pernah berjaya pada jaman Romawi Kuno adalah dengan adanya amphitheatre kuno yang diberi nama The Bodrum Amphitheatre, dan merupakan salah satu peninggalan Halikarnassus kuno yang masih terawat dengan baik. Dibangun sekitar 4 SM di bawah kekuasaan Raja Mausolus, dan pada kekuasaan Romawi Kuno, amphitheatre ini diperbesar dan diperkaya.



3. Menikmati kota Bodrum dari ketinggian dapat dinikmati dari atas area Gumbet Windmills, kincir angin kuno yang terbuat dari batu putih dan dilapisi dengan papan kayu. Karena letaknya yang dapat menangkap angin dengan baik, kincir angin ini digunakan sejak abad ke 18 sampai tahun 70an oleh orang lokal untuk menggiling tepung.


Karena letaknya yang berada di pinggir laut, jangan lupa ya untuk menikmati hidangan khas laut yang banyak dijual di Bodrum, pastinya ikan dan sea food lainnya yang fresh hasil pancingan hari itu.



4. Mausoleum of Halicarnassus 
Termasuk dalam daftar " 7 World Wonders of The Ancient World " bersamaan dengan piramid Giza, inilah Mausoleum of Halicarnassus yang terletak di kota Bodrum, Turki.


Mausoleum atau Mausolus adalah seorang penguasa di kota kuno Halicarnassus, dimana kota tersebut kita kenal sekarang sebagai kota Bodrum di Turki.
Makam ini selesai dibangun tahun 351 SM atas perintah istri Mausolus, Artemisia, yang sangat kehilangan dirinya, sehingga Artemisia ingin membuat tempat peristirahatan terakhir yang layak untuk Raja Agung Mausolus, dengan cara ini ia mengabadikan cinta mereka.
Artemisia pun mengundang arsitek dari Yunani, Satyro dan Pytheos, juga para pemahat paling hebat pada jamannya untuk membuat makam tersebut.

Bangunan makam ini konon sangat megah, memiliki tinggi 135 kaki terletak di atas bukit, dengan gaya bangunan dari 3 budaya yang berbeda yaitu Yunani, Lycian dan Mesir kuno. Namun, bukan saja Mausolus yang dimakamkan disini, Artemisia yang sangat menderita kesedihan akhirnya meninggal 2 tahun sejak sang raja meninggal, sehingga Artemis pun dimakamkan di tempat yang sama. Dua patung dengan wajah Mausolus dan Artemisia dibuat dan diletakkan di atas makam.

Pada awal abad ke 15, gempa bumi yang dahsyat meluluhlantahkan kompleks makam ini, bahkan sempat hilang di bawah timbunan tanah, dan baru ditemukan kembali pada abad ke 19 oleh arkeolog dan peneliti asal Inggris, Charles Thomas Newton yang bekerjasama dengan British Museum.
Penelitian tersebut membawa kembali mausoleum ke atas permukan bersamaan dengan relief-relief pahatan di dinding yang kemudian disimpan sebagian di British Museum dan juga Museum Mauseleum. Di museum Mauseleum juga kita dapat melihat replika seperti apa tampilan makam megah di kala itu.

Karena struktur bangunannya, makam ini menjadi inspirasi bagi arsitektur bangunan di jaman-jaman sesudahnya, dan kata "Mausoleum" pun sampai sekarang digunakan sebagai arti kata kompleks makam yang mewah dan megah yang dibuat oleh manusia.
Salah satu mausoleum yang sangat terkenal di dunia adalah Taj Mahal di India yang merupakan makam dari Mumtaz Mahal, istri kesayangan Shah Jahan.

note :
* Harga tiket masuk museum dan kompleks Mauseleum adalah 10 Turkish Lira atau sekitar Rp. 35.458,-

** Bodrum terletak sekitar 700 kilometer dari Istanbul, untuk menghemat waktu tersedia penerbangan domestik dari Istanbul ke bandara Bodrum, harga tiket sektiar, 80 Lira atau sekitar Rp.280.000,- dengan durasi penerbangan kurang dari 1 jam.

Lets get social !!


You Might Also Like

1 comments

  1. Bikin ngiri mba he he jalan jalanya jauh sampai Turki, overall pemandangan di Bodrum indah tertutama pantainya sekali

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan