Itinerary Perjalanan ke Iceland + Travel Tips

By 2:00 AM , , , , , , ,



Itinerary Perjalanan ke Iceland ini semoga bisa membantu kamu memberikan ide sebelum keberangkatan. Ada dua pilihan sarana untuk bisa traveling di Iceland, yaitu dengan menyewa kendaraan sendiri atau ikutan tour selama disana. 

Menyewa kendaraan bisa dilakukan secara online, the earlier the better supaya mendapatkan harga sewa yang baik. Perhatikan untuk membaca peraturan berkendara selama disana dan pastikan kamu sudah mengantongi SIM Internasional dan kartu kredit ya. Tanpa kedua kartu ini maka kamu tidak akan mendapatkan sewaan kendaraan selama disana. 
Nama yang menyewa dan kartu kredit yang akan dijadikan garansi dan pembayaran sedianya sama dengan nama yang akan menyetir nanti ya. 
Biasanya banyak yang mengambil kendaraan sewa tersebut dari konter yang tersedia saat keluar dari terminal kedatangan di bandara. Saat melakukan reservasi, ambil semua asuransi yang tersedia, lebih baik jaga-jaga daripada say sorry kan.


Kondisi jalanan di Iceland 
Kondisi Jalanan di Iceland

Sedangkan untuk kamu yang gak bisa nyetir atau tidak memenuhi syarat untuk menyewa kendaraaan, worry not, karena di postingan ini saya akan tetap menuliskan sightseeing spots yang ngetop di Iceland yang bisa ditempuh setiap hari dari Reykjavik dengan bus turis.



Rekomendasi saya adalah menggunakan Grayline Iceland, perusahaan ini salah satu perusahaan excursion terbesar di Iceland, dimana-mana kita bisa lihat armada nya dan banyak sekali paket yang mereka tawarkan. Untuk harga, saya yakin tour ini yang paling murah, maklum saja bus yang mereka gunakan besar dan muat banyak orang, jadi otomatis semacam low budget ya. 
Selama pakai tur ini sih saya ga berasa kayak turis grupnya orang Cina kok, jika itu yang kamu kuatirkan, mungkin karena turis yang pergi ke Iceland juga bukan kek turis kebanyakan mungkin kali ya, entahlah. 

Apakah nanti kamu akan menyewa kendaraan sendiri atau ikutan excursion dari Reykjavik, tips nih ya dari saya, ada baiknya jika kamu menghabiskan waktu awal sehari dua hari di Reykjavik dulu, ini untuk siap siaga akan segala kemungkinan. Sewaktu saya tiba di Reykjavik, maskapai yang saya tumpangi dari Amsterdam tidak bisa membuka pintu bagasi mereka, ini mengakibatkan tidak ada  satu orang penumpang pun yang bisa mendapatkan koper-koper mereka. Masalah ini sepertinya jamak terjadi jika pintu pesawat kena es yang membeku, wong di mobil juga bisa begitu. Itulah sebabnya saran saya untuk istirahat dulu di Reykjavik sambil observasi dan jalan-jalan di ibukota just in case shit happens. 

Demikian juga untuk hari-hari terakhir di Iceland, untuk kamu yang memilih menyetir kendaraan sendiri, perhatikan hari kapan kamu akan meninggalkan Iceland ke destinasi selanjutnya, usahakan 2 hari sebelum itu telah berada di area Reykjavik, ini lagi – lagi untuk siap siaga masalah cuaca. Sepertinya contoh awal tahun ini, saat musim dingin yang lalu Iceland beberapa kali terkena badai salju dan jalanan harus dikosongkan atau dilarang untuk menyetir di jalanan, artinya banyak kendaraan yang stranded di kota lain padahal mungkin saja mereka harus tiba di bandara untuk penerbangan selanjutnya. So sekali lagi, just in case ! 


Day 1
Arrive in Reykjavik 
Optional : Dari bandara ada tour yang bisa langsung membawa kamu ke Blue Lagoon ( jika kamu tertarik berenang disini ), lalu setelah selesai akan mengantarkan kamu ke pusat kota Reykjavik. 


Day 2
Explore Reykjavik 
Banyak hal yang bisa dilihat di Reykjavik, diantara ibukota di Nordic, sepertinya favorit saya selain Stockhom ya Reykjavik ini. Walaupun saat itu saya berada disana saat sedang dingin-dinginnya, kota ini memberikan ambiance yang hangat. 

Bisa dimulai dengan gedung Harpa, marina lalu menuju Viking Boat dengan background gunung bersalju. 
Setelah itu lanjutkan menuju gereja Hallgrímskirkja yang ikonik itu. Di kota tua Reykjavik bisa kamu temukan grafiti seru-seru, kalau kamu tertarik dengan wall art, jangan lewatkan ya!

Harpa - Viking Boat - Hallgrímskirkja

Hallgrímskirkja


Day 3
Exploring Iceland South Coast 
Eyjafjallajökull
Skógafoss 
Seljalandsfoss 
Reynisfjara volcanic beach

Inget gak gunung yang sempat bikin chaos penerbangan seluruh dunia karena abu volkaniknya? nah ini dia : Eyjafjallajökull

Eyjafjallajökull , juga muncul di film Mitty, inget gak scene ya mana? Yup betul, yang pas naik skateboard :-)

Skógafoss , ini salah satu air terjun favorit saya di Iceland, karena kita bisa sedekat ini, konon di balik derasnya air itu ada harta karun para Viking

Vik Village - Black Sand Beach

Reynisdrangar, legend tells of a husband whose wife was kidnapped and killed by two trolls

Seljalandsfoss 

Day 4
Exploring Golden Circle
Golden Circle adalah rute klasik tur di Iceland, istilahnya ya kalau kamu gak punya waktu untuk keliling seluruh Iceland, paling gak kamu wajib ke golden circle ini.

Golden circle ini meliputi : 
Skálholt Cathedral
Geysir Geothermal
Thingvellir / Þingvellir 
Gullfoss Waterfalls

Skálholt Cathedral

Geysir

 Thingvellir / Þingvellir : jika berjalan disini maka kamu sedang ada di 2 benua di waktu bersamaan

view point to see Gullfoss Waterfalls, saking besar dan dahsatnya air terjun ini, cara terbaik untuk menikmatinya melalui jembatan seperti ini

Gullfoss Waterfalls, picture cant do justice

Gullfoss Waterfalls


Day 5
Whale watching or Game of Thrones Tour 
Jika kamu fans garis keras Games of Thrones, sudah pasti deh kamu harus ikutan Games of Thrones ini, atau optional jika kamu bukan fans GoT ( though you will love the scenery all the way ), kamu bisa ikutan tur lain yang tersedia seperti whale watching, ATV, glacier walks, dll.

Day 6 
Off from Iceland


Jika kamu pergi ke Iceland saat winter, maka usahakan untuk sejak dari hari pertama mendaftarkan diri untuk ikutan melihat Aurora Borealis ya, sehingga selalu ada kans untuk bisa melihat Aurora. 
Entahlah dengan tour group company yang lain, tapi waktu itu saya join di grupnya Grayline Iceland dan ada condition yang menyebutkan jika di malam pertama Aurora tidak muncul maka kamu bisa booking lagi di malam selanjutnya sampai Aurora itu hadir, dan ini semua gratis, lumayan kan ya :-)

Jangan takut bentrok dengan program lainnya yang telah kamu pesan, karena tur melihat Aurora Borealis ini diadakan malam hari sekitar jam 21:00, sedangkan program harian dimulai dari jam 08:00 sampai dengan 19:00. 


Apakah Blue Lagoon wajib dimasukkan ke dalam itinerary? 

Ini tergantung sih ya, ada yang bilang wajib, ada juga yang bilang gak wajib. Kalau saya yang ditanya sepertinya saya akan bilang 'gak wajib', tapi ini karena saya tinggal di Eropa juga, negara yang gak begitu jauh dari Iceland dan istilahnya at anytime saya bisa kembali lagi ke Iceland.
Sedangkan untuk kamu yang tinggal di Indonesia dan rasanya 'kapan lagi ya ke Iceland?' , ya sudah pasti harus deh mengunjungi Blue Lagoon.
Lakukan reservasi Blue Lagoon jauh-jauh hari ya karena ada kuotanya di jam yang tersedia. Untuk details pemesanan tiket dan harga, bisa langsung cek disini aja ya.

Blue Lagoon yang adalah laguna besar berisi air panas yang berasal dari sumber panas bumi ini sebenarnya bukan pertama yang pernah saya nikmati, saya pernah juga merasakan nikmatnya berenang di air panas saat berada di Costarica, Amerika Latin beberapa tahun yang lalu, jadi untuk saat ini Blue Lagoon saya ganti dengan agenda yang lain saat di Iceland. 
Walaupun demikian, ( yes, saya berencana kembali lagi ke Iceland one day ) saat saya kembali ke Iceland lagi, ada beberapa pemandian air panas yang sudah saya incar, letaknya pas di bawah kaki gunung dan harus tracking beberapa kilometer sebelum tiba disini. Jadi pastinya gak serame dan seturistik di Blue Lagoon...hahahah maaf ya I cant tell u the name ;-)



 Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan AirBnB, bisa lho dapat diskon sampai  €30 atau sekitar Rp. 520.000,- untuk memesan AirBnB, caranya langsung tinggal klik link ini aja dan activate your first booking : www.airbnb.com/c/fjozephine







Lets get social !!


You Might Also Like

1 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan