Proses Pengajuan Transit Visa United Arab Emirates Melalui Emirates Airlines

By 2:00 AM , , , , , ,


Maskapai penerbangan Emirates dan Etihad biasanya menjadi pilihan penerbangan untuk kamu yang mau traveling dari Indonesia, karena rute ke Eropa dan Amerikanya yang lumayan banyak dan rutin. 
Sering kali kita dihadapkan dengan jam transit yang lama sekali di Dubai atau Abu Dhabi, atau malah sengaja milih jam transit lama? Apapun itu, pilihan untuk transit lama dan digunakan untuk sightseeing di kota Dubai atau Abu Dhabi bisa dijadikan pilihan lho.



➜Bagaimana dengan visa Emiratesnya? 
Kalau kalian naik maskapai Emirates dan Etihad, kedua maskapai ini akan menjadi sponsor untuk kamu bisa apply visa UAE nya, saya sudah pernah cobain naik Etihad dan mencari jam transit lama di Abu Dhabi supaya bisa keliling Dubai. 


Nah musim panas ini saya gantian pengen tahu gimana sih naik Emirates ke Jakarta, waktu itu rute saya Brussels - Jakarta return. Saya mengambil jam transit lama saat kembalinya, yaitu dari Jakarta ke Dubai, sekitar 15 jam lebih. Saya beli tiketnya online langsung di website Emirates karena saya akan mengurus visa UAE menggunakan fasilitas dari maskapai Emirates. 


➜Caranya mudah banget kok, setelah memiliki kode booking dan ketika waktu keberangkatan telah memasuki 1 bulan sebelum tanggalnya, maka di manage my booking di website Emirates akan muncul tampilan 'apply my visa'. 
Ingat ya, feature ini hanya muncul di halaman "manage my booking" ketika keberangkatan adalah sebulan sebelum keberangkatan. 
Awalnya saya sempat mencari-cari juga dimana sih feature ngurus visa Emirates ini, kok ga ada, setelah tanya ke CS Emirates melalui twitter, baru deh terinformasi kalau feature nya baru nongol sebulan sebelum tanggal keberangkatan. 





➜Siapkan dokumen pendukung
Setelah tampilan di atas muncul dan keluar semua data-data penerbangan kamu, lalu klik di manage booking dimana ada feature untuk apply visa UAE. Sebelumnya siapkan soft copy halaman paspor kamu, ID Card, pas foto dan dokumen yang mendukung. Dokumen yang dimaksud adalah rekening koran dan surat keterangan bekerja. Pokoknya apapun dokumen yang mendukung dan membuktikan kalau kamu punya dana untuk jalan-jalan ke Dubai nanti walaupun hanya transit. 

Semua data dalam soft copy ini diperlukan saat proses, jadi siapkan terlebih dulu supaya ga nyari-nyari lagi. 

Selain itu siapkan juga kartu kredit ya, karena pembayaran visa ini hanya melalui kartu kredit. 
Kalau tidak punya kartu kredit sendiri, bisa pinjam dengan keluarga atau teman, gak masalah kalau namanya beda dengan yang mau apply visa, karena hanya untuk pembayaran aja. 

➜Biaya visa transit kurang dari 96 jam adalah AED 200 atau sekitar Rp. 800.000,-





Setelah sukses mengisi formulir dan data pendukung, kemudian yang muncul adalah halaman pembayaran, dan jika sukses juga berarti itu tahap terakhir prosesnya. 
Konfirmasi pembayarannya akan muncul berikut nomor booking referencenya, bisa langsung di capture/screen shot saja halaman itu, just in case konfirmasinya tidak muncul di email. 

Selanjutnya kita menunggu proses pengajuan visa tersebut, disetujui atau tidak akan diinformasikan melalui email. Katanya sih menunggu 3 - 5 hari kerja, kebetulan untuk kasus saya, kurang dari 12 jam sudah ada email persetujuannya. 

Di dalam email tersebut ada lampiran visa yang bisa kita cetak. Tampilan visa UAE nya seperti ini.

Pada saat check in mau berangkat, sampaikan ke petugas check in ya kalau kamu mau transit dan keluar dari bandara, jadi dia terinformasi, staffnya biasanya hanya minta diperlihatkan visanya itu.

Ketika tiba di bandara Dubai dan di depan imigrasi UAE, berikan paspor, boarding pass untuk keberangkatan berikutnya ( jika transit ), dan visa yang telah kamu print. Tapi sepertinya visa tersebut sudah terdaftar di monitor keimigrasian, visa tidak di print juga gak papa sih, saya sih tetap siapin just in case siapa tahu ada gangguan di program mereka atau mati lampu, u never know ! ;-)



Lets get social !!




You Might Also Like

1 comments

  1. one of the best luxuries place i have ever found, and i would go there if ever get a chance. Thanks for sharing good post.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan