Our Babymoon Trip to Malta, Seberapa Penting Sih Babymoon Trip Itu ?

By 12:11 PM , , ,



Seberapa penting wanita yang sedang hamil melakukan babymoon bersama pasangannya? Tapi sebelumnya apa sih babymoon itu? Istilah babymoon sebenarnya masih dibilang trend baru, diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, penulis buku-buku tentang kehamilan dan childbirth. Ia menyebutkan babymoon adalah perjalanan romantis bersama pasangan sebelum si kecil lahir, ya kurang lebih babymoon itu seperti honeymoon chapter 2 kali ya. 

Tahun ini kebetulan kami dianugerahi suatu momen paling berharga dan telah lama kami nanti-nantikan, yaitu kehamilan saya dan kelahiran si kecil di bulan Juni yang lalu. 
Artikel pertama mengenai kehamilan adalah tentang babymoon trip yang kami lakukan saat saya mengandung 5 bulan.


Kapan sebaiknya melakukan babymoon? 

Sebenarnya mengenai kapan melakukan babymoon itu tergantung masing-masing individu ibu hamil tersebut, karena kondisi masing-masing tentunya berbeda. 
Percayalah instinct diri sendiri kapan kamu mau melakukan trip tersebut atau tanya ke diri sendiri seberapa penting trip ini untuk saya. 

Saya pribadi, memasuki triwulan kedua atau 2nd trimester, saya merasa diri saya lebih kuat, mual yang biasa hadir tiap sore ( saya tidak mengalami morning sickness tapi afternoon sickness ) perlahan menghilang, dan rasanya badan segar sekali. 
Di periode inilah saya memutuskan untuk jalan-jalan sekejab, tepatnya di bulan Februari, ketika kehamilan saya memasuki bulan kelima, sekaligus valentine and my birthday trip, semua dirapel pada satu trip yang berbarengan.



Pilihlah destinasi yang tepat untuk babymoon!

Babymoon trip kali ini saya memilih mengunjungi negara Malta. Pada bulan Februari negara ini banyak dicurahi sinar matahari dan cenderung hangat, nah ini salah satu unsur penting banget yang saya cari karena tubuh saya memerlukan banyak vitamin D yang tidak banyak saya dapat di Belgia saat musim dingin. 
Selain itu saya sendiri telah mengujungi Malta beberapa tahun sebelumnya, dan pertama kalinya untuk suami saya. Mengunjungi kembali Malta artinya saya tidak perlu greedy untuk explore the country, dan lebih santai revisit beberapa sightseeing spot yang berkesan. 

Tidak serakah saat traveling itu memang agak sulit ya, karena terbiasa dengan frekuensi traveling yang cukup intens, biasanya jam 9 pagi sudah berada di breakfast table, sekarang jam 9 masih leha-leha di bawah selimut dan baru keluar hotel hampir jam makan siang, setelah itu masih mencari restoran dulu untuk brunch, lalu kemudian mulai beraktifitas. Tapi ya anggap saja ini semacam pelatihan karena saat jalan-jalan dengan bayi atau balita pastinya gaya traveling seperti ini akan menjadi rutinitas sehari-hari. 



Destinasi babymoon juga sebaiknya diperhatikan, misalnya apakah destinasi tersebut aman dari penyakit zika, penyakit yang menyerang bayi di dalam kandungan. Negara yang rentan akan virus zika seperti di Karibia dan sepatutnya dihindari. 

Mendapat ijin dari dokter

Pada saat kamu merencanakan babymoon, ada baiknya untuk mengecek kondisi terakhir kehamilan. Jika diperlukan maka dokter juga bisa membuatkan ijin secara tertulis just in case maskapai penerbangan membutuhkan. Tapi biasanya sih kalau kandungan masih di triwulan kedua tidak diperlukan surat ijin tersebut, namun pengecekkan kehamilan itu akan membuat kita pede dan mantap untuk melakukan trip tersebut. 

Jangan lupa membawa vitamin yang biasa dikonsumsi dan juga perhatikan juga asupan makanan, pastikan restoran yang didatangi memiliki review yang bagus dan dapat dipercaya, gak lucu kan kalau tiba-tiba keracunan makanan karena menyantap sea food yang tidak segar. 



But above all, percayalah dengan instinct diri sendiri, dan alert dengan segala kemungkinan, jika badan berkata lelah, maka istirahatlah dan jangan memaksakan diri.
Sekarang setelah melahirkan atau postnatal minggu ke 13, rasanya saya bersyukur sekali memutuskan untuk melakukan babymoon trip yang lalu, pikiran seperti di recharge dan siap untuk milestone berikutnya yaitu begadang jagain bayi hihihi
Walaupun baru usia 13 minggu, kita juga sudah jalan-jalan dengan bayi ke negara terdekat yang kebetulan berbatasan langsung dengan Belgia, negara pertama kita melancong ke kota terdekat di Prancis, lalu ke Belanda dan Jerman. 




You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan