Budaya Ngopi dan Kedai Kopi di Ukraina

By 2:00 AM , , ,



Karena ada dua teman terpisah yang baru pulang dari Ukraina, saya jadi tergelitik untuk cerita lagi mengenai negara ini. Berangkat ke Ukraina waktu itu tanpa berharap banyak, justru kalau bisa dibilang malah under estimate lah, kami kesana hanya karena ya Ukraina belum pernah kami kunjungi. Awalnya malah mau digabung sama Moldova dan Belarus, ternyata setelah dipelajari lagi, waktu dua minggu yang kami punya sayang sekali kalau harus lompat-lompat ke negara tetangga lain seperti bajing. Karena Ukraina yang besar ini, jadilah kami menjelajahi setiap sisinya sampai puas karena bukan hanya ibukota saja  yang kami kunjungi. 



Bicara mengenai Ukraina, satu hal selain kulinernya yang sangat luar biasa nikmat dengan harga yang sangat ramah di kantong, tradisi minum kopinya juga ternyata menjadi gaya hidup mereka sehari-hari. Disana bisa dengan mudah kita menemukan kedai kopi mulai dari yang dijual di dalam ruangan, sampai di gerobak yang dijual di pinggir jalan, bahkan uniknya mobil pun bisa berubah fungsi menjadi tempat berjual kopi. Jadi kebayang kan enaknya nungguin Uber di Ukraina, sambil nunggu mobil dateng, bisa ngopi dulu di dalam halte bus. 


Di Lviv yang adalah kota kopi Ukraina, tercatat ada 600 kafe yang tersebar di kota ini lho, wah banyak banget ya, fakta ini membuat kota Lviv sebagai kota yang memiliki jumlah kedai kopi terbanyak di dunia untuk hitungan per kapitanya. 
Budaya minum kopi memang tidak mengenal waktu di Ukraina, setiap saat para penjual kopi ini selalu diramaikan oleh pembeli yang mengantri.




Ukraina telah lama berada di bisnis pembuatan kopi, tercatat pada tahun 1683 seorang Ukraina bernama Jerzy Franciszek Kulczycki membuka usaha kedai kopi pertama di Vienna, Austria dan bahkan menyajikan kopi dengan susu untuk pertama kalinya disana. 

Saking ngetopnya budaya ngopi di Ukraina, berbagai aksesoris pendukung ngopi-ngopi pun dijual sebagai suvenir para turis yang berkunjung di Ukraina, mulai dari ragam cangkir kopi yang menarik, termos kopi dan alat sangrainya. Bagaimana, tertarik ngopi-ngopi cantik di Ukraina ? 

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan