Cumalikizik, Desa Tua Turki Dari Zaman Ottoman, Wajib Kunjung Nih!

By 2:00 AM , ,


Kalau ada negara yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi karena kaya akan budaya, sejarah, kuliner dan biaya hidup yang bisa dibilang murah, maka Turki jawabannya, apalagi untuk pemegang paspor Indonesia juga dimudahkan dengan menggunakan e-visa saja. 


Istanbul biasanya menjadi magnet tujuan perdana para pelancong karena bandara Internasional yang menjadi hub negara Eropa, Asia dan Afrika, sehingga banyak maskapai penerbangan dengan tujuan Istanbul. Ngomong-ngomong Istanbul baru punya bandara baru lho, saya masih penasaran nih dengan bandara baru ini yang katanya luas dan modern sekali. 
Jika kamu berada di Istanbul dan ingin menjelajahi kota-kota sekitarnya yang masih bisa terbilang tidak terlalu jauh, saya bisa sarankan untuk mengunjungi Bursa yang pernah menyandang status sebagai ibukotanya kekuasaan Ottoman. 


Sedangkan jika kamu penasaran banget seperti apa kehidupan bangsa Turki saat pemerintahan Ottoman, nah wajib deh datang ke kampung Cumalikizik. Saya sebut kampung karena memang masih seperti itu bentuk dan wujudnya sama seperti dulu kala. Desain rumah-rumahnya, jalanan yang masih berbatu dan bentuk balkoni sampai pintu dan jendelanya masih sama seperti dulu. 
Cumalikizik memang seperti kampung contoh sehingga turis dan penduduk Turki ( khususnya generasi mudanya ) bisa melihat dan membayangkan bagaimana kehidupan Ottoman itu. 
Rumah-rumah berbahan dasar batu dan dicat warna warni itu sekarang banyak yang telah berubah fungsi sebagai restoran, hotel atau kedai kopi, semata untuk menyambut turis yang memang banyak mengunjungi desa ini. 













Saya datang di bulan November dimana banyak buah yang sedang ranum, hasil petik dari perkarangan rumah penduduk yang kemudian oleh pemiliknya di jual di gerai-gerai di pinggir jalan. Buah persimon dan delima yang manis saya beli untuk dimakan selama mengitari desa ini. Walaupun sudah kenyang dengan buah, tidak afdol kalau belum menikmati brunch khas Cumalikizik di kedai kopi setempat. 

Cara tempuh ke Cumalikizik lumayan mudah jika kamu menginap di Bursa, bisa gunakan taksi saja dari Bursa, tidak terlalu mahal kok. 

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan