VLOG : Rooftop Urban Garden | Bertani di Atap Rumah

By 12:22 PM


Banyak cara dalam memanfaatkan lahan untuk bertani dan menghasilkan bahan makanan, didukung dengan teknologi yang makin canggih tentunya konsep bertani bisa dilakukan dimanapun. Salah satunya adalah bertani di atas bangunan tinggi atau di atas atap.

Seperti halnya yang dilakukan di kota Antwerp, Belgia, area bekas gudang seluas 7000 meter persegi yang terbengkalai disulap menjadi ruang kompleks hijau, di lantai dasar digunakan untuk restoran dan gym, dan di atas bangunan dijadikan lahan pertanian. 




Sistem pengelolaan mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pemasaran hingga mengolah limbah menjadi kompos juga dilaksanakan. Jaringan saluran air yang ada di bangunan melalui air hujan atau air limbah, jika diolah dan disterilkan maka akan memasok air yang bebas bakteri, tidak ada pemborosan air atau sampah organik sisa tanaman yang terbuang, karena semua akan kembali bersirkulasi dalam sistem. 

Dari kebun hasil bertani di atas atap tersebut menghasilkan sayuran dan buah-buahan organik, telur ayam, madu dari lebah yang dijual di area setempat setiap akhir pekan dan sebagai pemasok bahan masak di beberapa restoran yang ada di bawahnya. Beberapa jenis sayuran yang ditanam di kebun ini lain antara lain adalah jagung, wortel, daun bawang, paksoy, basilicum dan masih banyak lagi.

Area pertanian di atas bangunan ini disewakan juga untuk penduduk lokal yang ingin bercocok tanam namun memilki kendala tidak memiliki lahan.

Selain menciptakan dan mendukung produksi bahan pangan perkotaan, kegunaan lain dari bertani di atas bangunan tinggi seperti ini adalah meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi CO2, mengurangi kebisingan dan sejuta keuntungan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan