Hoi An - Kota Favorit Kami di Vietnam

By 10:19 PM ,


Berhiaskan sejuta lampion, juntaian bunga bougenville bergradasi warna merah yang sedang mekar-mekarnya dan bangunan berasitektur perpaduan antara budaya Tiongkok dan kolonial Prancis, Hoi An adalah kota tua di Vietnam yang sigap mencuri hati setiap pelancong yang berkunjung.

Berada di kota kuno penuh sejarah ini, waktu seakan berjalan lambat dan santai, slow living kalau kata orang. Terletak di provinsi Quang Nam, Vietnam bagian tengah, Hoi An dianugerahi Situs Warisan Dunia oleh Unesco dan pernah menyandang sebagai kota terbaik dan teraman di dunia tahun 2019 versi Travel + Leisure, tentunya bukan hal yang berlebihan karena Hoi An memiliki banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah jembatan tertutup Jepang ( Japanese Covered Bridge ) atau Cau Pagoda yang telah berdiri sejak abad ke 16. Jembatan ini sebagai simbol harmonisasi budaya antara Vietnam, Jepang dan Cina.



Hal yang paling dominan lainnya yang juga tidak kalah indahnya adalah adanya jutaan lampion yang terbuat dari kain sutra Vietnam beraneka warna dan model yang dibiarkan bergelantungan di atas pohon, di depan rumah, dan di sepanjang jalan utama, bukan hanya saat menjelang Imlek melainkan setiap hari sepanjang tahun. 

Lampion memiliki makna yang sangat kuat bagi kehidupan orang Hoi An, bukan saja fungsinya yang dapat menerangi, tapi juga sebagai simbol pengharapan, rejeki dan kebahagiaan. Lampion juga dijadikan suvernir utama yang bisa dibeli di gerai-gerai suvenir untuk dibawa pulang ketika kamu traveling ke Hoi An.








Berjalan menyusuri Hoi An akan lebih menyenangkan dengan berjalan kaki atau naik sepeda karena kendaraan roda empat tidak diijinkan berada di kota tua, dan jangan lewatkan untuk menyusuri kota tua Hoi An saat malam hari dan rasakan magisnya ketika semua lampion dinyalakan dan sungai dipenuhi lilin yang diletakkan disana bersamaan dengan harapan dan doa yang dipanjatkan.

You Might Also Like

1 comments

  1. duh ini salah satu kota di wish list ku mbak Feb. Semoga dengan semakin berkurangnya kasus covid semakin mudah buat jalan-jalan ke luar negeri lagi yaaa, aamiin!!

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan