Pengalaman Memasukkan Balita ke Preschool Sejak Dini, Banyak Manfaatnya!

By 8:00 AM

Beberapa hari lalu saya membaca instastories seorang ( kayaknya ) influencer yang tinggal di Bali dan ia menanyakan jika punya balita usia 2,5 tahun apakah sudah bisa dimasukkan ke preschool atau tunggu dulu sampai siap. 

Tadinya saya mau ikutan jawab tapi kayaknya percuma karena saya dan sistem pendidikan yang anak saya jalani sekarang juga bukan di Indonesia, tapi sengaja saya jadikan content di blog saja sekalian mengingat lagi tentang sistem pendidikan di Belgia untuk balita itu kayak gimana. 

Pada dasarnya sekolah diwajibkan untuk usia anak mulai dari 5 tahun. Wajib disini adalah setiap hari masuk, dan tidak bisa seenaknya ijin untuk jalan-jalan, saat sakitpun harus disertakan surat dokter. Ini semacam SD kalau di Indonesia. 

Lalu untuk persiapan masuk sekolah tersebut, ada yang namanya pre school yang dimulai dari usia 2,5 tahun. Jadwal masuknya juga tiap hari, dari Senin - Jumat dari jam 08:30 - 15:30 kecuali hari Rabu yang hanya sampai jam 12:00. 
Pre school ini semacam menyiapkan mental si anak sebelum masuk ke dunia sekolah sesungguhnya, sekaligus belajar sambil bermain, mandiri, disiplin dan berlatih untuk berpisah dengan orang tua setiap paginya, karena balita itu terkenal memiliki anxiety of separation atau takut berpisah dengan orang tuanya which is wajar banget. 

Walaupun terkesan ketat, tapi pre school ini bisa dibilang slowly but sure, kalau mau traveling atau liburan di luar hari liburan diperbolehkan, atau jika ingin memasukkan anak hanya 2 - 3 hari seminggu juga ok, dan ada juga yang setiap hari pulan jam 12 siang. Tapi selama 5 bulan si kecil masuk sekolah kayaknya saya sendiri nggak melihat itu sih, rata2 anak2 ya masuk dan pulang sesuai jam sekolah, demikian juga anak saya. Karena intinya itu tadi,  belajar disiplin dan rutin. 

Ngapain aja sih anak di preschool itu? kurikulumnya seperti apa? 
Kalau di Belgia, kurikulum preschool itu lebih ke belajar sambil bermain, dan mengasah motorik halusnya. Jam 10 pagi jam mereka makan snack buah, lalu jam 12 makan siang dan jam 3 sore makan cookies yang semuanya dibawa dari rumah. 
Di antara selang jam-jam itu, mayoritas waktu mereka berada di luar kelas sambil belajar, outdoor is very important. 



Apa gak kekecilan sudah masuk pre school ? 
Anak saya dari usia 5 bulan sudah dimasukkan ke daycare, tujuannya untuk lebih mengenal dunia luar dan pandai bersosialisasi. Daycare dsini bukan hanya penitipan anak tapi hampir sama dengan preschool, hanya bedanya di daycare, anak2 masih bisa bobo siang, sedangkan di preschool tidak ( bisa sih kalau anaknya ngantuk parah, karena memang disediakan tempat tidur, tapi usia 2,5 tahun biasanya sudah menolak untuk napping )

Serunya hari-hari di preschool, belajar tapi tetap fun, setiap hari ada ada aktifitas serunya

belajar seni rupa dan mengasah motorik halusnya

menteri Belgia datang berkunjung di kelas si kecil

jalan menuju ke sekolah saat musim dingin, sunrisenya cantik banget, ini pemandangan sehari-hari

ada ambulance datang ke sekolah, dan anak-anak bisa naik ke dalam mobilnya sambil belajar, kadang mobil pemadam kebakaran, traktor dan transportasi2 lainnya

Awalnya saya mengira sepertinya kemudaan deh kalau anak kok masih kecil begini sudah masuk sekolah, tapi ternyata saya under estimate dengan kekuatan anak itu, walaupun usianya masih belum 3 tahun tapi ternyata ia dan anak-anak seusianya sebenarnya sudah mampu untuk diajarkan banyak hal yang nggak pernah saya pikirkan sebelumnya. Dan khasanah ilmu yang ia terima dari orang tuanya di rumah justru menjadi lebih sangat luas ketika ada pendidik / guru yang lebih expert yang juga membagikan ilmu untuk mereka. 

ada aja hasil karya yang dibawa pulang tiap hari, gemas!


Jadi saya saran saya untuk yang punya balita, coba deh nggak ada salahnya untuk mengikuti sistem pendidikan seperti ini, sukur-sukur ada preschool dekat rumah atau misalnya gym untuk anak yang bisa diikuti kelasnya, semakin energi anak itu tersalurkan justru semakin baik, karena jika tidak disalurkan justru bisa menyerang mental dan keseimbangan prilaku. 

Berapa biaya masuk preschool sih? 
Nah kalau ini saya gak bisa share, seperti tertulis di disclaimer di atas kalau saya tidak tinggal di Indonesia, tapi pendidikan di Belgia itu gratis dari preschool sampa anak usia 18 tahun ( dan untuk perguruan tinggi, biaya kuliah per tahun sekitar 800€ atau sekitar 12 juta setahun ).
Nevertheless, certain costs of schooling can be charged to the parents. (certain books, outside activities, school trips, sports activities, personal equipment) , tapi ini biasanya dianggap diganti pemerintah karena orang tua di Belgia setiap bulannya sejak anak itu lahir telah mendapatkan uang santunan anak.

Saat ini si kecil sudah bisa mengikuti rutin setiap hari untuk sekolah, ketika alarm bunyi, ia tahu tombol mana yang harus dipencet untuk stop dan biasanya langsung terbangun dan tidak menolak untuk bersiap-siap, seperti sarapan, ganti baju, berdoa sebelum berangkat dan cium mama atau papa yang antar sebelum ia masuk kelas.
Beberapa kali jika moodnya gak enak, semua rutinitas bisa ambyar, semua itu wajar dan akan kembali ke rutinitas lagi jika mood sudah membaik. Learning by doing ini memang nyata kalau punya balita kayaknya ya :-) 




You Might Also Like

1 comments

  1. Usia 3 tahun di Indonesia, anakku juga sudah masuk pre-school mbak. Dan dia menyenangi pre-schoolnya, bahkan sabtu minggu kadang masih mau ke sekolahnya. Sejak masuk pre-school, anak saya sudah mulai menyebut nama-nama teman kelasnya dan nama gurunya, jadi memang cukup baik untuk anak-anak bersosialisasi

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan